Kebaikan Membatasi Konsumsi Makanan Berkalori

contoh makanan tinggi kalori

contoh makanan tinggi kalori

Mengurangi konsumsi makanan berkalori sebanyak 30% per hari sudah banyak dilakukan oleh orang-orang di beberapa negara di dunia. Mereka percaya bahwa membatasi konsumsi makanan berkalori akan memberikan dampak yang baik bagi kesehatan serta dapat memperpanjang umur.

Sesuai dengan penelitian yang dikutip oleh NIH atau National Institutes of Health, disebutkan bahwa membatasi konsumsi kalori memang memberikan berbagai dampak baik terhadap kesehatan ketika diuji coba pada binatang.

Para ahli kesehatan percaya bahwa membatasi konsumsi makanan berkalori mampu mencegah terjadinya berbagai penyakit kronis serta mengoptimalkan kesehatan tubuh. Sayangnya, masyarakat tidak pernah memperhatikan nilai gizi pada makanan yang mereka konsumsi.

Misalnya, masyarakat bisa saja tetap mengkonsumsi kentang goreng serta burger dalam porsi kecil secara rutin karena menganggap makanan tersebut akan membuat mereka tetap sehat.

Salah satu metode diet yang popular saat ini, seperti Nutrisystem, menjalankan cara seperti ini juga. Anda diminta untuk membatasi konsumsi makanan berkalori setiap hari untuk menurunkan berat badan, namun anda masih tetap diperbolehkan untuk makan pizza.

Metode diet tersebut justru sangat berbahaya. Sebab anda memang sudah membatasi kalori, namun anda masih mengkonsumsi makanan berkarbohidrat tinggi serta rendah nutrisi. Bila anda lakukan terus menerus dalam jangka waktu yang lama akan menyebabkan penyakit jantung, Alzheimer, bahkan penyakit kanker.

jumlah kalori dalam makanan

jumlah kalori dalam makanan

Jadi, tidak ada salahnya untuk melakukan diet dengan cara membatasi konsumsi makanan berkalori namun anda tetap harus memperhatikan kualitas serta nilai gizi dari suatu makanan yang akan anda konsumsi.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh sekelompok ahli kesehatan dari University of Winconsin,  memberikan makanan yang mengandung sukrosa dalam kadar yang tinggi pada tikus. Sukrosa merupakan gula yang tidak disertai bahan kimia. Tikus tersebut justru mengalami banyak masalah kesehatan.

Namun ketika jumlah pemberian makanan yang mengandung sukrosa dibatasi, maka tikus tersebut tingkat kesehatannya menjadi lebih baik dan dapat hidup lebih lama.

Memang, membatasi konsumsi makanan berkalori saja tidak akan cukup untuk menjaga tubuh kita lebih sehat. Sebaiknya tetap disertai dengan mengkonsumsi buah dan sayuran segar serta berolahraga. Selain itu imbangi juga dengan konsumsi biji-bijian maupun kacang-kacangan.

Membatasi makanan berkalori tinggi akan dapat membantu kita dalam menjaga kesehatan maupun menjaga berat badan. Namun, kita tidak perlu menghindari semua makanan yang mengandung kalori. Tidak semua makanan berkalori itu berbahaya bagi kesehatan. Masih ada beberapa jenis makanan berkalori tinggi yang juga kaya akan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan kita.

Beberapa jenis makanan yang mengandung kalori namun baik untuk kesehatan kita, meliputi:

  • Kacang-kacangan

Berbagai jenis kacang-kacangan seperti kacang almond, kacang tanah maupun kacang mede merupakan jenis makanan yang kaya akan kalori. Disamping itu, kacang-kacangan tersebut juga banyak mengandung protein, lemak yang baik, serat, vitamin E, magnesium, zinc , potassium serta folat.

Konsumsilah jenis kacang-kacangan sebanyak 1 genggam saja setiap hari. Anda juga bisa mencampurkan kacang-kacangan ke dalam sereal maupun salad, tapi ingat jangan melebihi 1 genggam.

  • Alpukat
buah alpukat

buah alpukat

Buah alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal atau monounsaturated fats, antioksidan serta betakaroten yang justru mampu menjaga memori, menurunkan kadar LDL serta meningkatkan kadar HDL sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan organ jantung.

Untuk mendapatkan semua manfaatnya, maka konsumsilah paling tidak separuh bagian saja setiap hari. Mengapa hanya separuh saja? Cara seperti ini untuk membatasi kalori yang masuk ke tubuh kita. Bisa juga kita mengkonsumsi alpukat bersama dengan yoghurt yang rendah lemak dan rendah gula.

  • Keju

Keju merupakan salah satu produk olahan susu, seperti keju merupakan jenis makanan yang tinggi kalori. Bayangkan, sehelai keju cheddar yang biasanya dimasukkan ke dalam roti isi mengandung 113 kalori. Keju kaya akan kalori, sekaligus kaya akan kalsium serta protein.

Selain itu, terkadang keju juga mengandung sodium. Jangan mengkonsumsi keju terlalu banyak. Konsumsi keju secukupnya saja untuk mendapatkan tambahan protein serta kalsium.

  • Kentang

Kebanyakan orang-orang menilai kentang sebagai makanan yang kaya akan karbohidrat, sehingga sering dihindari oleh orang-orang yang memiliki keinginan untuk hidup sehat.

Selama kentang diproses dengan cara dikukus atau direbus dan tidak ditambahi dengan berbagai macam bahan, maka kentang dinilai cukup sehat. Jadi, kentang yang tidak menyehatkan adalah kentang yang diproses dengan cara digoreng serta ditambahi dengan keju.  Cobalah untuk mengkonsumsi kentang rebus yang ditaburi sedikit garam atau diolesi dengan minyak zaitun untuk menu sarapan anda.

  • Minyak zaitun

Minyak zaitun mengandung kalori serta lemak. Lemak yang terkandung di dalam minyak zaitun tergolong lemak yang mampu menurunkan resiko terjadinya penyakit jantung. Selain itu, minyak zaitun juga memiliki kandungan yang bersifat antiinflamasi.

Dalam satu sendok minyak zaitun extra virgin mengandung 120 kalori. Untuk itu jangan konsumsi terlalu banyak. Oleskan minyak zaitun ke dalam roti untuk mendapatkan semua manfaatnya untuk kesehatan.

1 comment for “Kebaikan Membatasi Konsumsi Makanan Berkalori

  1. Pingback: Scott

Comments are closed.