Kebiasaan Dan Minuman Untuk Mendapatkan Berat Badan Yang Ideal

menjaga berat badan

menjaga berat badan

Memiliki berat badan yang ideal memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Dibutuhkan niat dan usaha yang keras untuk melangsingkan tubuh. Dan setelah mendapatkan berat badan yang ideal, kita masih diharuskan untuk tetap mempertahankannya.

Walaupun tidak mudah, bentuk tubuh yang ideal sebenarnya bisa kita dapatkan serta dapat kita pertahankan dengan cara menjalani kebiasaan-kebiasaan kecil yang sangat berguna, seperti:

  • Tetap aktiv

Dalam sebuah penelitian, telah menunjukkan bahwa orang yang banyak bergerak akan membakar sebanyak 350 kalori lebih banyak setiap harinya jika dibandingkan dengan orang yang lebih banyak diam. Jumlah tersebut sama dengan berjalan selama 1 jam atau sejauh 3,4 km. Banyak bergerak tidak harus dengan cara berolahraga, namun melakukan aktivitas seperti menelpon dengan berdiri, berdiri setiap kita duduk selama 1 jam, sering berjalan ke meja rekan kerja serta naik tangga daripada memakai lift. Banyak bergerak dapat menjauhkan anda dari penyakit kanker, diabetes tipe 2 maupun penyakit jantung.

  • Makan teratur

Makan saat bekerja merupakan musuh utama dalam membentuk tubuh yang ideal. Saat pikiran kita tidak fokus pada apa yang kita makan, maka otak tidak dapat menerima sinyal kenyang yang dikeluarkan oleh perut. Hal seperti ini yang membuat kita menjadi ingin terus makan walaupun sebenarnya perut sudah penuh. Jadi, usahakan untuk makan secara teratur serta tidak melakukan kegiatan yang lain seperti bekerja maupun menonton televisi.

  • Hitung jumlah kalori dari makanan
makanan sehat

makanan sehat

Kebiasaan seperti menghitung jumlah kalori dari makanan yang kita konsumsi juga dapat berdampak pada berat badan kita. Dengan cara seperti ini, kita menjadi semakin jeli dalam mengatur kalori yang seimbang. Itulah sebabnya orang yang menghitung jumlah kalori dari makanan yang dikonsumsi cenderung lebih langsing. Contohnya, anda ingin makan popcorn, popcorn mengandung kalori sebanyak 300 kalori. Jadi, sebaiknya anda kita mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak kalori sebelum mengkonsumsi popcorn, agar jumlah kalori dalam tubuh anda tidak berlebihan.

  • Makanlah saat anda benar-benar lapar dan berhenti sebelum kenyang

Sebaiknya anda makan saat anda benar-benar merasa lapar dan usahakan berhenti ketika rasa lapar rersebut sudah hilang. Keadaan lambung yang terlalu penuh akan mempersulit makanan untuk dicerna dengan baik serta dapat menimbulkan refluks asam lambung. Bila anda hanya merasa bosan, sebaiknya jangan pusatkan pikiran anda pada makanan, namun pusatkan pikiran anda pada kegiatan lain yang dapat mengusir rasa bosan yang anda rasakan.

  • Makanlah makanan yang anda suka

Metode diet dengan cara membatasi jenis makanan yang harus kita makan mungkin memiliki keterbatasan. Hal ini disebabkan karena dapat membuat orang menjadi tidak puas dengan apa yang dikonsumsi serta cenderung menginginkan makanan yang lain yang dapat memuaskan keinginannya. Hasilnya, orang tersebut mengkonsumsi makanan yang jumlah kalorinya melebihi jumlah kalori yang dibutuhkan. Jadi, sebaiknya tetaplah mengkonsumsi makanan yang anda sukai serta diolah dengan sehat dan dikonsumsi dengan jumlah yang cukup.

Banyak dari kita yang hanya memperhatikan makanan daripada memperhatikan minuman yang kita konsumsi ketika sedang melakukan program diet untuk mendapatkan tubuh yang ideal.

Pada kenyataannya, mayoritas orang justru mendapatkan asupan kalori berlebihan dari minuman yang dikonsumsinya setiap hari. Jadi, apakah minuman yang tepat untuk mendapatkan berat badan yang ideal?

Tidak sedikit dari kita yang hanya memperhatikan menu makanan ketimbang minuman yang dikonsumsi ketika sedang melakukan program diet. Kenyataannya, sebagian besar orang justru mendapatkan asupan kalori terbesar dari minuman yang dikonsumsi tiap hari. Apakah minuman Anda sudah tepat bagi diet Anda?

Agar lebih aman, anda perlu mengetahui terlebih dahulu, apa yang terkandung dalam minuman yang anda konsumsi.

Memilih jenis minuman yang tetap untuk mendapatkan berat badan yang ideal, merupakan salah satu langkah yang baik untuk membantu usaha anda dalam memperoleh berat badan yang ideal. Terkadang kita tidak sadar bahwa ternyata minuman yang kita konsumsi setiap hari dapa menyebabkan diet kita terbengkalai.

minuman bersoda

minuman bersoda

Minuman bersoda biasanya disajikan dalam bentuk dingin. Minuman bersoda akan membuat kita menjadi merasa segar serta dapat meningkatkan semangat. Namun, minuman bersoda sebenarnya memiliki kandungan kalori  yang tinggi. Selain itu, minuman bersoda tidak memiliki vitamin dan mineral sama sekali didalamnya, selain kaya akan gula, karbondioksida, kandungan asam serta berbagai zat aditif lain seperti pengawet serta pewarna yang bila dikonsumsi secara teus menerus dapat merusak kesehatan kita.

Selain itu, minuman berenergi juga mengandung banyak kalori serta mengandung vitamin dan mineral dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. Umumnya minuman berenergi mengandung gula tambahan yang nantinya meningkatkan jumlah kalori dalam tubuh kita. Jadi sebaiknya batasi konsumsi minuman berenergi untuk mendapatkan berat badan yang ideal.

Untuk menggantikan minuman bersoda, anda bisa mengkonsumsi minuman yang dapat membantu kita untuk mendapatkan serta menjaga berat badan kita tetap ideal.

  • Air putih

water bottleMengganti minuman bersoda dengan air putih dapat membantu mengurangi asupan kalori berlebihan dalam tubuh kita. Minumlah minimal 2 gelas air putih sebelum makan untuk mengurangi rasa lapar yang anda rasakan sehingga anda tidak mengkonsumsi makanan secara berlebihan. Selain itu air putih juga berfungsi untuk melancarkan pencernaan serta melancarkan buang air besar yang nantinya dapat membantu anda mendapatkan berat badan yang ideal. Minumlah air putih paling tidak 8 gelas setiap hari untuk mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh kita.

  • Jus buah segar

Jus buah segar memiliki kalori yang hampir sama dengan minuman bersoda. Akan tetapi kalori dalam jus buah biasanya tergantung dari pemakaian gula maupun pemanis lain dalam proses pembuatan jus buah tersebut. Karena berasal dari buah, jus buah mengandung vitamin yang nilainya lebih banyak daripada kalori yang ada di dalam jus buah. Jadi, usahakan untuk tidak menambahkan gula saat anda mengkonsumsi jus buah untuk mendapatkan berat badan yang ideal.

  • Kopi

coffee2Saat anda membutuhkan kafein, anda bisa mengkonsumsi kopi. Kopi lebih baik daripada minuman bersoda. Kopi merupakan minuman yang bebas kalori serta kaya akan antioksidan selama tidak dikonsumsi dengan gula. Dalam sebuah riset, diketahui bahwa mengkonsumsi kopi dalam jumlah 1 sampai 2 cangkir sehari dapat meningkatkan semangat, meningkatkan konsentrasi serta dapat mengurangi resiko diabetes tipe 2 dan bahkan dapat menghambat pertumbuhan sel-sel kanker.

  • Green tea

Green tea merupakan minuman yang sangat populer dalam memperoleh berat badan yang ideal. Dalam secangkir teh hijau mengandung 120 sampai 240 mg polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan serta memiliki kemampuan dalam menurunkan berat badan serta dapat melancarkan sistem pencernaan.

Ada baiknya saat anda merasa haus serta menginginkan sesuatu yang segar, anda diharuskan untuk tetap menjaga kesehatan serta berat badan anda dengan memilih jenis minuman yang dapat membantu anda mendapatkan berat badan yang ideal.

1 comment for “Kebiasaan Dan Minuman Untuk Mendapatkan Berat Badan Yang Ideal

  1. Pingback: Willard

Comments are closed.