Kegagalan Dalam Memerangi Diabetes

gejala diabetes

gejala diabetes

Perang dunia internasional dalam melawan diabetes telah mengalami kegagalan. Fakta tersebut terbukti dengan angka pengidap penyakit diabetes yang semakin meninggi. Tahun ini sudah ada 382 juta orang yang terdiagnosa mengidap penyakit diabetes.

Mayoritas orang- orang yang mengidap penyakit diabetes tersebut, mengalami diabetes tipe 2, yang umumnya berkaitan erat dengan kelebihan berat badan atau obesitas serta kurangnya melakukan aktivitas atau malas berolahraga.

Penyakit diabetes tipe 2 telah menyebar ke banyak negara berkembang yang masyarakatnya memiliki gaya hidup budaya Barat atau gaya hidup masyarakat di perkotaan.

Tahun lalu, jumlah pengidap penyakit diabetes sekitar 371 juta orang. Federasi Diabetes Internasional telah memprediksi bahwa pengidap penyakit diabetes akan mencapai angka 592 juta orang pada tahun 2035.

“Perang untuk melindungi masyarakat dari penyakit diabetes serta komplikasinya yang dapat mengancam nyawa manusia telah gagal” kata Federasi Diabetes Internasional yang dimuat di dalam edisi ke enam Diabetes Atlas.

diabetes tipe 2

diabetes tipe 2

Selain itu, mereka juga telah mencatat bahwa jumlah korban yang meninggal karena diabetes telah mencapai 5,1 juta jiwa dalam setahun atau satu orang setiap enam detik, akan meninggal karena diabetes.

Pengidap diabetes tidak memiliki kontrol gula darah yang memadai. Kondisi seperti inilah yang berdampak pada munculnya komplikasi yang sangat berbahaya.

Komplikasi yang muncul akibat dari penyakit diabetes, meliputi kerusakan pada organ mata, organ paru-paru serta organ jantung. Bila kondisi seperti ini tidak segera ditangani dengan baik maka akan berakibat pada kematian prematur.

“Dari tahun ke tahun, jumlah pengidap penyakit diabetes menjadi semakin memburuk” ujar David Whiting, seorang ahli pertambahan penduduk serta spesialis kesehatan publik di Federasi Diabetes Internasional.

Beliau juga mengungkapkan bahwa diseluruh dunia saat ini jumlah orang yang pengidap penyakit diabetes menjadi semakin bertambah.

diabetes melitus

diabetes melitus

Menurut David Whiting, strategi sebuah strategi yang melibatkan seluruh elemen masyarakat sangat diperlukan dalam mengkampanyekan gaya hidup sehat serta diet sehat. Dikhawatirkan, masih ada sekitar 175 juta kasus diabetes yang masih berlum terdiagnosis.

Jadi, ada jutaan kasus pengidap diabetes yang menuju tahap komplikasi tanpa terdeteksi sejak dini. Karena sebagain besar dari mereka hidup di negara miskin dan negara berkembang serta kurang mendapat akses kesehatan seperti di Amerika Serikat dan Uni Eropa.

Berbagai fakta tentang diabetes yang perlu anda ketahui, diambil dari International Diabetes Federation – World Health Organization:

  • Lebih dari 382 juta orang di dunia yang terserang penyakit diabetes. Hal seperti ini berhubungan dengan meningkatnya orang yang mengalami kelebihan berat badan, obesitas, serta malas untuk bergerak.
  • Pada 2030, diabetes akan menduduki peringkat ke 7 penyakit yang paling mematikan di dunia. Sepuluh tahun lagi, kematian karena diabetes akan meningkat 50%.
  • Diabetes akan menjadi penyebab tertinggi terjadinya kebutaan, amputasi serta gagal ginjal.
  • 50 sampai 80% orang yang mengidap diabetes meninggal karena adanya gangguan kardiovaskuler.
  • Diabetes telah menjadi penyebab utama penyakit degeneratif serta kematian di banyak negara. Terutama berkaitan dengan meningkatnya resiko penyakit kardiovaskular.
  • Sebanyak 80% diabetes terjadi di negara ekonomi menengah ke bawah.
  • Di negara maju, rata-rata pengidap diabetes berusia lanjut. Sedangkan di negara berkembang,mayoritas pengidap diabetes berusia 35 sampai 64 tahun.

 

1 comment for “Kegagalan Dalam Memerangi Diabetes

  1. Pingback: dan

Comments are closed.