Kesalahan Yang Dapat Memicu Cedera Saat Berolahraga

olahraga lari

olahraga lari

Olahraga merupakan aktivitas yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Olahraga dapat membantu kita untuk membakar kalori, melancarkan peredaran darah serta mendukung kerja metabolisme tubuh.

Namun sayangnya, hanya beberapa orang saja yang bisa mendapatkan berbagai manfaat yang baik dari olahraga. Banyak orang yang tidak sadar bahwa dirinya telah melakukan beberapa kesalahan dalam berolahraga.

Memang kedengarannya sangat sepele, namun berbagai kesalahan saat berolahraga dapat mengurangi manfaat dari berolahraga, bahkan bisa saja justru membahayakan anda. Berbagai kesalahan dalam berolahraga bisa saja memicu terjadinya cedera saat berolahraga, baik cedera kecil maupun cedera yang fatal.Satu kesalahan kecil saja saat berolahraga pada para olahragawan bisa menyebabkan cedera serius, apalagi bila kesalahan saat berolahraga dilakukan oleh orang-orang yang masih awam.

Orang awam justru lebih sering mengalami cedera jika dibandingkan dengan para olahragawan, karena kesalahan-kesalahan yang dilakukan ketika berolahraga.

Seorang olahragawan professional memiliki resiko cedera yang kecil karena mereka sudah terlatih, mereka tahu benar bagaimana untuk memulai, melakukan serta mengakhiri olahraga, tidak seperti orang awam yang minim pengalaman.

Umumnya, orang awam seringkali melakukan olahraga melebihi kapasitas tubuhnya, cara yang dilakukan saat berolahraga juga sering kali salah.

Berbagai kesalahan yang dapat memicu cedera saat berolahraga bagi orang awam, meliputi:

  • Tidak melakukan pemanasan serta pendinginan
pemanasan

pemanasan

Pemanasan yang cukup merupakan salah satu kegiatan yang wajib untuk dilakukan sebelum berolahraga. Dengan melakukan pemanasan, maka tubuh kita menjadi lebih siap untuk melakukan berbagai gerakan saat berolahraga dengan intensitas yang lebih tinggi daripada biasanya. Bila kita tidak melakukan pemanasan, maka otot kita akan masih dalam kondisi tegang sehingga resiko untuk mengalami cedera semakin meningkat, contohnya terjadi robek pada otot bahkan sampai patah tulang.

Selain itu masih banyak juga orang-orang yang lupa untuk melakukan pendinginan setelah berolahraga. Pendinginan juga perlu untuk dilakukan untuk memulihkan kondisi otot serta ligament yang berkontraksi ketika kita berolahraga.

  • Latihan yang salah

Kebutuhan olahraga bagi setiap individu itu berbeda, tergantung pada beberapa factor, seperti umur, tujuan olahraga, jenis kelamin serta kondisi kesehatan secara umum. Sayangnya, masih banyak orang yang berolahraga tidak sesuai dengan kapasitas, contohnya berolahraga terlalu lama, latihan yang terlalu berat atau bisa juga olahraga yang dilakukan terlalu sering.

Bila anda mengalami masalah pada bagian punggung maupun lutut, maka sebaiknya jangan melakukan olahraga seperti lari, karena justu akan memperparah kondisi punggung maupun lutut anda.

  • Tubuh yang tidak fit

Ketika tubuh kita sedang dalam keadaan yang tidak fit, misalnya sedang demam karena sakit flu, sebaiknya jangan terlalu memaksakan diri untuk berolahraga dengan harapan agar tubuh anda merasa lebih sehat. Olahraga yang dilakukan ketika tubuh dalam kondisi yang tidak fit, justru akan membuat tubuh anda lebih mudah mengalami cedera, terlebih lagi bila anda melakukan olahraga tersebut melebihi kapasitas tubuh anda.

  • Kecelakaan

Resiko seperti kecelakaan sebenarnya bisa terjadi pada siapa saja, termasuk pada olahragawan professional. Sebab, resiko terjadinya kecelakaan lebih disebabkan oleh factor lingkungan, seperti kesalahan yang dilakukan oleh lawan dalam berolahraga maupun karena alat bantu olahraga yang tidak benar.

  • Kurang minum

dehidrasiOrang yang berolahraga pasti sering mengalami haus karena cairan dalam tubuhnya berkurang menjadi keringat.

Bila anda sudah merasakan kehausan maupun lelah, sebaiknya istirahatlah sejenak serta minum air untuk menggantikan cairan tubuh yang telah terbuang. Bila anda sampai mengalami kekurangan cairan, anda akan mengalami dehidrasi, pusing serta kram otot yang sangat berbahaya bagi kesehatan anda.

  • Olahraga dalam kondisi perut kosong

Banyak orang yang berpikir bahwa dnegan melakukan olahraga dalam kondisi perut kosong akan membuat pembakaran lemak dalam tubuh menjadi efektif. Kebiasaan seperti ini umumnya dilakukan oleh orang-orang yang berolahraga untuk mengurangi berat badannya.

Olahraga dalam kondisi perut kosong akan mengurangi intensitas atau pergerakan anda saat melakukan olahraga. Nantinya akan mengurangi total kalori yang ingin anda buang. Kekuatan otot juga akan berkurang sehingga membuat tubuh anda kehilangan energy dalam jumlah banyak untuk membakar lemak berlebih dalam tubuh. Sebaiknya makan secukupnya 30 menit sebelum anda melakukan olahraga.

  • Olahraga tanpa tujuan yang jelas

Idealnya, kita perlu memperjelas apa yang kita inginkan sebelum berolahraga. Apa tujuan kita dalam berolahraga? Untuk kesehatan? Untuk mengurangi berat badan, atau tujuan lainnya yang tentunya bermanfaat.

Hal seperti untuk menghindari anda dari membuang-buang waktu percuma saat berolahraga khususnya di pusat-pusat kebugaran. Bila kita sudah tahu apa tujuan kita untuk berolahraga dengan jelas, tentunya kita akan mendapatkan banyak manfaat dari olahraga yang kita lakukan.

  • Mengangkat beban secara tergesa-gesa
latihan beban

latihan beban

Bila anda memilih untuk melakukan olahraga seperti angkat beban, sebaiknya lakukanlah secara bertahap.

Sesuaikan dengan kemampuan dari tubuh anda serta memperkirakan waktu yang tepat untuk melakukan olahraga angkat beban. Melakukan olahraga angkat beban sangat baik untuk membentuk otot namun bila dilakukan secara tergesa-gesa justru akan menyebabkan cedera otot yang fatal.

  • Kurang istirahat

Istirahat sangat penting bagi tubuh kita setelah berolahraga. Banyak orang yang langsung melakukan aktivitas lain serta melupakan pentingnya istirahat setelah berolahraga. Tubuh kita perlu beristirahat maupun tidur sejenak setelah berolahraga. Tubuh kita perlu waktu untuk menyembuhkan diri serta membangun otot yang lebih kuat setelah berolahraga. Semua itu kita dapatkan dari istirahat setelah berolahraga.