Langkah-Langkah Pertolongan Pertama Kecelakaaan Sepeda Motor

Kecelakaan di jalan raya sering terjadi dan kadang tidak bisa dihindari meskipun bukan kita yang menjadi korban kecelakaan atau pelaku tabrakan.

Hal yang sering terjadi pada saat kecelakaan adalah banyaknya pengendara yang dengan sengaja memperlambat atau menghentikan laju kendaraannya hanya untuk melihat kondisi kecelakaan namun tidak membantu korban kecelakaan, lalu ditinggal pergi begitu saja.

Mereka tidak bisa disalahkan sepenuhnya karena mungkin saja mereka memilih untuk meninggalkan lokasi kecelakaan karena menganggap bahwa nanti pasti akan ada orang yang menolong atau karena tidak mengerti langkah-langkah pertolongan pertama pada korban kecelakaan.

Langkah pertama yang harus anda lakukan untuk mengantisipasi jika terjadi kecelakaan di jalan raya adalah dengan menyiapkan perangkat P3K dalam jok sepeda motor atau bagasi mobil. kotak-p3k

Perangkat P3K yang sebaiknya anda siapkan adalah plester, kapas bersih, perban, kantong plastik bersih dan sarung tangan sekali pakai.

Karena kondisi korban kecelakaan tidak selalu sama maka anda harus terlebih dahulu mengetahui bagaimana kondisi korban kecelakaan, apakah mengalami keseleo, pendarahan, syok, patah tulang, luka bakar atau pingsan.

Berikut ini adalah Langkah-Langkah Pertolongan Pertama Kecelakaaan Sepeda Motor diantaranya :

  • Bila korban mengalami pendarahan

Jika terjadi kecelakan maka kondisi korban biasanya mengalami pendarahan dan jika anda melihat pendarahan maka langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menghentikan pendarahan supaya korban tidak kehabisan darah.

Gunakan sarung tangan sekali pakai untuk menghentikan pendarahan pada kulit korban untuk memperkecil resiko infeksi pada luka.

Gunakan kapas bersih untuk menekan area luka untuk menghentikan pendarahan lalu gunakan perban untuk melapisi kapas setelah itu ikat dengan kencang.

Bila darah masih tidak berhenti mengucur maka anda bisa membuat perban kedua dengan menambahkan kapas lalu balut kembali dengan perban, dan ingat tidak perlu membuka perban pertama.

Bungkus jari korban dengan menggunakan kantong plastik jika jari mengalami pendarahan setelah itu balut dengan perban lalu gunakan es batu untuk mendinginkan jari.

Setelah melakukan pertolongan anda bisa menghubungi rumah sakit terdekat untuk segera memberikan pertolongan pada korban.

 

 

  • Bila korban mengalami luka bakar

Ada kalanya korban kecelakan sepeda motor mengalami luka bakar akibat terjadinya gesekan antar kulit dan knalpot motor.

Untuk menangani luka bakar hal pertama yang harus anda lakukan adalah gunakan air dingin (bukan es) untuk mendinginkan luka bakar dan jangan sampai mengoleskan salep, krim atau minyak pada luka bakar.

Jika tidak ada air dingin maka anda bisa menggunakan air minuman dingin dan rendam luka bakar selama 10 menit sampai rasa sakit berkurang.

Setelah itu anda bisa menggunakan jaket untuk menghangatkan tubuh korban untuk mencegah korban mengalami hipotermia (kedinginan).

Lalu gunakan kantong plastik untuk melapisi luka bakar pada tangan atau kaki dan untuk menghindari terjadinya cedera atau pembengkakan maka hindari membalut luka bakar.

Langkah terakhir adalah membawa korban luka bakar ke rumah sakit terdekat supaya korban mendapatkan perawatan lanjutan.

 

  • Jika korban mengalami keseleo

Pada saat serat-serat ligamen korban kecelakan sobek maka kondisi inilah yang disebut dengan keseleo.

Padahal ligamen memiliki peranan yang sangat penting karena berfungsi sebagai pita elastis yang menjadi penghubung antara tulang-tulang dan penahan sendi.

Bagian tubuh yang biasanya mengalami keseleo adalah bagian pergelangan kaki dan ada kalanya bagian yang keseleo tersebut mengalami pembengkakan.

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah istirahatkan bagian tubuh yang mengalami keseleo lalu untuk mengurangi resiko pembengkakan anda bisa kompres dengan menggunakan air es.

Kalaupun dikompres dengan menggunakan es batu boleh saja akan tetapi jangan terlalu lama karena bisa merusak jaringan kulit.

Gunakan perban untuk membalut bagian tubuh yang keseleo setelah itu bawa korban kecelakaan tersebut menuju rumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan medis lanjutan.

 

  • Jika korban mengalami patah tulang

Ada kalanya anda merasa sulit untuk mengetahui kondisi korban kecelakaan apakah mengalami patah tulang atau tidak.

Cara yang paling mudah untuk mengetahuinya adalah korban tidak bisa menggerakkan anggota tubuh dan merasa kesakitan, dan jika hal ini terjadi maka anda bisa menganggap bahwa korban mengalami patah tulang.

Hal yang paling penting dalam penanganan korban yang mengalami patah tulang yaitu jangan menggerakkan bagian tubuh yang kemungkinan mengalami patah tulang.

Jika bagian kaki yang mengalami patah tulang maka ikat area yang patah tulang dengan menggunakan jaket, baju atau potongan kain untuk mencegah pergeseran tulang.

Namun jika bagian tulang belakang yang patah tulang maka sebaiknya anda menghubungi pihak rumah sakit untuk segera menolong korban dan dalam kondisi ini disarankan untuk tidak memberi korban makanan atau minuman.

 

  • Bila korban mengalami syok korban-kecelakaan-motor

Syok berbeda dengan kaget dimana syok adalah sistem peredaran darah yang terganggu akibat terjadinya pendarahan yang bisa mengganggu pasokan oksigen ke jantung, ginjal dan otak dan kondisi ini bisa terjadi pada korban kecelakan.

Anda harus bisa mengenali ciri-ciri syok karena jika tidak segera ditangani kondisi ini bisa membahayakan jiwa korban kecelakaan.

Ciri-ciri korban syok adalah kulit korban terlihat pucat, munculnya keringat, kulit menjadi dingin, korban mungkin mengalami muntah, pusing, lemas, nafas terengah-engah dan merasa haus.

Jika korban mengalami gejala tersebut maka hubungi rumah sakit terdekat dan sambil menunggu anda bisa membuat korban merasa nyaman dengan menghangatkan tubuhnya dengan jaket.

 

  • Bila korban pingsan

Bila pasokan darah menuju otak menjadi terganggu maka korban kecelakan bisa mengalami pingsan.

Dan ketika kondisi ini terjadi maka hal pertama yang harus anda lakukan adalah membaringkan tubuh korban ke permukaan yang datar, setelah itu longgarkan ikat pinggang atau copot kerah baju untuk melancarkan peredaran darah.

Setelah korban siuman jangan biarkan korban berdiri atau bangun karena hal ini bisa membuat korban pingsan lagi.

Jika korban masih tidak bergerak atau sadar maka anda harus menghubungi pihak medis untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Periksa detak jantung dan sistem pernapasannya apakah masih lancar atau tidak, jika tidak ada napas korban maka anda bisa memberikan cardiopulmonary resuscitation (CPR) atau napas buatan.

langkah-langkah-pertolongan-pertama-kecelakaaan-sepeda-motor

Tidak ada satupun orang yang ingin mendapat kecelakaan namun jika terjadi kecelakaan di sekitar anda maka tidak ada salahnya untuk menolong korban kecelakaan, dan sekecil apapun pertolongan anda maka hal itu sangat berarti bagi korban.