Makanan Dan Minuman Untuk Mencegah Kelelahan Kronis

tubuh cepat lelah

tubuh cepat lelah

Dengan semakin padatnya aktivitas kita sehari-hari, khususnya yang melibatkan tubuh kita, pasti akan membuat kita menjadi cepat lelah.

Banyak energy yang kita keluarkan saat bekerja, sehingga tubuh kita kehabisan tenaga serta mengalami kelelahan. Kondisi lelah yang berkepanjangan nantinya akan menyebabkan kelelahan kronis.

Jika sudah sampai memasuki tahap kelelahan kronis, maka kebanyakan orang-orang akan mengkonsumsi minuman berenergi untuk mendapatkan kembali energy yang telah ia keluarkan.

Minuman berenergi memang mampu mengurangi rasa lelah serta membuat tenaga kita pulih kembali. Namun, minuman berenergi tidak baik untuk kesehatan bila dikonsumsi secara terus menerus. Hal seperti nantinya justru akan memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan kita.

Ada cara yang baik untuk mencegah terjadinya kelelahan kronis tanpa mengkonsumsi minuman berenergi. Berbagai jenis makanan dan minuman untuk mencegah kelelahan kronis, meliputi:

  • Kacang almond

Kacang almond merupakan salah satu jenis makanan yang mampu meningkatkan energy serta mampu membuat energy dalam tubuh tetap terjaga. Kacang almond kaya akan protein serta berbagai nutrisi lainnya termasuk lemak sehat yang nantinya akan ikut menjaga kestabilan gula darah. Gula darah yang tetap stabil nantinya akan membuat energy kita menjadi lebih stabil.

  • Salmon
ikan salmon

ikan salmon

Salmon kaya akan asam lemak omega 3 yang nantinya akan ikut mendukung kesehatan sel-sel otak maupun saraf kita. mengkonsumsi salmon secara teratur nantinya juga akan mencegah terjadinya berbagai gangguan pada fungsi kognitif yang umumnya terjadi karena tubuh kita terlalu lelah. Bila anda kesulitan untuk menemukan ikan salmon, anda bisa menggantinya dengan tuna, sarden maupun makarel.

  • Citrus

Berbagai jenis citrus, termasuk jeruk, pomelo maupun grapefruits, mampu meningkatkan energy dalam tubuh kita. Berbagai jenis citrus mengandung vitamin C yang nantinya akan membuat jumlah oksigen dalam tubuh serta otak kita meningkat. Hal ini nantinya akan membuat tubuh kita lebih berenergi serta tidak mengalami gangguan fungsi kognitif.

  • Alpukat

Buah alpukat kaya akan vitamin B-kompleks. Berbagai macam vitamin B dalam alpukat nantinya akan ikut meningkatkan energy. Mengkonsumsi buah alpukat secara teratur sebelum bekerja, mampu membuat energy dalam tubuh kita tetap terjaga dengan baik. bila anda mulai merasa lelah, anda bisa mengganti minuman berenergi Anda dengan jus alpukat atau mengkonsumsi alpukat secara langsung.

  • Berry

Berbagai jenis buah berry, seperti strawberry, raspberry, blueberry dan lain sebagainya juga bisa dikonsumsi untuk mencegah kelelahan kronis. Buah berry mengandung sedikit gula, vitamin C dan juga serat yang baik sekali untuk tubuh kita yang mengalami kelelahan. Kandungan gulanya akan mengembalikan energy kita, sedangkan kandungan seratnya akan mencegah pengurangan energy secara drastic. Kandungan antioksidan dalam buah berry juga baik sekali untuk kesehatan serta mencegah kelelahan kronis.

  • Kurma
nutrisi dan manfaat kurma untuk kesehatan

nutrisi dan manfaat kurma untuk kesehatan

Kurma mengandung banyak gula. Dengan mengkonsumsi kurma, maka energy dalam tubuh anda akan kembali normal seperti sedia kala. Selain itu, kurma juga kaya akan serat yang nantinya akan membuat kadar gula darah menjadi lebih stabil, sehingga energy dalam tubuh Anda tetap terjaga.

  • Semangka

Mengkonsumsi buah semangka juga mampu mencegah terjadinya kelelahan kronis. Semangka mengandung banyak air, vitamin B dan juga kalium. Kandungan air dalam buah semangka akan membuat anda terhindar dari dehidrasi. Kondisi dehidrasi mampu menyebabkan tubuh menjadi cepat lelah. Vitamin B dan kalium nantinya juga akan ikut meningkatkan energy serta menjaga sirkulasi darah tetap lancar dalam tubuh kita.

  • Brokoli

Brokoli merupakan salah satu jenis makanan yang mampu mempertahankan energy dalam tubuh anda, karena adanya kandungan kromium. Kromium merupakan salah satu jenis mineral yang mampu menstabilkan kadar gula darah serta mencegah terjadinya penurunan gula darah. turunnya gula darah nantinya akan menyebabkan seseorang menjadi cepat lelah.

  • Biji chia

Biji chia juga dapat mencegah terjadinya kelelehan kronis. Biji chia kaya akan protein, serat serta asam lemak omega 3, yang nantinya akan mencegah terjadinya peradangan serta menjaga kesehatan otot dalam tubuh. Selain itu, biji chia juga kaya akan magnesium, potassium, zat besi dan quercetin. Quercetin bersifat antioksidan yang telah dipercaya mampu memeprcepat proses pemulihan dan memperbaiki energy dalam tubuh. Bahkan saat ini biji chia telah dijadikan bahan untuk minuman berenergi.

  • Susu

Tanpa kita sadari, susu juga mampu mencegah kelelahan. Susu akan ikut menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh anda, sehingga anda tidak mudah mengalami kelelahan. Selain itu susu juga kaya protein dan karbohidrat, yang nantinya akan mengembalikan energy dalam tubuh Anda.

  • Oat
oat dengan kismis

oat dengan kismis

Bila anda sering sekali mengalami kelelahan, cobalah untuk mengganti menu sarapan anda dengan mengkonsumsi oat di pagi hari. Oat mengandung karbohidrat, yang nantinya akan disimpan di dalam tubuh kita dalam bentuk glikogen. Glikogen ini nantinya akan digunakan sebagai cadangan energy ketika energy dalam tubuh kita berkurang. Hal seperti ini nantinya akan membuat tubuh anda tetap bernenergi dan terhindar dari kelelehan.

  • Jamur

Jamur kaya akan vitamin B, seperti riboflavin, thiamin, piridoksi, asam pantotenat, niasin dan juga asam folat. Berbagai jenis vitamin B sangat penting artinya dalam proses produksi energy. Riboflavin dapat membantu tubuh kita menghasilkan energy. Asam pantotenat akan mencegah terjadinya kelelahan serta mendukung kinerja kelenjar adrenal. Sedang niasin akan mengubah makanan menjadi energy dalam waktu yang cepat.

  • Telur

Telur merupakan salah satu makanan sumber energy. Telur kaya akan protein, zat besi dan juga seng. Protein tidak hanya membantu pembentukan otot dalam tubuh, namun juga ikut berperan dalam menjaga pasokan energy dalam tubuh. Protein dalam telur nantinya akan diubah menjadi asam amino yang penting untuk pertumbuhan otot serta mempercepat proses pemulihan. Sementara kandungan vitamin B dalam telur nantinya akan ikut menjaga dan meningkatkan jumlah energy dalam tubuh.

  • Teh

Berbagai jenis teh mengandung asam amino tehanine. Asam amino ini mampu meningkatkan focus dan kewaspadaan. Selain itu teh juga mengandung sedikit kafein, yang nantinya akan mencegah Anda mengalami kelelahan. Sebaiknya jangan minum teh terlalu dekat dengan waktu tidur, karena nantinya kandungan kafein dalam teh mampu mengganggu tidur anda. Maka dari itu, sebaiknya minumlah teh di sore hari atau setelah makan malam.

  • Bayam

Bayam kaya akan nutrisi penting bagi kesehatan dan mampu mencegah kelelahan. Bayam kaya akan magnesium. Magnesium dalam tubuh kita akan dirubah menjadi adenosine trifosfat. Adenosine trifosfat ini nantinya akan membuat energy dalam tubuh kita semakin meningkat. Magnesium juga mampu melemaskan otot yang nantinya akan membuat anda menjadi lebih tenang. Bila anda mengalami kekurangan magnesium, maka anda akan merasa cepat lelah dan lemah.