Makanan Dan Minuman Untuk Meningkatkan Sistim Imunitas Tubuh

sakit batuk

sakit batuk

Keadaan cuaca yang cukup ekstrem belakangan ini sebaiknya perlu kita waspadai. Panas yang terik di siang hari bisa berubah secara tiba-tiba menjadi hujan angin yang kencang, begitu pula sebaliknya.

Pada saat-saat seperti ini tubuh kita memerlukan sistem imunitas yang sangat baik agar kita tetap sehat dan kuat dalam mengahadi perubahan cuaca yang terjadi seperti belakangan ini.

Beberapa nutrisi yang terkandung dalam makanan maupun minuman ternyata memiliki efek yang sangat mengejutkan bagi kesehatan kita. Beberapa jenis makanan dan minuman memiliki kandungan nutrisi yang dapat gunakan untuk menjaga sistem imunitas tubuh kita sehingga kita terbebas dari berbagai masalah kesehatan.

Hanya dengan mengkonsumsi berbagai macam sayur dan buah yang berwarna-warni serta ditambah dengan minum air sebanyak 8 sampai 10 gelas perhari, maka sistem imunitas tubuh kita akan menyebabkan kita menjadi kebal terhadap berbagai macam penyakit.

Beberapa jenis makanan serta minuman yang baik sekali untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh kita, meliputi:

  • Oat

Oat merupakan biji-bijian yang mengandung beta glucan yang merupakan sejenis serat yang memiliki sifat antimikroba serta antioksidan yang relatif kuat. Dengan mengkonsumsi oat secara rutinm maka akan dapat membantu sistem imunitas tubuh. Selain itu juga dapat membantu dalam mempercepat proses penyemb uhan luka serta membantu antibiotik alami dalam tubuh bekerja dengan lebih baik.

  • Yoghurt

yogurtYoghurt sangat baik untuk dikonsumsi dalam hal meningkatkan sistem imunitas tubuh karena mengandung probiotik atau strain yang masih hidup. Probiotik merupakan bakteri baik yang memiliki banyak manfaat untuk menjaga saluran pencernaan terbebas dari kuman penyebab berbagai macam penyakit. Ada sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa mengkonsumsi yoghurt sebanyak 7 ons per hari dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh dan sama efektifnya dengan mengkonsumsi suplemen.

  • Bawang putih

Bawang putih mengandung senyawa alicin yang berfungsi untuk melawan bakteri maupun infeksi. Dalam sebuah penelitian di Inggris menyebutkan bahwa orang yang suka mengkonsumsi bawang putih lebih dari enam siung selama seminggu, memiliki penurunan resiko terserang kanker kolon maupun kanker perut. Selain itu orang yang suka mengkonsumsi bawang putih jarang sekali terserang flu.

  • Teh
teh hitam

teh

Dalam sebuah penelitian di Inggris, orang yang gemar mengkonsumsi teh sebanyak 2 sampai 3 cangkir per hari memiliki kemampuan untuk melawan berbagai macam virus yang masuk ke dalam tubuhnya. Asam amino serta senyawa antioksidan khususnya flavonoid dan polifenol yang terkandung di dalam teh hitam memiliki kemampuan dalam meningkatkan sistem imunitas tubuh.

  • Sup ayam

Umumnya, orang yang terserang flu akan diberi makan berupa sup ayam. Kemungkinan asam amino serta senyawa kimia yang dilepaskan oleh ayam selama proses pembuatan sup inilah yang  menyebabkan  sup ayam dipercaya mampu mengusir flu. Kaldu sup ayam yang asin akan membantu proses mengeluarkan lendir serta mengurangi batuk. Measak sup ayam ditambah dengan rempah-rempah seperti bawang merah dan bawang putih akan ikut serta dalam membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh.

  • Seafood

Seafood, seperti kepiting, kerang, lobster maupun tiram memiliki kandungan selenium yang tinggi yang nantinya akan membantu sel darah putih memproduksi sitokin yaitu protein yang memiliki kemampuan untuk melawan virus penyebab flu. Sedangkan makarel, salmon maupun ikan haring mengandung omega 3 yang dapat mengurangi inflamasi, meningkatkan aliran udara serta melindungi paru-paru dari infeksi pernapasan maupun flu.

  • Daging sapi

Daging sapi merupakan jenis makanan yang kaya akan zinc yang fungsinya untuk memperkuat sistem imunitas tubuh. Bila tubuh kita kekurangan zinc maka akan dapat meningkatkan resiko terjadinya infeksi. Zinc sangat berguna untuk produksi sel darah putih, yang merupakan sel pembentuk sistem imunitas tubuh yang fungsinya untuk menghancurkan virus, bakteri serta berbagai mikroorganisme yang merugikan lainnya.

  • Wortel
jus untuk pengobatan prostatitis

jus wortel

Wortel kaya akan vitamin A yang akan menjaga tubuh maupun kulit tetap sehat. Fungsi utama dari vitamin A adalah memproduksi jaringan ikat yang merupakan konponen kunci dari kulit. Cara untuk mendapatkan vitamin A adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung beta karoten seperti wortel, pepaya, ubi jalar maupun labu. Beta karoten yang terdapat dalam wortel ini nantinya akan diubah menjadi vitamin A.

  • Jamur

Selama berabad-abad lamanya, jamur dipercaya sebagai bahan makanan yang dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh. Jamur berfungsi untuk meningkatkan produksi serta aktivitas sel-sel darah putih dan juga membuat sel darah putih menjadi lebih agresif. Bila anda mengalami infeksi, cobalah untuk mengkonsumsi jamur  untuk mempercepat proses penyembuhan.

  • Jeruk

Jeruk mengandung vitamin C yang merupakan antioksidan yang berfungsi untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh. Selain buah jeruk anda juga bisa mengkonsumsi buah-buahan lain, seperti jambu biji maupun kiwi.

  • Semangka

Semangka mengandung senyawa glutatione yang merupakan senyawa yang bersifat antioksidan yang sangat kuat untuk melawan infeksi.

  • Bayam

Bayam kaya akan asam folat yang nantinya akan membantu tubuh kita memproduksi sel-sel baru serta memperbaiki DNA. Sebaiknya jangan masak bayam terlalu lama  serta segera dikonsumsi sesegera mungkin.

  • Kacang almond

Mengkonsumsi seperempat cangkir kacang almond sudah dapat memenuhi 50% kebutuhan vitamin E harian yang berfungsi untuk membantu sistem imunitas tubuh kita. Selain itu, kacang almond juga mengandung riboflavin serta niacin yaitu jenis vitamin B yang bersifat mengurangi gejala stres.

1 comment for “Makanan Dan Minuman Untuk Meningkatkan Sistim Imunitas Tubuh

  1. Pingback: Derrick

Comments are closed.