Makanan Dan Minuman Yang Dapat Mengganggu Tidur

tanda kurang tidur

tanda kurang tidur

Kurang tidur juga sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh kita. Ada begitu banyak efek yang muncul karena kurang tidur, seperti lekas marah, tidak focus, lemah, serta kelelahan kronis.

Selain efek buruk tersebut, kurang tidur juga dapat menyebabkan gangguan maupun penyakit yang berbahaya bagi kesehatan. Orang-orang yang sulit tidur cenderung mengembangkan stress dan depresi. Stress dan depresi akan menyebabkan susasana hati menjadi buruk dan kurang focus.

Selain dapat menyebabkan stress dan depresi, kurang tidur juga dapat menyebabkan terjadinya gangguan medis yang serius, seperti obesitas, penyakit jantung serta diabetes.

Tanpa kita sadari, kurang tidur juga bisa disebabkan oleh makanan dan minuman tertentu. Konsumsi makanan dan minuman tertentu sebelum tidur juga mampu mempengaruhi tidur kita.

Beberapa jenis makanan dan minuman yang dapat menyebabkan kita kurang tidur, meliputi:

  • Air

Air memang baik sekali untuk untuk kesehatan dan mampu mengurangi berat badan. Terlalu banyak minum air sebelum tidur dapat menyebabkan kita kurang tidur. Terlalu banyak minum air putih menyebabkan kita terbangun dari tidur untuk buang air kecil. Kondisi seperti ini nantinya akan sangat mengganggu siklus tidur. Sebagai langlah pencegahan, sebaiknya jangan minum apapun sekitar 1 sampai 2 jam sebelum tidur.

  • Coklat hitam
cokelat batangan

cokelat batangan

Mengkonsumsi sepotong cokelat hitam juga baik untuk kesehatan. Sayangnya, kebanyakan cokelat hitam mengandung lebih banyak kafein daripada kopi. Hal inilah yang nantinya akan membuat anda semakin sulit untuk tidur. Semua produk cokelat termasuk susu cokelat sebenarnya mengandung kafein. Semakin gelap warna dari cokelat yang anda konsumsi, maka kandungan kafeinnya semakin tinggi. Solusi yang terbaik adalah jangan mengkonsumsi cokelat sebelum tidur.

  • Steak

Meningkatan kolesterol dalam tubuh nantinya akan sangat berbahaya bagi kesehatan. Makanan yang berlemak serta mengandung protein, seperti steak, akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna. Lamanya proses untuk mencerna steak tersebut nantinya akan mengganggu tidur kita. Selain itu, konsumsi makanan yang mengandung lemak dan protein tinggi sebelum tidur juga dapat menyebabkan apnea, yang nantinya akan menyebabkan anda merasa cepat lelah serta mudah marah pada keesokan harinya.

  • Alcohol

Ada banyak sekali penelitian yang menemukan bahwa mengkonsumsi minuman beralkohol dapat membuat kita tidur lebih cepat, namun juga dapat memberikan dampak yang buruk terhadap siklus tidur. Minuman beralkohol nantinya akan mengganggu kesehatan tubuh kita. Selain dapat menyebabkan gangguan pada siklus tidur, alcohol juga mampu menyebabkan obesitas, kurang focus dan kita menjadi mudah marah.

  • Rempah-rempah

Makanan yang kaya akan bumbu dan rempah-rempah juga dapat memberikan dampak yang buruk terhadap siklus tidur. Makanan yang kaya akan bumbu dan rempah-rempah akan menyebabkan kita mengalami heartburn dan juga gelisah di malam hari. Dalam sebuah penelitian telah ditemukan bahwa mengkonsumsi makanan seperti ini sebelum tidur dapat meningkatkan suhu dalam tubuh kita. Meningkatnya suhu dalam tubuh kita nantinya akan membuat tidur kita menjadi terganggu. Anda baru bisa tidur setelah menunggu sekitar 4 sampai 5 jam setelah mengkonsumsi makanan yang kaya akan bumbu dan rempah-rempah.

  • Kopi

Karena tingginya kadar cafein dalam kopi, maka sekarang ini muncul beberapa produk kopi yang katanya tidak mengandung cafein. Karena disitu tertera tulisan tanpa cafein, maka banyak orang yang mengkonsumsinya. Sebenarnya, tidak ada kopi yang tidak mengandung cafein. Kadar cafeinnya tetap ada, namun kadarnya tidak terlalu banyak. Meskipun kadar kafeinnya sedikit, namun tetap saja bisa mengganggu tidur kita. Terlebih lagi bagi orang-orang yang sensitive terhadap kafein.

  • Brokoli dan kembang kol
sayuran brokoli kukus

sayuran brokoli kukus

Brokoli dan kembang kol merupakan sayuran yang baik sekali bagi kesehatan, bila kita konsumsi secara bijaksana. Brokoli dan kembang kol mengandung senyawa tryptophan, yang nantinya berperan dalam proses produksi serotonin. Sayangnya, serat yang terkandung di dalam brokoli dan kembang kol sangat tinggi sekali kadarnya, sehingga perlu waktu yang lebih lama untuk dicerna. Belum lagi adanya kandungan sulfur dalam brokoli dan kembang kol. Kandungan sulfur dalam brokoli dan kembang kol akan membuat perut anda menjadi tidak enak. Sebaiknya tunggulah sekitar 3 sampai 4 jam setelah mengkonsumsi brokoli dan kembang kol, setelah itu anda baru bisa tidur.

  • Kentang goreng

Tanpa kita sadari, sebenarnya kentang goreng membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna dengan baik dalam perut kita. Mengkonsumsi kentang goreng dalam porsi sedikit saja sudah cukup mengganggu kita untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Kentang goreng juga termasuk salah satu dari beberapa jenis makanan yang tinggi lemak. Mengkonsumsi kentang goreng dalam jumlah berlebihan sebelum tidur juga dapat menyebabkan perut menjadi mulas, karena kelebihan gas. Hal seperti ini nantinya akan membuat perut kita terasa tidak enak dan tidur kita akan menjadi terganggu.

  • Cabai

Sebaiknya jangan mengkonsumsi cabai maupun makanan yang mengandung cabai sebelum tidur. Mengkonsumsi cabai maupun makanan yang mengandung cabai sebelum tidur membuat suhu tubuh kita meningkat. Hal ini nantinya akan membuat kita merasa panas. Sebaiknya tunggulah sampai suhu tubuh anda normal kembali, setelah itu anda baru diperbolehkan untuk tidur.