Makanan Dan Minuman Yang Dapat Menyehatkan Kulit

menjaga kesehatan kulit

menjaga kesehatan kulit

Ada berbagai macam cara untuk menjaga kesehatan kulit. Ada beberapa orang yang berusaha untuk mengurangi efek dari sinar matahari pada kulitnya, agar kulitnya tetap sehat. Ada juga yang berupaya untuk menghilangkan kerutan serta noda pada kulitnya.

Kulit merupakan organ yang paling luar dari tubuh kita. Sehingga kulit menjadi sangat rentan mengalami kerusakan. Maka dari itu, banyak sekali orang yang ingin agar kulitnya tetap sehat.

Sel-sel kulit kita mampu melakukan regenerasi dengan cepat. Sayangnya, kulit kita harus menghadapi serangan baik itu dari luar maupun dari dalam tubuh. Kulit kita sangat rentanterhadap kondisi cuaca, kerusakan secara fisik, perubahan suhu udara, berkurangnya kelembaban, radikal bebas, radiasi dan masih banyak lagi.

Jadi, kulit kita membutuhkan lebih banyak nutrisi alami agar kesehatannya tetap terjaga dengan baik. maka dari itu, kita butuh vitamin A, vitamin E, vitamin C, antioksidan, asam lemak omega 3 serta mineral seng, agar kulit kita tetap sehat.

Ada beberapa jenis makanan dan minuman yang dapat menyehatkan kulit kita, seperti:

  • Ikan

Berbagai jenis ikan, seperti salmon, makarel, hering bahkan ikan teri, mampu menyehatkan kulit kita. Berbagai jenis ikan tersebut mengandung asam lemak omega 3 yang penting sekali untuk kesehatan tubuh kita secara menyeluruh. Alam lemak omega 3 mampu mengurangi resiko kanker kulit, melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh matahari, meningkatkan kelembaban kulit, memperkuat membrane kulit serta mengurangi peradangan pada sel kulit. Mengkonsumsi ikan secara rutin akan meningkatkan penampilan serta kesehatan kulit anda.

  • Biji labu
biji labu

biji labu

Biji labu merupakan jenis makanan yang kaya akan mineral seng. Seng adalah mineral yang sangat unik dan penting sekali artinya dalam menjaga kesehatan kulit. Mineral seng akan meningkatkan proses regenerasi sel kulit, membantu meningkatkan produksi kolagen, serta ikut memeprkuat membrane sel kulit.

  • Jeruk

Jeruk kaya akan asam askorbat yang membuat buah jeruk mengandung vitamin C. Vitamin C merupakan komponen yang penting dalam produksi kolagen yang digunakan untuk menyusun jaringan intraseluler, jaringan otot, pembuluh darah serta organ. Tingginya kadar vitamin C dalam tubuh akan membuat kulit kita terlindungi dari radikal bebas. Sebab, vitamin C juga berfungsi sebagai antioksidan yang mampu mencegah penuaan dini maupun keriput serta ikut meningkatkan penyembuhan luka dan noda bekas luka.

  • Teh hijau

Teh hijau mengandung banyak senyawa yang bersifat antioksidan alami yang baik sekali untuk melawan berbagai jenis kanker, khususnya kanker kulit. Selain itu, teh hijau juga mengandung tannin. Tannin merupakan suatu zat alami yang mampu mengurangi tanda-tanda keriput pada kulit.

  • Almond

Semua kacang yang bermanfaat bagi tubuh Anda dalam beberapa cara, namun almond lebih baik bila digunakan untuk menjaga kesehatan kulit. Mengkonsumsi kacang almond mampu melindungi efek sinar matahari yang sangat berbahaya bagi kulit. Kacang almond mengandung vitamin E yang mampu mencegah kanker kulit serta berfungsi sebagai antioksidan yang ikut memperlambat munculnya tanda-tanda penuaan pada kulit.

  • Minyak Zaitun
minyak zaitun

minyak zaitun

Minyak zaitun memiliki sifat anti-inflamasi yang nantinya akan mengurangi peradangan maupun iritasi pada kulit. Selain itu, minyak zaitun juga memiliki sifat antioksidan yang ikut mencegah terjadinya kerusakan pada bagian kulit. Menggunakan minyak zaitun saat memasak makanan mampu menjaga kesehatan tubuh dari dalam. Mengoleskan minyak zaitun pada kulit akan membuat kulit menjadi semakin lembut dan mampu mengurangi keriput.

  • Brokoli

Brokoli juga bisa kita konsumsi untuk menjaga kesehatan kulit. Brokoli mengandung vitamin C dan vitamin E yang baik sekali untuk kesehatan kulit. Jadi, mengkonsumsi brokoi akan membuat kulit kita lebih tahan terhadap efek samping dari sinar matahari serta efek yang buruk dari radikal bebas.

  • Gandum

Berbagai jenis makanan yang berbahan dasar gandum, seperti roti gandum maupun pasta, juga bisa kita konsumsi untuk menjaga kesehatan kulit. Gandum mengandung mineral selenium yang mampu memperkuat sel-sel kulit luar serta meningkatkan fleksibilitas dan elastisitas kulit anda. Jadi, mengkonsumsi gandum akan membuat kulit anda semakin kuat dan anda menjadi tampak lebih muda.

  • Susu rendah lemak

Susu rendah lemak ternyata juga mengandung vitamin A. Vitamin A termasuk antioksidan yang kuat. Vitamin A nantinya akan diurai menjadi beta karoten yang nantinya akan ikut berperan dalam meningkatkan kesehatan kulit.

  • Air

Selain karena sinar matahari, kulit kering juga disebabkan karena kurangnya cairan dalam tubuh. Agar kita tidak mengalami kekurangan cairan, maka kita perlu minum air. Air mampu membantu pengeluaran racun yang ada di dalam tubuh dengan cara meningkatkan buang air kecil dan juga ikut menjaga kesehatan ginjal. Air nantinya juga akan ikut menjaga cairan tubuh dan ikut menjaga kelembaban kulit.