Makanan Terbaik Untuk Kesehatan Mata

Mata merupakan salah satu indra tubuh yang terpenting karena hampir semua aktivitas yang kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari membutuhkan bantuan organ mata.

Jika daya penglihatan kita menjadi berkurang atau rusak maka tentunya hal ini akan membuat pekerjaan atau aktifitas harian kita menjadi kacau.

Tentunya selain mencegah aktifitas yang bisa mengurangi kesehatan mata kita juga harus menjaga kesehatan mata kita termasuk dengan mengonsumsi jenis makanan terbaik untuk kesehatan mata.

Ada banyak jenis makanan sehat yang bisa dikonsumsi yang ternyata memiliki manfaat kesehatan untuk organ mata misalnya untuk mencegah mata katarak atau mengobati mata minus.

Berikut ini adalah Makanan Terbaik Untuk Kesehatan Mata diantaranya :

  • Wortelmakanan-terbaik-untuk-kesehatan-mata

Karena wortel mengandung betakaroten maka sayuran yang identik dengan warna oranye ini bermanfaat untuk kesehatan mata dimana betakaroten pada wortel yang dikonsumsi akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A.

Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata sayuran wortel juga memiliki manfaat lain yaitu melepaskan radikal bebas yang ada dalam tubuh kita.

  • Kuaci (biji bunga matahari)

Salah satu jenis cemilan yang digemari oleh masyarakat Indonesia ini ternyata memiliki manfaat karena cemilan ini mengandung zinc, selenium dan vitamin E yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata kita yaitu untuk mencegah kerusakan mata yang disebabkan oleh faktor usia dan mencegah gangguan katarak.

Kandungan vitamin B2 pada kuaci bermanfaat untuk mengatasi “photopobia” atau penyakit  sensitivitas mata terhadap cahaya.

 

  • Ikan Salmon

Jika dibandingkan dengan jenis ikan yang lain, ikan salmon mengandung lebih banyak asam lemak omega-3 yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata dan mencegah gangguan mata kering.

 

  • Telur kuning telur

Kandungan vitamin A, B12, lutein, cysteine dan zinc pada telur bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata.

Dalam putih telur terdapat zeaxanthin dan lutein yang merupakan antioksidan terbaik yang bisa mencegah penyakit katarak dan mencegah proses degenerasi makular.

 

  • Bayam

Tidak berbeda jauh dengan telur, jenis sayuran yang berwarna hijau ini mengandung banyak lutein dan zeaxanthin yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata dan menambah energi pada tubuh.

Kandungan vitamin C pada sayur bayam bisa mencegah penyakit glaukoma, maka dari itu untuk menjaga kesehatan mata maka anda bisa menambahkan sayur bayam ke dalam menu makan harian anda.

 

  • Alpukat

    alpukat

    alpukat

Jika dibandingkan dengan jenis buah yang lain maka buah alpukat memiliki kandungan lutein yang terbanyak.

Kandungan lutein pada buah alpukat berfungsi untuk mencegah mata katarak dan mencegah degenerasi makular.

Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata buah alpukat juga mengandung alfa dan beta-karoten yang berfungsi sebagai penyerap nutrisi penting yang bermanfat untuk membentuk vitamin A supaya bisa diserap dengan baik oleh tubuh.

 

  • Bawang putih

Bawang putih mengandung vitamin B1, C, selenium, glutathione dan quercetin yang berfungsi untuk menjaga lensa mata dari bahaya radikal bebas seperti sinar Ultraviolet.

Bawang putih juga bisa memperkuat sel optik, menjaga sirkulasi darah dan menjaga daya tahan tubuh dari ancaman penyakit.

 

  • Tomat

    tomat gondol

    tomat gondol

Buah tomat merupakan buah yang biasanya digunakan untuk perawatan wajah, padahal buah ini juga bisa digunakan untuk menjaga kesehatan mata.

Kandungan nutrisi pada buah tomat seperti lycopene, vitamin A dan C sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata.

 

  • Dark chocolate

Cokelat hitam mengandung flavanoid yang merupakan zat yang berperan untuk melindungi pembuluh darah pada mata dimana hal ini akan membuat fungsi retina dan kornea mata menjadi lebih baik sehingga ketajaman mata akan tetap terjaga dengan baik.

Jika anda tidak terlalu suka mengonsumsi sayur wortel maka anda bisa mengonsumsi dark chocolate sebagai alternatif.

 

  • Brokoli

Brokoli mengandung zeaxanthin dan lutein yang juga terdapat pada sayur bayam, diman keduanya memiliki manfat untuk menjaga dan merawat kesehatan mata.

Kandungan zeaxanthin dan lutein pada sayur brokoli berfungsi untuk menjaga mata dari bahaya sinar ultraviolet dan bisa mencegah resiko penyakit katarak.

 

  • Blueberry

Buah blueberry mengandung vitamin C, betakaroten, kalium, zat besi dan silikon kaya yang berfungsi untuk meningkatkan sirkulasi ke otak dan mata.

Buah blueberry disarankan untuk dikonsumsi oleh seseorang yang sedang dalam masa pengobatan katarak, lemah mata, degenerasi makula, rabun jauh dan dekat, serta retinopati diabetes.

 

  • Daging ayam, sapi, hati, susu dan keju

Selain mengonsumsi sayuran yang mengandung lutein dan vitamin A yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, anda juga bisa mendapatkannya dari sumber makanan lain yaitu daging ayam, sapi, hati, susu dan keju.

Dengan mengambil manfaat dari kandungan nutrisi pada sumber makanan hewani dan nabati maka kesehatan mata anda akan lebih terjaga dengan lebih baik.

 

  • Minyak Zaitun

    minyak zaitun

    minyak zaitun

Minyak zaitun biasanya digunakan untuk perawatan kecantikan padahal minyak zaitun juga bisa dimanfatkan untuk menjaga kesehatan mata.

Sebuah hasil penelitian menyebutkan bahwa kandungan lemak trans atau rendah lemak jenuh pada minyak zaitun jika dikonsumsi secara rutin maka bisa mencegah penyakit retina.
Sedangkan kandungan antioksidan pada minyak zaitun bermanfat untuk mencegah penyakit diabetes, kanker dan penyakit saraf degeneratif.

 

  • Buah jeruk

Kandungan vitamin C yang sangat tinggi pada buah jeruk merupakan antioksidan kuat  yang bisa mencegah resiko kerusakan tubuh yang disebabkan oleh serangan radikal bebas.

Penelitian menunjukkan bahwa vitamin C sangat dibutuhkan oleh retina mata supaya sel-sel saraf pada retina bisa bekerja dengan baik dan hasilnya adalah daya penglihatan menjadi lebih baik.

 

  • Tiram

Kekurangan zinc biasanya memiliki hubungan yang erat dengan katarak atau masalah penglihatan yang terjadi di malam hari.

Maka dari itu untuk mencegah katarak dan masalah penglihatan yang terjadi di malam hari maka anda harus mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi tinggi salah satunya adalah tiram.