Makanan Terbaik Untuk Orang Demam Tinggi

Ketika seseorang terkena infeksi dari bakteri, jamur, virus atau penyakit lain maka biasanya tubuhnya rentan terkena penyakit demam.

Penyakit demam bisa menyerang siapa saja mulai dari bayi yang baru berusia beberapa hari hingga ke orang dewasa atau lansia.

Sebagian orang biasanya akan segera memeriksakan diri ke dokter atau rumah sakit terdekat jika mengalami gejala demam, namun sebagian lainnya biasanya hanya istirahat di rumah dan mengonsumsi obat demam biasa.

Apapun pilihan yang diambil, istirahat di rumah dan makan menu makanan yang sehat adalah hal yang wajib dilakukan jika ingin segera sembuh dari penyakit demam.

makanan-terbaik-untuk-orang-demam-tinggi

Berikut ini adalah berbagai Makanan Terbaik Untuk Orang Demam Tinggi diantaranya :

1. Bubur

Bubur dikenal sebagai makanan terbaik untuk seseorang yang sedang mengalami demam tinggi.

Bubur yang baik untuk mengatasi demam terbuat dari nasi alami yang ditambahkan dengan bawang merah, bawang putih dan sedikit garam.

Saluran pencernaan bisa lebih cepat menyerap nutrisi yang berasal dari bubur sehingga tubuh bisa lebih cepat memulihkan energi.

 

2. Sayuran Kukus

Jenis sayuran yang mengandung sulforaphane sangat ampuh dalam melawan bakteri serta virus dan sangat disarankan bagi mereka yang terkena penyakit demam, contoh jenis sayuran ini seperti kubis, kembang kol, sawi, dan brokoli.

 

3. Telur Rebus

telur ayam rebus

telur ayam rebus

 

Telur rebus mengandung protein dan energi yang sangat tinggi dimana rasanya juga terasa lezat meski tidak diberi tambahan bumbu apa-apa.

 

4. Yoghurt

Zat probiotik pada susu yoghurt bisa membantu menurunkan demam dengan cepat dan disarankan supaya orang yang terkena demam untuk mengonsumsi susu yoghurt namun bukan susu yoghurt tinggi lemak atau mengandung gula tambahan karena keduanya hanya akan menjadikan sistem pencernaan bekerja dengan lebih berat.

 

5. Kaldu Sayuran

Anda bisa membuat sendiri kaldu sayuran untuk mengatasi demam yang tinggi, dan anda bisa menambahkan kaldu sayuran dengan jahe untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

 

6. Sup Ayam

Sup ayam mengandung banyak nutrisi, mineral, vitamin, protein dan lemak sehat yang sangat ampuh dalam mengatasi penyakit demam.

Namun jangan menambahkan sup ayam dengan ayam yang berlemak karena lemak hanya akan menghambat pencernaan nutrisi sehingga demam tidak akan cepat sembuh.

 

7. Pisang

pisang

pisang

 

Kandungan mineral yang sangat tinggi pada buah pisang menjadikan buah ini mampu menurunkan demam yang sangat tinggi.

selain itu pisang mengandung vitamin B6 yang efektif dalam melawan stres, mengatasi capek dan membuat tidur menjadi terasa lebih nyenyak.

 

8. Jeruk Bali

Kandungan vitamin C dan senyawa alami yang disebut limonoid pada buah jeruk bali ampuh untuk mengatasi demam, menurunkan resiko peradangan dan melawan lemak jahat dalam tubuh namun bagi penderita penyakit maag disarankan untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi buah jeruk bali.

 

9. Cranberry

Banyaknya bahan antioksidan dalam buah Cranberry bisa melawan bakteri dan melindungi tubuh dari serangan demam.

 

10. Apel

Buah apel disarankan untuk dikonsumsi oleh seseorang yang menderita penyakit demam karena buah ini mengandung flavonoid dan vitamin C yang sangat efektif dalam melawan radikal bebas, melawan efek peradangan karena demam, melawan infeksi penyakit tertentu dan menjaga kesehatan jantung.

 

11. Pepaya

buah pepaya

buah pepaya

 

Buah pepaya kaya akan vitamin C dan E yang sangat efektif dalam melawan penyakit demam dan serangan radikal bebas, namun tidak disarankan untuk penderita diare karena buah pepaya hanya akan membuat kondisi diare menjadi lebih buruk.

 

12. Bawang Putih

Sangat disarankan untuk menambahkan bawang putih ke dalam menu masakan jika anda sedang mengalami demam karena bawang putih mengandung bahan antioksidan yang sangat ampuh dalam melawan radikal bebas dan demam.

Untuk mendapatkan khasiat yang lebih baik anda bisa membuat sendiri minuman yang terdiri dari 1 gelas air hangat yang ditambahkan dengan 2 siung bawang putih yang sudah ditumbuk, kemudian aduk hingga merata dan minum ramuan tersebut.

 

13. Kemangi

Kemangi mengandung senyawa yang ampuh untuk mengatasi demam, selain itu daun kemangi juga bisa membasmi virus penyebab flu.

Caranya yaitu siapkan 1 gelas air hangat kemudian masukkan beberapa daun kemangi segar dan madu secukupnya kemudian minum ramuan ini.

 

14. Kismis

Kismis mengandung vitamin C, E dan bahan oksidan lain yang efektif dalam melawan serangan radikal bebas dan mengatasi demam.

Selain itu dengan mengonsumsi cemilan kismis bisa membantu memulihkan tenaga sehingga buah ini sangat baik jika dikonsumsi ketika sedang sakit demam.

 

15. Anggur

Senyawa penting dan nutrisi dalam buah anggur seperti antosianin, reservatrol, kaemferol, quercetin, vitamin B1, B2, B6 dan C sangat membantu tubuh untuk melawan infeksi dari penyakit demam.

 

16. Buah Aprikot

manfaat aprikot untuk kesehatan

manfaat aprikot untuk kesehatan

 

Hanya dengan mencampur buah aprikot segar dan sesendok madu maka anda bisa mendapatkan manfaatnya yaitu menurunkan demam.

Selain menurunkan demam buah aprikot juga memiliki manfaat lain yaitu mengatasi depresi, kecapekan, dan melawan infeksi penyakit.

 

17. Gandum

Gandum mengandung lemak, protein, serat, karbohidrat, kalori yang tinggi namun rendah akan gula sehingga menjadikan gandum makanan yang tepat untuk mengatasi penyakit demam dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

 

18. Ikan Laut

Ikan laut mengandung banyak sumber nutrisi sehat untuk menurunkan suhu badan yang tinggi misalnya mineral selenium.

Sedangkan asam lemak omega 3 pada ikan salmon memiliki nilai tambah karena bisa membantu memulihkan tenaga ketika tubuh sedang lemah.

 

19. Jamur

jamur shiitake

jamur shiitake

 

Jamur merupakan makanan yang identik untuk mengatasi penyakit demam terutama di negara Jepang, china dan India.

Jamur shiitake merupakan salah satu contoh jenis jamur yang sangat efektif dalam  mengaktifkan sel darah putih, memulihkan stamina dan menurunkan suhu tubuh yang tinggi karena sakit demam.

 

20. Wortel

Sup ayam yang ditambahkan dengan wortel atau minum jus wortel setelah makan sup ayam merupakan kombinasi makanan yang pas untuk menurunkan suhu badan yang tinggi karena demam.

Selain itu kandungan betakaroten pada wortel bisa memulihkan sistem kekebalan tubuh, melawan sumber infeksi, dan meningkatkan produksi sel darah putih.

 

21. Jeruk Nipis atau Lemon

Air perasan lemon atau jeruk nipis mengandung zat yang disebut liminen yang efektif dalam meningkatkan kekebalan tubuh dan menjaga sistem kekebalan tubuh dalam melawan virus penyakit termasuk demam.

 

22. Ubi Jalar

Ubi jalar mengandung vitamin B6, C dan D yang menjadikannya memiliki banyak manfaat seperti mencegah virus dan bakteri berkembang, mempercepat masa penyembuhan, dan membantu menjaga sistem pencernaan.

 

23. Buncis

buncis

buncis

 

Sayuran buncis mengandung vitamin A, B6, C dan K, serat yang sangat tinggi namun tidak mengandung lemak dan mineral seperti zat besi, silikon, kalium, mangan dan tembaga yang menjadikan sayur buncis memiliki banyak manfaat termasuk untuk mengatasi demam.

 

24. Bayam

Bayam mengandung banyak nutrisi penting untuk melawan infeksi demam misalnya vitamin A, B6, C, betakaroten, lutein, klorofilin, niasain, folat, dll.

Selain itu bayam bisa meningkatkan nafsu makan sehingga penderita demam bisa mendapatkan banyak nutrisi dari makanan yang dikonsumsi.

 

25. Mangga

Buah mangga tinggi akan vitamin A dan C, magnesium, tembaga dan kalium namun tidak mengandung kolesterol, lemak dan sodium jadi buah mangga disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit demam.

Selain itu buah mangga juga bisa membantu memulihkan stamina yang hilang, akan tetapi sebaiknya jangan terlalu banyak mengonsumsi buah mangga jika anda memiliki keluhan gejala diare.