Makanan Untuk Mencegah Masalah Insomnia

insomnia

insomnia

Pola makan seseorang akan berkaitan erat dengan apapun yang ada pada dirinya, termasuk kesehatan serta tidurnya. Kurang tidur karena mengalami masalah insomnia bukan hanya disebabkan oleh karena banyaknya pikiran, namun juga bisa disebabkan karena pola makan yang salah.

Wanita yang mengalami insomnia sehingga waktu tidurnya kurang dari enam jam per hari, umumnya cenderung mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kalori dalam jumlah berlebihan daripada wanita yang tidurnya lebih lama karena tidak mengalami masalah tidur atau insomnia.

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Obesity, kalori yang dikonsumsi oleh para wanita yang mengalami insomnia mayoritas berasal dari makanan yang kurang bernutrisi. Sebaliknya wanita yang tidak mengalami insomnia cenderung mengkonsumsi makanan yang lebih sehat.

Jadi hubungan insomnia dengan pilihan makanan pun berlaku sebaliknya. Dalam artian, inomnia tidak hanya menyebabkan seseorang berubah menjadi lebih suka mengkonsumi makanan yang banyak mengandung kalori, namun ternyata pilihan makanan yang kaya akan kalori juga dapat menyebabkan seseorang mengalami insomnia.

Para peneliti menemukan bahwa orang-orang yang sedang dalam program diet khusus, seperti mengurangi lemak atau kolesterol yang cenderung merasakan rasa kantuk yang berat pada siang hari. Hal seperti ini nantinya akan menyebabkan orang tersebut mengalami sulit tidur atau insomnia di malam harinya.

Dari penelitian ini telah disimpulkan bahwa hubungan antara kualitas diet dengan tidur memang cukup erat. Kedua hal tersebut perlu untuk lebih dioptimalkan untuk mendapatkan manfaat pada kesehatan kita dengan lebih optimal.

Beberapa cara yang baik untuk mendapatkan tidur yang lebih berkuantitas serta berkualitas adalah dengan menentukan waktu yang pasti untuk tidur. Dengan cara seperti kita bisa mendapatkan waktu yang cukup untuk mengistirahatkan tubuh kita.

Selain itu, para ahli kesehatan juga memberikan saran agar tidak mengkonsumsi makanan apapun paling tidak 1 jam sebelum anda tidur. Bila tubuh kita masih mencerna makanan menjelang tidur, maka tubuh kita tidak bisa berisitirahat dengan optimal. Hal seperti inilah yang juga merupakan penyebab dari masalah insomnia.

komplikasi dari insomnia

komplikasi dari insomnia

Seperti yang kita ketahui bersama, tidur merupakan cara untuk memulihkan kondisi fisik serta pikiran. Lamanya waktu tidur untuk orang dewasa adalah 7 sampai 8 jam perhari. Masalahnya, untuk bisa mendapatkan tidur yang berkualitas bukanlah perkara yang mudah.

Padahal, kurang tidur atau insomnia yang terjadi secara terus menerus akan meningkatkan munculnya berbagai penyakit kronis yang berbahaya, seperti penyakit jantung, stroke dan bahkan kanker.

Cara yang paling mudah untuk mencegah masalah insomnia adalah dengan mengubah pola makan kita terlebih dahulu. Insomnia sebenarnya dapat diperbaiki dengan mengubah pola makan. Selama ini masalah insomnia dapat diatasi dengan cara mengkonsumsi susu hangat. Padahal masih ada makanan maupun minuman lainnya yang bisa mencegah kita dari insomnia.

Beberapa jenis makanan dan minuman yang baik untuk mencegah insomnia, adalah:

  • Pisang

Pisang merupakan buah yang kaya akan kandungan potasium serta buah yang kaya akan vitamin B6 yang baik untuk tubuh kita. Vitamin B6 merupakan nutrisi yang penting sekali dalam pembentukan melatonin, yang merupakan hormon pengatur tidur. Hormon melatonin ini berfungsi untuk meregulasi tidur serta siklus bangun seseorang. Bila hormon melatonin dalam tubuh seseorang tercukupi, maka istirahatnya juga akan lebih baik. elain itu, pisang juga mengandung triptofan yang dapat dirubah menjadi melatonin yang nantinya bertugas untuk menimbulkan rasa kantuk.

  • Ceri

Ceri juga merupakan minuman sumber melatonin yang baik untuk tubuh. Anda bia mengkonsumsi buah ceri secara langung maupun dijus terlebih dahulu untuk mendapatkan manfaatnya yaitu mencegah insomnia. Menurut sebuah penelitian yang dimasukkan dalam Journal of Medicinal Food menemukan bahwa, mengkonsumsi jus ceri sebanyak dua kali dalam sehari dapat memperbaiki kondisi insomnia.

  • Selada

Selada merupakan sayuran yang baik bagi tubuh kita karena mengandung serat dan berbagai nutrisi lain untuk tubuh kita. Selain itu, selada juga bisa kita konsumsi untuk mencegah terjadinya insomnia. Selada mengandung lactucarium yang merupakan senyawa yang dapat membuat otak menjadi lebih tenang.

  • Bayam
semangkuk bayam

semangkuk bayam

Bayam serta kale merupakan sayuran hijau yang baik untuk kesehatan tubuh kita. ejak dulu bayam dipercaya mengandung zat besi yang baik untuk mencegah terjadinya anemia atau kurang darah. elain dapat mencegah anemia, bayam serta kale juga dapat mencegah insomnia. Sebab, bayam serta kale juga mengandung triptofan yang nantinya diperlukan dalam proses pembuatan hormon melatonin dalam tubuh.

  • Pretzel dan roti gandum

Pretzel serta roti gandum merupakan makanan sumber karbohidrat. Karbohidrat juga dapat mempengaruhi tidur seseorang. Konsumsi karbohidrat dalam jumlah cukup akan menunjang tidur seseorang. Maka dari itu, dengan cara mengkonsumsi pretzel serta roti gandum yang merupakan makanan sumber karbohidrat dan rendah kalori akan membuat kita lebih kenyang dan bisa tidur lebih nyenyak.

  • Ikan

Konsumsi ikan seperti ikan salmon, tuna maupun ikan cod sebelum tidur juga dapat mempermudah proses produksi hormon melatonin  sehingga nantinya tidur anda akan lebih baik. Ikan tuna maupun salmon kaya akan kandungan triptofan yang nantinya akan memicu rasa kantuk serta membuat tidur anda lebih lelap.

1 comment for “Makanan Untuk Mencegah Masalah Insomnia

  1. Pingback: Fredrick

Comments are closed.