Makanan Untuk Mencegah Penyakit Ginjal

gambaran organ ginjal

gambaran organ ginjal

Seperti yang kita ketahui bersama sebelumnya, ginjal merupakan organ ekskresi dalam vertebrata yang bentuknya mirip seperti kacang. Organ ginjal adalah bagian dari sistem urin yang berfungsi untuk menyaring semua kotoran, khususnya urea dari dalam darah serta membuangnya dengan air dalam bentuk urin.

Sama seperti organ tubuh yang lainnya, ginjal juga bisa mengalami masalah yang dapat menganggu semua fungsinya.

Meskipun ginjal memiliki ukuran yang kecil, namun fungsinya sangat besar sekali. Selain untuk membuang semua racun dalam tubuh serta urea dalam darah, ginjal juga berfungsi untuk menghasilkan hormone, menjaga keseimbangan asam dan basa dalam tubuh serta masih banyak lagi.

Ada beberapa cara alami untuk mencegah terjadinya penyakit ginjal. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi berbagai jenis makanan sehat yang baik untuk ginjal. Berbagai jenis makanan untuk mencegah penyakit jantung, meliputi:

  • Bawang putih

Bawang putih merupakan salah satu dari begitu banyak makanan super yang kaya akan antioksidan. Mengkonsumsi bawang putih akan membantu pembuangan berbagai racun serta senyawa-senyawa lain yang berbahaya dalam tubuh kita. Bawang putih juga mampu mengurangi kolesterol jahat serta berbagai peradangan yang terjadi dalam tubuh. Selain itu, bawang putih juga bersifat antipembekuan sehingga baik untuk mencegah pembekuan darah serta mengurnagi resiko penyakit jantung.

  • Paprika
paprika

paprika

Paprika khususnya yang berwarna merah sangat baik untuk mencegah penyakit ginjal serta menjaga organ ginjal tetap dalam keadaan sehat. Paprika rendah kalium, namun kaya akan vitamin A, B6, C, asam folat dan juga serat yang nantikan akan diperlukan untuk menjaga kesehatan organ ginjal serta menjauhkan kita dari berbagai penyakit, termasuk kanker.

  • Minyak zaitun

Minyak zaitun merupakan sumber asam oleat yang merupakan asam lemak bersifat antiinflamasi. Lemak tak jenuh tunggal dalam minyak zaitun akan melindungi sel-sel dalam tubuh kita terhadap efek dari stress oksidasi. Selain itu, minyak zaitun juga kaya akan polifenol serta berbagai senyawa yang bersifat antioksidan yang juga memiliki kemampuan untuk mencegah peradangan dalam tubuh kita.

  • Berries

Berbagai jenis buah keluarga berries, seperti strawberry, blueberry, blackberry maupun raspberry merupakan jenis makanan yang kaya akan vitamin C. Selain itu, berbagai jenis buah berries juga memiliki sifat antiinflamasi yang mampu mengurangi peradangan yang terjadi di kandung kemih serta mampu meningkatkan fungsi dari kandung kemih sehingga ginjal tidak bekerja terlalu berat.

  • Ikan

Berbagai jenis ikan, khususnya yang mengandung asam lemak omega 3, seperti salmon, makarel, maupun herring juga dapat dikonsumsi untuk mencegah penyakit ginjal. Omega 3 sangat baik untuk mengurangi peradangan, meningkatkan daya tahan tubuh serta menyehatkan sel-sel dalam tubuh.

  • Putih telur

Putih terlu termasuk makanan yang kaya akan protein murni serta bebagai asam amino esensial. Putih telur akan memberikan protein yang rendah fosfor, jika dibandingkan dengan daging maupun kuning telur. Protein murni serta berbagai asam amino esensial dari putih telur nantinya akan ikut menjaga kesehatan organ ginjal.

  • Kecambah
kecambah

kecambah

Kecambah sangat baik untuk menjaga organ ginjal tetap sehat. Mengkonsumsi kecambah yang masih dalam keadaan segar akan membantu membersihkan organ ginjal dari berbagai racun serta mengurangi kemungkinan terjadinya batu ginjal.

  • Apel

Apel juga baik untuk menjaga kesehatan organ ginjal anda. Apel mampu menjadi bahan alami untuk detoksifikasi serta membersihkan ginjal dari berbagai racun yang berbahaya. Selain apel, anda juga bisa mengkonsumsi buah pir, kiwi, maupun anggur.

  • Kubis

Mengkonsumsi kubis akan membantu dalam hal meningkatkan kemampuan atau fungsi dari organ ginjal. Maka dari itu, sejak jaman dahulu kubis sudah digunakan sebagai obat alami untuk menyehatkan serta memperbaiki organ ginjal.

  • Bawang merah

Mengkonsumsi bawang merah mampu menyembuhkan gejala batu ginjal secara alami. Bawang merah juga merupakan salah satu jenis makanan penawar racun sehingga baik untuk membersihkan segala racun yang terkandung dalam ginjal.

  • Ceri

Ceri merupakan buah yang rendah protein namun kaya akan vitamin dan mineral. Ceri baik untuk kesehatan karena mengandung kalium yang nantinya akan melancarkan peredaran darah serta ikut meningkatkan kesehatan ginjal.