Makanan Yang Baik Untuk Mengendalikan Penyakit Diabetes

gejala diabetes

gejala diabetes

Diabetes sejatinya merupakan suatu penyakit yang terjadi pada system metabolism tubuh, yang mengakibatkan seseorang memiliki kadar gula yang tinggi dalam darahnya.

Lebih dari 383 juta orang di seluruh dunia mengidap penyakit diabetes dan kasusnya justru semakin lama semakin meningkat setiap tahunnya. Diabetes disebut juga dengan nama diabetes mellitus. Ada dua jenis penyakit diabetes, yaitu:

Diabetes tipe 1, berarti orang tersebut tidak mampu memproduksi insulin, yang merupakan hormone yang bertugas untuk menyerap gula dalam darah menuju ke sel-sel dalam jaringan lemak serta otot rangka. Terlalu banyak gula dalam darah mampu menyebabkan rasa lapar dan haus yang nantinya memicu obesitas, meningkatkan buang air kecil serta masalah serius lainnya, seperti gagal ginjal, gangguan jantung, kerusakan penglihatan, bahkan kematian mendadak.

Diabetes tipe 2, merupakan yang sering terjadi karena gaya hidup dan bukan disebabkan oleh kesalahan metabolism tubuh. Diabetes tipe 2 berarti bahwa tubuh kita tidak mampu memanfaatkan insulin yang diproduksi oleh pancreas. Hal seperti mampu menyebabkan kadar gula darah tidak stabil, sehingga sangat berbahaya bagi kesehatan kita.

Diabetes merupakan penyakit yang tidak dapat diobati, namun obat-obat yang ada dipasaran untuk diabetes kebanyakan bertujuan untuk memantau serta mengendalikan kadar gula dalam darah saja.

Sebenarnya ada banyak cara untuk mengelola penyakit diabetes. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat yang nantinya akan membuat tubuh menjadi lebih sehat. Beberapa jenis makanan yang baik untuk mengendalikan diabetes, adalah:

  • Sayuran hijau
sayuran hijau

sayuran hijau

Semua jenis sayuran hijau, seperti bayam, brokoli, kale, sawi dan lain sebagainya merupakan makananan yang baik untuk mengendalikan diabetes. Sayuran merupakan makanan yang rendah kalori dan karbohidrat, serta kaya akan antioksidan. Ada sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa orang yang rajin makan sayuran hijau mampu menurunkan resiko terserang diabetes tipe 2 sebanyak 14%.

  • Cokelat hitam

Cokelat hitam kaya akan kandungan flavonoid serta senyawa bersifat antioksidan lainnya yang mampu mengurangi terjadinya resistensi insulin serta meningkatkan sensitivitas insulin. Bahkan mengkonsumsi cokleat hitam juga ikut mengurangi kolesterol, sehingga mengurangi masalah pada tekanan darah sekaligus menjaga kesehatan jantung.

  • Kacang-kacangan

Kandungan serat yang ada di dalam kacang-kacangan merupakan komponen yang penting dalam menyerap gula berlebihan dalam tubuh. Selain itu, kandungan serat dalam kacang-kacangan juga mampu menurunkan resiko stroke serta mampu mengatur pelepasan insulin dalam tubuh.

  • Bawang putih

Masih belum ada mekanisme yang jelas tentang bawang putih untuk mengendalikan penyakit diabetes. Namun,  mengkonsumsi bawang putih mampu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh, mengurangi terjadinya pembekuan darah, mengurangi resiko stroke serta menurunkan tekanan darah. Umumnya hal tersebut merupakan komplikasi dari penyakit diabetes.

  • Ikan

Mengkonsumsi ikan akan memberikan omega 3 yang baik sekali untuk mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Selain mengandung omega 3, ikan juga mengandung protein yang baik bagi kesehatan tubuh kita. Kombinasi antara omega 3 dengan protein mampu memperlambat penyerapan karbohidrat dalam tubuh, sehingga kadar gula dalam darah kita akan tetap stabil.

  • Blueberry
blueberry

blueberry

Blueberry merupakan slaah satu jenis buah yang kaya akan antioksidan. Selain itu, bluberry juga mengandung anthocyanin dalam jumlah yang sangat banyak. Anthocyanin mampu menurunkan resiko terjadinya diabetes tipe 2 sebanyak 22%.

  • Putih telur

Putih telur merupakan salah satu jenis makanan sehat yang baik untuk mengendalikan diabetes. Putih telur mengandung protein tanpa lemak dan memiliki kadar karbohidrat yang sangat rendah. Hal ini nantinya akan membuat kadar gula dalam darah anda menjadi lebih stabil dan akan mencegah terjadinya diabetes tipe 2.

  • Oatmeal

Oatmeal kaya akan kandungan serat larut dan mengurangi rasa lapar yang berlebihan. Selain itu, oatmeal juga mampu memblokir penyerapan karbohidrat, sehingga membuat kadar gula dalam darah anda tetap stabil. berbagai nutrisi dalam oatmeal juga mampu menurunkan resiko penyakit kardiovaskular serta kolesterol tinggi, yang sangat berbahaya bagi orang-orang yang mengidap diabetes.

  • Tomat

Tomat kaya akan karotenoid serta flavonoid yang bekerja sebagai agen antiinflamasi serta antioksidan alami dalam tubuh. Kedua senyawa tersebut mampu menurunkan resiko penyakit kronis, mempebaiki kondisi jantung, memperbaiki kadar kolesterol dan mengurangi gangguan yang dapat menyebabkan munculnya penyakit diabetes.

  • Yoghurt tanpa lemak

Yoghurt tanpa lemak merupakan jenis makanan yang kaya akan protein dan rendah lemak. Hal ini nantinya akan ikut menurunkan penyerapan gula dalam tubuh kita. Yoghurt tanpa lemak juga mengandung kalsium yang nantinya juga ikut mencegah terjadinya diabetes tipe 2.

  • Quinoa

Quinoa merupakan serealia yang kaya akan protein dan juga serat yang baik untuk kesehatan. Mengkonsumsi quinoa mampu meningkatkan sensitivitas insulin serta mengatur penyerapan karbohidrat dalam tubuh, yang nantinya akan membuat kadar gula dalam darah pengidap diabetes tetap stabil.

  • Bawang merah
bawang merah cincang

bawang merah cincang

Berbagai senyawa yang terkandung dalam bawang merah, seperti quercetin, capsaicin serta flavonoid merupakan senyawa yang juga bersifat antioksidan yang sangat kuat. selain dapat digunakan untuk mencegah kanker dan dapat meningkatkan kesehatan jantung, mengkonsumsi bawang merah juga mampu mengurangi kemungkinan terjadinya penyakit kronis lainnya, seperti diabetes.

  • Almond

Almond kaya akan magnesium serta lemak tak jenuh tunggal yang nantinya akan ikut berperan dalam mengatur metabolism karbohidrat. Dalam sebuah penelitian telah ditemukan bahwa mengkonsumsi makanan yang kaya akan magnesium, seperti almond, mampu menurunkan resiko mengalami diabetes tipe 2 sebanyak 30%.

  • Minyak zaitun

Mengganti mentega maupun minyak biasa dengan minyak zaitun mampu mencegah perkembangan penyakit diabetes sebanyak 50%. Minyak zaitun juga kaya akan antioksidan dan lemak tak jenuh tunggal yang nantinya akan ikut berperan dalam mengurangi penyakit jantung serta mengurangi kadar kolesterol jahat, yang merupakan komplikasi dari penyakit diabetes.

  • Ubi jalar

Mengkonsumsi ubi jalar mampu mengurangi kadar gula dalam darah. ubi jalar juga mengandung anthosyanin dan antioksidan yang mampu mencegah terjadinya penyakit kronis, seperti menyakit jantung coroner maupun kanker. Umumnya penyakit jantung coroner disebabkan oleh adanya penyakit diabetes.