Makanan Yang Buruk Dan Baik Untuk Otak

organ otak

organ otak

Berbagai jenis makanan, seperti teh hijau, biji-bijian serta blueberry, merupakan jenis makanan yang telah dikenal dan terbukti secara medis baik untuk organ otak.

Selain ada jenis makanan yang baik untuk otak, ada juga beberapa jenis makanan yang buruk untuk organ otak.

Ada penelitian yang menunjukkan dengan pasti bahwa beberapa jenis makanan tertentu akan berpotensi untuk menurunkan daya ingat maupun kinerja dari organ otak.

Beberapa jenis makanan yang buruk untuk organ otak kita, meliputi:

  • Putih telur

Putih telur memang sehat karena mengandung protein yang tinggi. Namun, bila anda hanya mengkonsumsi bagian putih telur tanpa disertai dengan bagian kuning telur, maka anda akan kehilangan berbagai nutrisi penting bagi tubuh anda. Bila anda tidak menyertakan bagian kuning telur anda akan mengalami kekurangan kolin.

Menurut sebuah studi yang dimasukkan dalam jurnal kesehatan American Journal of Clinical Nutrition, menyatakan bahwa orang dewasa yang mengkonsumsi cukup kolin dari makanan yang dikonsumsi cenderung memiliki kemampuan visual serta verbal  yang lebih baik jika dibandingkan dengan orang dewasa yang kurang asupan kolin.

  • Agave
pemanis dari agave

pemanis dari agave

Agave merupakan sejenis pemanis buatan yang mengandung kadar fruktosa tinggi. Maka dari itu, agave terasa lebih manis jika dibandingkan dengan gula pasir. Namun, rasa manis tersebut berasal dari fruktosa yang tinggi sehingga dapat mengurangi fungsi organ otak.

Ada sebuah studi yang dilakukan di California pada tikus. Dalam penelitian tersebut terungkap bahwa fruktosa mampu melemahkan pergerakan serta daya ingat pada tikus. Tikus-tikus yang diberi makanan tinggi fruktosa bergerak lamban serta memiliki kemampuan daya ingat yang lebih rendah.

  • Tuna

Ikan tuna memang sangat menyehatkan sebab mengandung banyak omega 3. Namun, ikan tuna juga mengandung logam berat yang dapat menghambat kerja otak yaitu merkuri.

Ada sebuah penelitian yang menyatakan bahwa, orang-orang yang gemar makan ikan tuna memiliki kadar merkuri tinggi pada aliran darahnya.  Selain itu, tingginya kadar merkuri akan membuat daya ingat menurun sebanyak 5%. Untuk mencegah kelebihan merkuri, sebaiknya konsumsi sarden serta salmon.

  • Popcorn

Popcorn terutama yang diproses dengan menggunakan mikrowave mengandung banyak lemak trans. Lemak trans sangat berbahaya bagi jantung sebab dapat meningkatkan lapisan serta menyebabkan peradangan pada pembuluh darah sehingga menyebabkan aterosklerosis.

Ada sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2001 yang menyatakan bahwa, orang-orang lanjut usia yang memiliki pola makan kaya lemak trans memiliki kemampuan daya ingat yang rendah serta ukuran otaknya menjadi lebih kecil daripada orang yang pola makannya biasa.

  • Cemilan

Cemilan seperti keripik maupun biskuit ternyata juga dapat menurunkan kemampuan daya ingat  serta menyebabkan kurang konsentrasi. Sebab, camilan seperti ini mengandung banyak sekali lemak yang menyebabkan kelelahan dan menjadi kurang waspada.

  • Gula

Mengkonsumsi gula terlalu berlebihan dalam jangka waktu yang lama akan merusak daya ingat. Selain itu, anak-anak yang kelebihan konsumsi gula mengalami kesulitan untuk berkonsentrasi saat belajar.

  • Gorengan

Gorengan maupun makanan apapun yang diolah dengan cara di goreng kering mengandung banyak senyawa yang berbahaya bagi kesehatan tubuh serta dapat merusak fungsi organ otak. Konsumsi gorengan maupun makanan yang digoreng kering dalam jangka waktu yang lama akan memicu terjadinya kerusakan pada sel saraf.

  • Junk food

burger dan kentang gorengJunk food kaya akan lemak sehingga tidak saja berbahaya bagi tubuh kita, tapi juga sangat berbahaya bagi otak. Telalu banyak mengkonsumsi junk food membuat seseorang tidak bisa berkonsentrasi, cepat mengalami depresi serta mengalami kecemasan yang berlebihan.

  • Garam

Sebisa mungkin jangan mengkonsumsi garam secra berlebihan. Konsumsi garam secaa berlebihan dapat membahayakan jantung dan juga dpat merusak kerja otak. Organ otak tidak dapat untuk mengingat maupun berpikir, bila kita terlalu banyak mengkonsumsi garam.

Kecerdasan otak merupakan hal yang kompleks, sehingga tidak bisa ditentukan oleh satu atau dua faktor saja. Namun, kita masih bisa memaksimalkan kerja otak kita untuk memperoleh tingkat kecerdasan yang lebih maksimal.

Salah satu cara terbaik untuk menjaga fugnsi dari organ otak adalah dengan memberikan berbagai nutrisi yang baik. Cra seperti ini juga berlaku untuk menjaga kesehatan syaraf

Untuk mengoptimalkan kecerdasan kta perlu mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang baik untuk otak. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang baik untuk otak:

  • Makanan rendah lemak

Mengkonsumsi makanan yang rendah lemak maupun mengkonsumsi daging tanpa lemak akan sangat baik sekali untuk mengoptimalkan organ otak.

Daging rendah lemak merupakan sumber dari karnitin serta asam amino yang penting sekali untuk perkembangan saraf. Lemak masih dibutuhkan oleh tubuh kita untuk dirubah menjadi energi.

  • Gandum

Berbagai produk gandum utuh seperti sereal maupun roti tidak saja mengandung karbohidrat serta serat pangan alami. Selain itu juga mengandung lesitin yang sangat diperlukan oleh otak untuk membentuk asetikolin.

  • Kacang-kacangan
kacang-kacangan

kacang-kacangan

Kacang-kacangan kaya akan lemak tak jenuh serta mengandung lesitin. Lesitin berguna untuk pembentukan asetikolin. Asetikolin berfungsi sebagai neurotransmitter yang penting sekali untuk menunjang kecerdasan seseorang.

  • Makanan kaya vitamin

Makanan kaya vitamin seperti vitamin B kompleks, vitamin C maupun vitamin E sangat bagus sekali untuk menunjang kecerdasan otak. Bebagai vitamin tersebut terkandung dalam berbagai jenis sayuran dan buah-buahan. Berbagai vitamin tersebut akan melindungi kesehatan tubuh serta kesehatan organ otak.