Makanan Yang Dapat Meningkatkan Konsentrasi Dan Daya Ingat

coklat batangan dan kacang

coklat batangan dan kacang

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di dalam jurnal Hypertension telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi coklat setiap hari, dalam jumlah yang tidak terlalu banyak tentunya, dapat meningkatkan konsentrasi serta kemampuan berpikir pada orang-orang yang memiliki masalah pada sistem kognitif atau masalah pada proses berpikir.

Para peneliti memasukkan beberapa orang responden lanjut usia sebagai objek penelitian. Para responden tersebut diminta untuk mengkonsumsi coklat yang mangandung flavonoid dalam jumlah tertentu, yaitu, sedikit, sedang serta banyak setiap hari selama dua bulan.

Dan ternyata asupan coklat terbukti dapat meningkatkan kemampuan berpikir serta meningkatkan konsentrasi pada orang-orang lanjut usia tadi. Bahkan, semakin tinggi kadar flavonoid yang diterima oleh mereka maka kemampuan berpikir dan daya ingatnya semakin meningkat.

Para responden lanjut usia tersebut memang memiliki kesulitan dalam hal berpikir sehingga mereka kesulitan untuk mengingat seperti yang umum dialami oleh para lansia. Selain itu berfungsi untuk meningkatkan konsentrasi dan daya ingat, flavonol juga dapat menstabilkan tekanan darah serta mengatasi kurangnya hormon insulin.

sereal dari gandum

sereal dari gandum

“Masih belum jelas manfaat coklat behubungan dengan konsentrasi  secara langsung atau bisa juga karena pengaruh dari coklat terhadap fungsi dari kardiovaskular” kata Dr. Giovamabttista Desideri, pemimpin dari penelitian tersebut.

Para responden dalam penelitian tersebut terlihat menunjukkan kemajuan yang cukup baik dalam hal memproses informasi serta dalam hal merespon berbagai informasi.

Flavonol merupakan salah satu bentuk turunan dari zat flavonoid. Unsur flavonoid serta flavonol dapat terdapat pada bahan alami seperti buah, sayuran, kacang-kacangan serta biji-bijian.

Flavonol banyak ditemukan pada buah seperti apel, anggur merah serta pada daun teh. Selain flavonoid dan flavonol, coklat juga mengandung theobromin yang kemungkinan ikut berperan dalam meningkatkan daya ingat dan konsetrasi.

Falvonoid, flavonol serta theobromin memiliki cara kerja yang hampir sama seperti kafein yaitu merangsang hormon adrenalin, meningkatkan kerja jantung serta memberikan pasokan oksoigen dalam jumlah yang lebih banyak ke sel-sel tubuh serta otak.

Sebanyak 6 % dari orang yang berusia 70 ke atas, sering kali mengalami masalah seperti penurunan konsentrasi dan daya ingat. Dan masalah seperti ini nantinya akan mengarah ke penyakit Alzheimer serta demensia.

kacang-kacangan

kacang-kacangan

Masalah-masalah seperti  lelah dalam berpikir serta kepikunan akan semakin berat dengan bertambahnya usia seseorang. Maka dari itu, penemuan zat-zat yang dapat meningkatkan kemampuan dalam berpikir dan daya ingat akan sangat dibutuhkan untuk mencegah penyakit Alzheimer san demensia.

Selain coklat ada juga beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan konsentrasi dan daya ingat kita, meliputi:

  • Minyak ikan

Minyak ikan mengandung omega 3 yang dapat ditemukan pada bahan makanan seperti salmon, makarel, tuna serta ikan laut lainnya. Selain mengandung omega 3 minyak ikan juga mengandung DHA serta yodium yang bagus untuk menjaga kesehatan sel-sel syaraf otak serta membantu ketajaman daya ingat.

  • Gandum

Makanan yang terbuat dari gandum seperti roti gandum, sereal serta pasta gandum mengandung vitamin B6 dan B12 yang dapat meningkatkan konsentrasi dan daya ingat kita. Selain itu, gandum rendah lemak sehingga baik untuk kesehatan tubuh kita termasuk dapat menjaga kesehatan jantung.

  • Brokoli

Brokoli kaya akan vitamin K yang dapat meningkatkan fungsi otak serta daya pikir dan juga dapat menjaga kesehatan sel-sel otak.

  • Tomat

Tomat mengandung banyak vitamin dan mineral yang juga dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan daya ingat kita. Tomat mengandung likopen serta antioksidan yang mampu melindungi tubuh dan otak dari kerusakan yang diakibatkan oleh adanya radikal bebas yang menumpuk dalam tubuh karena faktor umur.

  • Kacang-kacangan

Kacang-kacangan juga dapat membantu untuk menjaga sel-sel otak serta mengandung lemak yang baik bagi tubuh kita. Kacang-kacangan mengandung vitamin E yang dapat menjauhkan kita dari penyakit jantung serta dapat memperbaiki konsentrasi dan daya ingat kita.

  • Anggur

Buah anggur mengandung banyak vitamin C yang dapan meningkatkan daya tahan dan meningkatkan kemampuan otak dalam berpikir.

  • Kuaci

Kuaci buah labu dan kuaci bunga matahari merupakan makanan yang kaya akan zinc. Zinc sangat baik untuk membantu daya ingat serta meningkatkan kemampuan dalam berpikir.