Makanan Yang Harus Dihindari Bila Mengidap Arthritis

arthritis

arthritis

Arthritis, atau biasa disebut dengan nama nyeri sendi merupakan gangguan kesehatan yang dapat membuat persendian anda terasa nyeri serta meradang. Tentunya kondisi seperti ini akan sangat mengganggu aktivitas anda sehari-hari.

Arthritis disebabkan oleh karena adanya gangguan autoimun atau antibodi yang diproduksi oleh tubuh. Gangguan terjadi karena antibodi tidak mampu mengenali yang mana virus atau bakteri dengan sel-sel tubuh sendiri.

Kurang gizi, infeksi bakteri, paparan alergen, maupun virus yang menyerang persendian juga dapat menyebabkan arthritis.

Bila anda mengidap penyakit arthritis, sebaiknya anda menghindari jenis makanan yang mampu memperparah kondisi arthritis. Beberapa jenis makanan yang harus dihindari bila and amengidap arthritis, adalah:

  • Gula

Mengkonsumsi gula akan memperparah kondisi arthritis anda, sebab gula dapat menyebabkan terjadinya peningkatan toksin atau racun dalam tubuh yang disebut Advanced Glycation End product disingkat AGE. AGE mampu merusak protein tertentu di dalam tubuh kita. Kerusakan pada protein tertentu dalam tubuh memperparah kondisi arthritis.

  • Karbohidrat olahan

Sama seperti gula, karbohidrat olahan juga dapat merusak protein tertentu dalam tubuh yang nantinya akan memperparah kondisi penyakit arthritis yang anda alami.

  • Daging merah
daging merah

daging merah

Daging merah banyak mengandung zat besi. Selain mengandung zat besi, daging merah juga mengandung lemak. Pengidap arthritis sebaiknya menghindari makanan yang berlemak seperti daging merah, karena nantinya justru akan meracuni serta memperburuk keadaan arthritis. Selain itu, daging merah juga kaya akan fosfor. Semakin banyak konsumsi daging merah, maka semakin tinggi kadar fosfor dalam tubuh anda. Fosfor mampu menyedot kalsium dari tulang-tulang anda.

  • Gorengan

Mengkonsumsi makanan yang digoreng mampu memperparah kondisi arthritis dalam dua bentuk. Bentuk pertama, gorengan mampu memperparah peradangan. Sedangkan bentuk kedua, gorengan akan meningkatkan berat badan anda. Berat badan yang semakin meningkat akan memberikan semakin banyak tekanan pada sendi.

  • Garam

Kadar garam yang terlalu berlebihan dalam tubuh mampu memperparah peradangan yang disebabkan oleh arthritis. Maka dari itu, sebaiknya hindari makanan kemasna maupun makanan olahan yang mengandung banyak garam.

  • Alcohol

Selain dapat menyebabkan kehilangan kesadaran, alcohol juga mampu memperparah keadaan arthritis. Karena selain dapat meningkatkan peradangan, alcohol juga mampu mengacaukan sel-sel tubuh. Alcohol juga mampu mengganggu proses penyerapan kalsium pada tulang, sehingga nantinya justru akan menyebabkan kerapuhan tulang.

  • Gluten

Gluten merupakan protein yang banyak terkandung dalam biji-bijian, gandum maupun produk turunan gandum. Bila anda mengidap arthritis, sebaiknya hindari makanan yang yang mengandung gluten karena dapat memperparah kondisi penyakit anda.

  • Tomat

Tomat merupakan salah satu makanan sehat, namun tidak baik bagi pengidap arthritis. Biji tomat disinyalir mengandung banyak purin. Penumpukan purin dalam persendian nantinya akan menyebabkan terjadinya arthritis pada orang yang normal. Sedangkan pada seseorang yang sudah mengidap arthritis, mengkonsumsi tomat akan memperparah persendiannya.

  • Susu dan produk olahan susu
produk olahan susu

produk olahan susu

Susu disinyalir juga mengandung purin dalam jumlah yang cukup tinggi. Selain itu, kandungan protein dalam susu mampu mengacaukan bahkan merusak antibody yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari peradangan maupun penyakit.  Maka dari itu, sebaiknya hindarilah susu dan produk olahan susu bila anda mengidap arthritis.

  • Seafood

Mengkonsumsi ikan, seperti salmon dna ikan lainnya masih diperbolehkan. Namun sebaiknya hindarilah mengkonsumsi kerang, tiram, udang maupun kepiting. Jenis makanan tersebut mengandung purin dalam jumlah tinggi yang nanti akan mengendap dalam persendian.

  • Kafein

Sebaiknya hindari konsumsi kafein bila anda mengidap arthritis. Kafein mampu membuat tubuh kita mengalami dehidrasi. Dehidrasi atau kekurangan cairan akan memperburuk rasa sakit pada persendian. Karena cairan juga berfungsi sebagai pelumas pada persendian. Selain itu, kafein juga mampu menguras nutrisi-nutrisi penting bagi tubuh kita sehingga kita menjadi lebih rentan mengalami rasa sakit pada tubuh maupun persendian.