Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Maag

Di bulan Ramadhan umat muslim yang telah dewasa memiliki kewajiban untuk melaksanakan ritual puasa, dimana bagi sebagian besar umat muslim yang lainnya bulan ini dirasakan memiliki makna yang berbeda jika dibandingkan dengan bulan yang lain.

Namun sayangnya tidak semua umat muslim memiliki kondisi tubuh yang sehat dan kuat untuk melaksanakan ibadah puasa, misalnya bagi mereka yang memiliki penyakit maag.

Mereka yang memiliki penyakit maag pasti akan menghadapi dilema dimana di satu sisi mereka ingin melaksanakan kewajiban puasa namun di sisi yang lain kondisi kesehatan mereka tidak mendukung.

Tentu saja hal ini dikarenakan penderita maag memiliki pantangan utama yang berat yaitu perut tidak boleh kosong dan tidak boleh telat makan.

Bila pantangan tersebut dilanggar maka tentu saja penderita akan segera menerima akibatnya yaitu penyakit maagnya akan segera kambuh.

Padahal lamanya puasa untuk menahan lapar dan haus harus dilakukan setidaknya selama sekitar 14 jam dalam setiap hari.

Dalam berbagai penelitian yang dilakukan, bisa diambil kesimpulan bahwa sebenarnya penderita maag disarankan untuk melaksanakan puasa.

Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Maag

Akan tetapi bagi penderita maag dengan kondisi maag yang organik memang sudah seharusnya untuk dilarang melaksanakan puasa.

Sedangkan dispepsia atau penyakit maag pada dasarnya bisa dibedakan menjadi dua bagian yakni dispepsia organik dan dispepsia fungsional.

Dispepsia organik atau yang lebih kita kenal sebagai penyakit maag adalah jenis penyakit dimana terjadinya kondisi ketidaknormalan pada bagian dalam lambung seperti misal GERD, tukak usus dua belas jari, kanker lambung dan sebagainya.

Sedangkan penyakit maag fungsional situasinya justru bisa semakin membaik bila dibawa berpuasa.

Walaupun pada kenyataannya penderita maag diperbolehkan untuk melakukan puasa namun ada kalanya tetap saja ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari dan bahkan sebagian diantaranya tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi sama sekali.

Apa saja makanan yang dimaksud yang harus dihindari oleh penderita maag ketika berpuasa ?

Berikut ini adalah Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Maag diantaranya :

  • Susu Full Cream susu full krim

Bila selama ini anda memiliki riwayat penyakit maag maka disarankan ketika anda akan melaksanakan puasa anda harus menghindari mengonsumsi susu full cream baik ketika buka puasa ataupun pada saat sahur.

Hal ini dikarenakan lambung anda akan merasa kesulitan untuk mencerna minuman susu full cream dan jika anda memaksakan diri untuk mengonsumsinya maka dampaknya adalah perut anda akan menjadi kembung dan timbul rasa tidak nyaman pada perut.

Kondisi ini bisa memicu maag anda untuk kambuh dan selain harus menghindari susu full cream, anda juga harus menghindari jenis minuman yang mengandung soda dan kafein.

 

  • Makanan yang Mengandung Gas

Salah satu jenis makanan yang harus dihindari oleh penderita maag adalah  makanan yang bisa menimbulkan gas secara berlebihan.

Makanan yang bisa menimbulkan gas secara berlebihan bisa meningkatkan asam pada lambung dan dampaknya adalah perut anda akan menjadi sakit atau terasa perih pada lambung.

Contoh bahan makanan yang bisa menimbulkan gas secara berlebihan adalah sayur sawi dan kol.

Kalaupun anda masih memaksakan diri untuk mengonsumsi makanan ini maka dampaknya adalah asam pada lambung anda akan mengalami peningkatan dan perut menjadi sakit.

Alangkah baiknya jika anda menghindari berbagai makanan tersebut selama berpuasa untuk mencegah meningkatnya asam pada lambung.

 

  • Jenis Buah Tertentu manfaat buah nanas untuk kesehatan

Pada umumnya buah memang sangat disarankan untuk dikonsumsi karena mengandung berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

Namun bagi penderita maag ada kalanya sebagian jenis buah tertentu justru harus dihindari untuk mencegah meningkatnya asam pada lambung.

Contoh buah yang bisa meningkatkan asam lambung adalah buah yang biasanya memiliki cita rasa masam (kecut) seperti buah belimbing wuluh, durian, mangga muda, belimbing dan nanas.

 

  • Makanan Bercita Rasa Pedas

Sudah menjadi rahasia umum jika penderita maag dilarang untuk mengonsumsi jenis makanan yang memiliki cita rasa yang pedas.

Jenis makanan yang pedas bisa membuat lambung anda menjadi teriritasi dan dampaknya bisa menimbulkan efek yang tidak nyaman pada perut.

Jenis makanan yang memiliki cita rasa yang pedas misalnya saos cabai, saos tomat, cabai, saos panas dan berbagai jenis makanan lain yang menggunakan bahan cabai ataupun merica.

 

  • Makanan Berat

Seperti yang kita ketahui, ketika menjalankan puasa kita tidak makan atau minum selama seharian.

Biasanya ketka buka puasa banyak orang yang balas dendam dengan mengkonsumsi makanan berlebih.

Bagi mereka penderita maag sangat tidak dianjurkan mengkonsumsi makanan berat ketika buka puasa.

Hal ini dilakukan agar lambung tidak bekerja dengan langsung atau mendadak dan jika lambung bekerja keras dengan mendadak, maka asam lambung pun akan ikut meningkat.

Jika dibiarkan dan tidak diatasi akan menyebabkan lambung terluka dan sistem pencernaan akan terganggu.

 

  • Makanan Mengandung Lemak Berlebih dampak-negatif-makan-gorengan

Menu makanan yang harus benar benar diindari oleh mereka penderita maag yaitu makanan yang mengandung minyak dan lemak berlebih.

Makanan mengandung lemak dan minyak berlebih akan sulit untuk dicerna dan jika dipaksakan maka lambung akan bekerja dengan keras dan jenis makanan berminyak yang harus dihindari misalnya gorengan, jeroan, cokelat dan kue tart.

 

  • Makanan Mengandung Alkohol

Beberapa makanan yang mengandung alkohol harus dihindari bagi mereka penderita maag.

Makanan beralkohol seperti tape ketan, tape singkong, manisan buah dan sayur sering disajikan ketika bulan puasa.

Rasanya memang sangat nikmat mengkonsumsi makanan tersebut ketika buka puasa.

Namun, tahukah anda bahwasanya makanan tersebut dapat menyebabkan naiknya asam lambung.

 

  • Daging Tinggi Lemak

Daging tinggi lemak dapat menyebabkan asam lambung naik dimana daging tinggi lemak yang dimaksud yaitu daging sapi dan daging kambing.

Jika mengkonsumsi daging tersebut, maka lemak akan mengendap di dalam perut. Yang mana keadaan ini akan meningkatkan resiko naiknya asam lambung.

Jika anda ingin mengkonsumsi daging tersebut memang sah-sah saja namun alangkah lebih baik jika anda membatasinya contohnya adalah hanya cukup mengonsumsinya sebanyak 1 kali dalam 1 minggu.