Makanan Yang kaya Akan Asam Folat

buah alpukat

buah alpukat

Setiap hari tubuh kita memerlukan kecukupan asupan nutrisi. Salah satunya adalah kebutuhan akan tercukupinya vitamin B9 atau yang lebih dikenal dengan sebutan asam folat. Asam folat sangat dibutuhkan oleh wanita yang sedang dalam masa kehamilan, karena asam folat ini nantinya akan sangat diperlukan untuk menjaga kehamilan agar tetap sehat, membatu perkembangan otak janin serta mencegah terjadinya cacat pada saat bayi berada dalam kandungan.

Wanita yang sedang hamil membutuhkan paling tidaK 400 – 600 mcg asam folat setiap harinya. Kurangnya kebutuhan akan vitamin B9 atau asam folat nantinya dapat menimbulkan berbagai masalah pada kesehatan, seperti anemia, sariawan, diare maupun bayi yang lahir akan cacat.

Untungnya, ada banyak sekali jenis makanan yan g banyak mengandung asam folat atau vitamin B9 yang ada disekitar kita. Berbagai makanan yang kaya akan asam folat,  adalah:

  • Alpukat

Alpukat mengandung berbagai macam nutrisi yang baik sekali untuk kesehatan, seperti vitamin K serta asam lemak yang berperan dalam mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh kita. Alpukat mengandung asam folat yang relatif tinggi yaitu mencapai 90 mcg atau sama dengan 22% kebutuhan tubuh akan asam folat.

  • Pepaya

Pepaya adalah buah yang mudah sekali kita jumpai di mana-mana. Pepaya juga mangandung asam folat yang tinggi sekali yaitu mencapai 115 mcg.

  • Jeruk
buah jeruk segar

buah jeruk segar

Selain mengandung vitamin C yang tinggi, jeruk juga mengandung asam folat. Satu buah jeruk umumnya mengandung sekitar 50 mcg asam folat. Dengan cara mengkonsumsi satu buah jeruk setiap hari maka kebutuhan akan vitamin C dan asam folat harian anda akan selalu tercukupi.

  • Strawberry

Strawberry merupakan buah yang cukup banyak digemari baik di Indonesia maupun di penujur dunia. Strawberry mengandung banyak vitamin dan mineral. Salah satu vitamin yang terkandung di dalam strawberry adalah asam folat yang mencapai sekitar 25 mcg.

  • Kentang

Kentang sebenarnya berasal dari Amerika Selatan, namun umbi yang satu ini cukup terkenal di mana-mana terlebih lagi di Eropa. Terlebih lagi setelah adanya menu berupa kentang goreng sebagai pelengkap makanan di restoran cepat saji. Ada banyak jenis dan warna dari kentang. Selain mengandung karbohidrat dan serat, kentang juga mengandung asam folat sebesar 30 mcg.

  • Jagung

Jagung juga memiliki kandungan asam folat yang cukup banyak. Dalam satu cangkir jagung rebus, mengandung sekitar 76 mcg yang setara dengan 20% kebutuhan asam folat harian yang anda butuhkan.

  • Bayam

Bayam merupakan sayuran yang sangat populer dan digemari di Indonesia. Bayam sering diolah menjadi berbagai macam menu makanan. Bayam mengandung banyak nutrisi yang bagus untuk tubuh kita. Bayam mengandung zat besi serta asam folat yang tinggi sekali. Satu cangkir bayam mengandung asam folat sebanyak 263 mcg.

  • Biji bunga matahari
biji bunga matahari

biji bunga matahari

Biji bunga matahari atau yang lazim disebut kuaci bisa diolah menjadi berbagai macam makanan. Ada yang dibuat menjadi susu, bubur maupun menjadi selai sebagai pengganti selai kacang. Seperempat cangkir biji bunga matahari mengandung asam folat sebanyak 82 mcg. Selain mengandung asam folat, biji bunga matahari juga mengandung serat yang baik untuk pencernaan.

  • Kacang hijau

Kacang hijau sangat bermanfaat untuk kesehatan kita. Manfaat dari kacang hijau untuk tubuh kita, adalah mengatasi rambut rontok, biang keringat bahkan dapat mengobati disentri. Satu cangkir kacang hijau mengandung asam folat sebanyak 101 mcg. Dengan cara mengkonsumsi kacang hari secara rutin maka kesehatan tubuh anda akan tetap terjaga dan kebutuhan akan asam folat harian akan selalu tercukupi.