Manfaat Buah Ara Untuk Kesehatan

manfaat buah ara untuk kesehatan

manfaat buah ara untuk kesehatan

Ara atau tin memiliki nama ilmiah Ficus carica L. Tumbuhan ara menghasilkan buah yang juga disebut dengan ara dan bisa dimakan. Ara sebenarnya berasal Asia Barat. Nama “Tin” diambil dari bahasa Arab, sedangkan dalam bahasa Inggris disebut Fig. Sebenarnya tumbuhan ini masih berkerabat dengan pohon beringin karena memiliki genus yang sama yaitu Ficus.

Ara tumbuh di daerah Asia Barat, mulai dari Pantai Balkan sampai ke Afganistan. Buah ara sudah dibudidayakan di mana-mana, seperti di Argentina, Amerika, Australia serta Cile.

Bunga ara tidak tampak karena tertutup oleh bagian dasar bunga, sehingga bentuknya mirip buah. Penyerbukan bunga ara dilakukan oleh tawon khusus, yang hanya bisa menyerbuki genus Ficus saja.

Buah ara adalah dasar bunga yang berbentuk bulat. Bentuk seperti ini merupakan bentuk khas pada semua anggota suku ara-araan atau Moraceae. Buahnya berwarna hijau dan nantinya akan berubah menjadi ungu saat sudah masak. Pohon ara mengeluarkan getah yang bisa membuat kulit iritasi.Buah ara bisa langsung dimakan, dikeringkan terlebih dahulu atau menjadi bahan pembuatan selai. Buah ara yang sudah dipetik harus segera dimanfaatkan karena sifatnya mudha rusak. Di Bengali buah ara sering diolah menjadi sayuran.

Buah ara kaya akan vitamin, mineral dan juga serat yang sangat penting bagi kesehatan. Buah ara banyak mengandung vitamin A, B1, dan B2. Sedangkan kandungan mineral pada buah ara, meliputi fosfor, kalsium, zat besi, natrium, kalium serta klorin.

 Ada begitu banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari mengkonsumsi buah ara, seperti:

  • Mencegah sembelit

Buah ara kaya akan serat alami yang baik untuk kesehatan. Tingginya serat dalam buah ara mampu menjaga kesehatan system pencernaan serta mencegah sembelit. Serat nantinya akan memperlancar gerak peristaltic pada usus, sehingga system pencernaan menjadi lebih lancar dan anda terhindar dari sembelit. Selain itu anda juga akan terhindar dari diare dan akan memperlancar proses buang air besar.

  • Memperbaiki berat badan
buah ara yang sudah dikeringkan

buah ara yang sudah dikeringkan

Kandungan serat dalam buah ara nantinya juga ikut membantu mengurangi berat badan, sehingga baik sekali untuk orang-orang yang mengalami kegemukan. Sayangnya, kandungan kalori dalam buah ara juga sangat tinggi, terlebih lagi bila dikonsumsi secara bersamaan dengan susu. Sebaiknya jangan mengkonsumsi buah ara secara berlebihan.

  • Menurunkan kolesterol

Buah ara juga mengandung pectin yang merupakan serat larut dalam air. Nantinya serat larut tersebut akan bergerak melalui system pencernaan dan mengikat kolesterol berlebihan menuju ke system eksresi. Karena buah ara sangat kaya akan serat, maka buah ini memiliki sifat pencahar yang baik sekali. Tingginya serat nantinya juga akan mencegah terjadinya kanker pada perut serta kanker usus besar.

  • Mencegah penyakit jantung coroner

Buah ara yang sudah dikeringkan mengandung fenol dan omega 3. Asam lemak omega 3 merupakan senyawa yang mampu mengurangi resiko penyakit jantung coroner. Selain itu, daun ara juga mampu mengurangi kadar trigliserida dalam tubuh kita. Trigliserida merupakan factor utama dari berbagai macam penyakit jantung.

  • Menyeimbangkan hormone

Kandungan serat dalam buah ara juga mampu menyeimbangkan hormone dalam tubuh manusia. Hal ini nantinya akan mencegah terjadinya kanker payudara setelah menopause pada wanita. Hormone dalam tubuh juga mampu mempengaruhi system kekebalan tubuh dan ikut mempengaruhi kemampuan antioksidan dalam melawan radikal bebas. Radikal bebas merupakan factor utama perkembangan kanker.

  • Baik untuk pengidap diabetes

Tingginya kadar serat dalam buah ara juga baik sekali bagi pengidap diabetes. Daun ara juga mampu mengurangi jumlah insulin yang sangat dibutuhkan oleh para pengidap diabetes yang memerlukan suntikan insulin. Kandungan kalium dalam buah ara juga mampu mengatur kadar gula dalam darah. Kadar kalium yang tinggi dalam tubuh mampu menstabilkan kadar gula dalam darah.

  • Mencegah hipertensi
buah ara

buah ara

Buah ara mengandung banyak kalium dan rendah sodium. Hal ini nantinya akan sangat baik sekali untuk mencegah terjadinya hipertensi. Kalium akan menenangkan pembuluh darah, sehingga tekanan darah anda akan selalu normal.

  • Memperbaiki gangguan pernapasan

Daun ara mengandung banyak komponen alami yang baik sekali untuk memperbaiki gangguan pernapasan. Minum the daun ara telah dilakukan sejak zaman dahulu untuk memeprbaiki gangguan pernapasan, seperti bronchitis. Selain itu, the daun ara juga baik sekali untuk mengurangi gejala asma.

  • Memperkuat tulang

Buah ara kaya akan kalsium. Kalsium merupakan komponan terpenting dalam memperkuat tulang. Tulang yang kuat akan mencegah terjadinya osteoporosis. Selain itu, buah ara juga kaya akan fosfor. Fosfor diperlukan untuk meningkatkan pembentukan serta pertumbuhan tulang yang normal. Sehingga tulang terlindungi dari kerusakan.

  • Memperbaiki mata

Orang-orang yang sudah lanjut usia umumnya rentan sekali mengalami degenerasi macula. Buah ara dapat dikonsumsi untuk membantu mengurangi gejala dari penuaan serta ikut memperbaiki kondisi mata anda, sehingga nantinya anda akan terhindar dari degenerasi macula maupun katarak.

  • Mengurangi sakit tenggorokan

Mengkonsumsi buah ara juga mampu mengurangi sakit tenggorokan. Buah ara memiliki sifat menenangkan. Mengkonsumsi buah ara segar maupun jus dari buah ara mampu mengurangi rasa sakit serta stress pada pita suara.

Meskipun buah ara memiliki banyak manfaat yang baik sekali untuk kesehatan, sebaiknya jangan dikonsumsi secara berlebihan. Mengkonsumsi buah ara secara berlebihan mampu menyebabkan diare.

Buah ara kering mengandung banyak sekali gula sehingga dapat merusak gigi. Bila anda mengidap alergi, sebaiknya jangan mengkonsumsi buah ara. Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter ahli sebelum menggunakan buah ara untuk menunjang kesehatan anda.