Manfaat Buah Kelengkeng Untuk Kesehatan

manfaat kelengkeng untuk kesehatan

manfaat kelengkeng untuk kesehatan

Kelengkeng memiliki nama ilmiah Dimocarpus longan. Kelengkeng merupakan salah satu musiman yang banyak digemari oleh masyarakat di Asia. Kelengkeng sebenarnya masih berkerabat dengan buah leci.

Buah kelengkeng memiliki rasa yang manis dan berair. Selain rasanya yang manis, ternyata buah kelengkeng jugadapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan manusia.

Kelengkeng mengandung banyak nutrisi yang baik sekali untuk kesehatan. Kelengkeng kaya akan vitamin A, B1, B2, B3 dan juga vitamin C. kandungan mineral yang terkandung dalam buah kelengkeng, meliputi kalsium, kalium, fosfor, magnesium, zat besi, mangan, dan zinc.

Karena rasanya yang manis, kelengkeng juga mengandung karbohidrat dan protein, namun rendah lemak dan kolesterol.

Ada begitu banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari mengkonsumsi buah kelengkeng untuk kesehatan tubuh kita, yaitu:

  • Antidepresan alami

Kelengkeng mampu menjaga kesehatan saraf, sehingga baik sekali untuk dijadikan sebagai obat antidepresan yang alami. Kelengkeng mampu memberikan efek tenang pada saraf dan ikut meningkatkan fungsi dari saraf. Bahkan kelengkeng juga mampu mengurangi tingkat emosi serta mengurangi kelelahan. Kelengkeng juga bisa digunakan untuk mencegah insomnia maupun masalah tidur lainnya.

  • Mempercepat penyembuhan luka

Karena kaya akan vitamin C, maka kelengkeng memiliki kemampuan dalam memeprcepat penyembuhan luka. Orang-orang di Asia juga percaya bahwa mengkonsumsi kelengkeng mampu memperpanjang umur. Kelengkeng juga mengandung polifenol yang memiliki kemampuan dalam memerangi radikal bebas dalam tubuh dan mencegah terjadinya kerusakan sel dalam tubuh. Hal ini nantinya juga akan memberikan dampak yang baik bagi kesehatan, yaitu mampu mencegah perkembangan kanker.

  • Memperbaiki sirkulasi darah

kelengkeng thumbMengkonsumsi kelengkeng juga akan memperbaiki sirkulasi darah dalam tubuh. Zat besi sangat dibutuhkan dalam proses pembuatan sel darah merah, dan kelengkeng termasuk buah yang mengandung zat besi. Hal ini nantinya akan memperbanyak sel darah merah dalam tubuh anda sekaligus mencegah terjadinya anemia.

  • Meningkatkan energy

Karena rasanya yang manis, buah kelengkeng juga bisa digunakan untuk meningkatkan energy. Bahkan orang-orang di Asia sering menggunakan buah kelengkeng sebagai bahan baku pembuatan tonik untuk meningkatkan energy. Selain dapat meningkatkan energy, tonik dari buah kelengkeng juga mampu meringankan masalah seperti insomnia, kecemasan dan juga meningkatkan fungsi kognitif.

  • Rendah kalori dan lemak

Meskipun rasanya manis, namun buah kelengkeng termasuk buah yang rendah kalori. Satu cangkir buah kelengkeng hanya memiliki 35 kalori, sehingga baik sekali untuk orang-orang yang sedang menjalani diet kalori.

  • Baik untuk kulit

Kelengkeng juga ikut menjaga kesehatan kulit karena adanya kandungan vitamin C. Kelengkeng mampu mencegah terjadinya penuaan dini, sehingga sering dianggap sebagai buah untuk memperpanjang umur. Mengkonsumsi kelengkeng akan membuat kulit anda menjadi sehat dan lebih halus.

  • Mengandung karbohidrat kompleks

Buah kelengkeng mengandung karbohidrat komplek, karena kaya akan serat pangan. Hal ini nantinya akan membuat anda merasa kenyang dalam waktu lebih lama. Selain itu nantinya juga akan menyediakan suplai energy yang cukup untuk melakukan berbagai aktivitas anda.

  • Meningkatkan kekebalan tubuh

Kelengkeng termasuk buah yang kaya akan vitamin C. Vitamin C diperlukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga anda tidak akan mudah terserang penyakit. Selain dapat meningkatkan kekebalan tubuh, vitamin C juga diperlukan dalam proses penyerapan zat besi dan juga dalam proses pembentukan kolagen. Kolagen diperlukan untuk memperbaiki kesehatan dan menjaga kelembaban kulit.

  • Menjaga kesehatan jantung

Mengkonsumsi kelengkeng akan ikut mengurangi stress dan kelelahan. Nantinya juga akan ikut meningkatkan kesehatan organ limpa dan hati. Kelengkeng mampu mengurangi kadar kolesterol dan juga meningkatkan sirkulasi darah. Hal seperti ini akan membuat organ jantung menjadi lebih lancar dalam memompa darah keseluruh tubuh.

  • Mengurangi masalah keringat berlebihan

Biji kelengkeng memiliki kemampuan dalam mengurangi masalah keringat berlebihan. Biji kelengkeng mengandung tannin, saponin dan lemak baik yang mampu memperbaiki jaringan tubuh. Selain dapat mengurangi masalah keringat berlebihan, biji kelengkeng juga mampu menghentikan pendarahan.

  • Penawar bisa ular

Ada titik berwarna putih atau disebut mata pada biji kelengkeng. Menekan bagian mata biji kelengkeng pada bagian kulit yang tergigit ular mampu menyerap racun dan juga mempercepat penyembuhan luka gigitan ular.

  • Menstabilkan suhu tubuh
buah kelengkeng

buah kelengkeng

Buah kelengkeng memiliki rasa yang manis. Dalam ilmu kesehatan China, buah yang manis memiliki kemampuan dalam meningkatkan suhu tubuh. Dengan mengkonsumsi buah kelengkeng, maka tubuh anda akan menjadi lebih hangat.

  • Mengurangi dehidrasi

Dehidrasi mampu memberikan banyak dampak buruk bagi kesehatan. Kelengkeng juga memiliki kadar air yang cukup tinggi. Anda bisa mengkonsumsi buah kelengkeng untuk menghilangkan rasa haus, sehingga anda akan terbebas dari bahaya dehidrasi.

  • Memperbaiki system pencernaan

Tingginya kandungan serat dan dan air dalam buah kelengkeng akan ikut melancarkan system pencernaan. System pencernaan yang selalu dalam keadaan sehat dan lancar akan membuat anda terbebas dari masalah, seperti sembelit, susah buang air besar, dan gangguan pencernaan lainnya.

  • Menyehatkan rambut

Kandungan saponin dalam biji kelengkeng juga bisa digunakan untuk menyehatkan rambut. Saponin akan masuk melalui kulit kepala dan menyehatkan akar rambut. Akar rambut yang sehat nantinya akan membuat rambut menjadi lebih sehat dan subur. Saat ini biji kelengkeng banyak dipakai dalam pembuatan shampoo herbal.

  • Detoksifikasi alami

Adanya kandungan antioksidan serta berbagai senyawa alami lainnya dalam kelengkeng dapat digunakan sebagai bahan detoksifikasi alami. Berbagai racun dalam tubuh anda akan dikeluarkan melalui urin, keringat maupun fesses.