Manfaat Dan Kandungan Daun Mint Untuk Kesehatan

permen mint

permen mint

Daun mint merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang cukup popular. Umumnya, daun mint digunakan sebagai bahan baku pembuatan minuman yang menyegarkan. Sebab, daun mint memiliki rasa alami yang mampu membuat segala macam minuman menjadi terasa dingin dan menyegarkan.

Daun mint adalah sebuah tanaman yang memiliki sensasi dingin serta aroma yang segar. Tanaman ini sangat unik, karena mint memiliki sensasi  rasa yang berbeda dengan tanaman lainnya. Yang sering dimanfaatkan pada tanaman mint adalah daunnya.

Daun mint sejak dulu sudah sering digunakan sebagai campuran rasa dalam masakan maupun minuman. Dengan semakin berkembangnya zaman, maka daun mint mulai dimanfaatkan dalam pembuatan berbagai macam barang, seperti pasta gigi, perasa untuk permen sampai obat kumur.

Sensasi dingin dari daun mint akan memberikan rasa nyaman serta membuat nafas menjadi lebih segar bila dimasukkan ke dalam pasta gigi. Selain itu, kandungan antiseptic dari daun mint merupakan anti bakteri yang alami sehingga daun mint dijadikan bahan obat kumur.

Tidak banyak yang tahu bahwa daun mint juga mampu memberikan banyak manfaat untuk menunjang kesehatan tubuh kita. Di dalam daun mint terkandung berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan, seperti vitamin A, B, C, D, serat, asam aspartate, gluttamico, alanine, karbohidrat serta protein. Namun, kita perlu berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter ahli sebelum menggunakan daun mint sebagai pengobatan alternative.

Berbagai manfaat dari daun mint untuk kesehatan kita, meliputi:

  • Menjaga kesehatan system pencernaan

Daun mint kaya akan kandungan antioksidan serta nutrisi tumbuhan atau fitonutrien yang mampu untuk menjaga kesehatan system pencernaan kita.

  • Meredakan nyeri otot

Daun mint memberikan efek anestesi yang baik untuk menenangkan system pencernaan, ketika kita konsumsi. Selain itu, daun mint juga bisa kita gunakan untuk minyak pijat. Menggunakan minyak daun mint disertai dengan teknik pijatan lembut akan meredakan nyeri otot serta dapat mengurangi rasa sakit.

Pastikan untuk mengencerkan minyak daun mint terlebih dahulu sebelum digunakan pada kulit karena bisa saja menyebabkan iritasi.

  • Melegakan pernapasan
teh daun mint

teh daun mint

Daun mint mengandung menthol, sehingga sering digunakan juga sebagai bahan baku obat flu yang banyak dijual dipasaran. Aroma menthol yang terdapat pada daun mint memiliki sifat antiinflamasi, sehingga nantinya akan membuka saluran pernapasan.

Selain itu, daun mint juga akan membantu mengobati infeksi akibat dari serangan bakteri. Karena daun mint memiliki sifat antibakteri. Daun mint akan melonggarkan bronkus bagi para pengidap asma sehingga akan melancarkan pernapasan. Untuk melegakan pernapasan anda bisa menghirup aroma daun mint secara langsung maupun meminum air rendaman daun mint.

  • Menyejukkan tubuh

Manfaat utama dari daun mint adalah menyejukkan tubuh dengan cara mengurangi kelebihan panas dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi air daun mint akan memberikan efek dingin pada tubuh bahkan mampu mengurangi efek panas karena sinar matahari yang terik dalam tubuh kita.

  • Menjaga kesehatan gigi dan mulut

Daun mint memiliki banyak kandungan yang bersifat antibakteri serta antiinflamasi di dalamnya. Kedua sifat yang baik ini akan membuat mulut anda tetap segar serta dapat mencegah terjadinya kerusakan pada gigi.

  • Meredakan batuk

Selain berguna untuk menyegarkan mulut, mengkonsumsi air daun mint juga dapat melegakan tenggorokan sehingga dapat meredakan batuk serta mengurangi dahak.

  • Mengurangi stress

Aroma daun mint yang segar serta kandungan antioksidannya yang kuat mampu mengurangi stress serta membuat tubuh dan pikiran anda menjadi lebih tenang.

  • Mengurangi rasa mual
air daun mint

air daun mint

Mengkonsumsi air daun mint sangat baik untuk orang yang sering mengalami mual. Aroma serta rasa menthol pada daun mint dapat meredakan rasa mual.

  • Meningkatkan daya tahan tubuh

Daun mint kaya akan kandungan vitamin dan mineral, seperti vitamin B kompleks, C, D, E, fosfor serta kalsium. Berbagai vitamin dan mineral tersebut akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh anda, sehingga anda akan terhindar dari berbagai macam penyakit.

  • Meringankan gejala maag

Berbagai gejala penyakit maag, seperti rasa panas pada bagian dada maupun mual akan berkurang setelah mengkonsumsi air daun mint. Daun mint memiliki sifat antispasmodic atau mencegah kejang pada saluran pencernaan yang bisa saja disebabkan oleh adanya diare, tukak lambung, gastritis dan lain sebagainya.

Namun, anda perlu tetap berhati-hati dalam mengkonsumsi air daun mint. Mengkonsumsi air daun mint dalam dosis yang terlalu besar justru semakin meperburuk gejala sakit maag. Untuk itu, minumlah air daun mint sebanyak 2 sampai 3 cangkir secara rutin. Dan jangan pernah menelan minyak daun mint murni secara langsung.

  • Mengurangi bau mulut

Rasa daun mint yang menyegarkan akan dapat mengurangi bau mulut yang tak sedap. Teh yang terbuat dari daun mint yang sudah dikeringkan maupun yang masih segar sangat efektif untuk mengurangi bau mulut yang tak sedap dengan cara mengurangi bakteri penyebab bau mulut. Selain itu, daun mint juga akan menjaga mulut anda tetap dalam kondisi lembab serta dapat merangsang produksi air liur.

1 comment for “Manfaat Dan Kandungan Daun Mint Untuk Kesehatan

  1. Pingback: stephen

Comments are closed.