Manfaat Dari Biji Chia Untuk Kesehatan

manfaat biji chia untuk kesehatan

manfaat biji chia untuk kesehatan

Biji chia memiliki bentuk yang hampir mirip dengan selasih. Biji chia adalah biji dari tanaman chia. Tanaman chia adalah tanaman asli dari Meksiko dan Guatemala. Tanaman chia memiliki nama ilmiah Salvia hispanica. Tanaman chia sebenarnya masih kerabat dekat tanaman mint atau Lamiaceae.

Biji chia hampir mirip dengan biji wijen. Bentuknya kecil, ada yang berwarna putih ada juga yang berwarna gelap. Biji chia sudah dikenal sejak jaman dahulu di Meksiko. Tanaman chia sudah dibudidayakan oleh orang-orang suku Aztec, Maya dan Inca.

Biji chia menjadi makanan pokok. Bahkan penduduk asli dari Amerika juga sudah membudidayakan tanaman chia. Dengan runtuhnya suku Aztec serta penurunan populasi penduduk asli di Wilayah Amerika Utara, maka penggunaan biji chia mulai berkurang.

Pada akhir abad ke 19 dan awal abad ke 20, jagung dan gandum menjadi pilihan utama sebagai makanan pokok, menggantikan biji chia. Hal ini berkaitan dengan wisatawan mampu penjajah dari Eropa yang  membawa bahan makanan kesukaannya, yaitu gandum, jagung, beras, kentang serta ubi jalar. Dengan adanya wisatawan maupun penjajah dari Eropa, maka penduduk asli Amerika mulai mengurangi konsumsi biji chia dan mengkonsumsi makanan yang baru.

Tanpa kita sadari, biji chia memiliki banyak sekali manfaat yang baik untuk menunjang kesehatan tubuh kita. Meneurt beberapa penelitian, biji chia mengandung karbohidrat, protein, lemak dan juga serat pangan. Selain biji chia juga mengandung vitamin B1, B2, B3, C dan juga vitamin E. Biji chia juga kaya akan mineral penting, seperti kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, selenium, sodium dan seng. Biji chia tidak mengandung kolesterol sama sekali.

Biji chia kaya akan antioksidan serta asam lemak omega 3. Berbagai senyawa dalam biji chia, seperti glikosida flavonol, asam klorogenat, asam caffeic, kaemferol, quercetin, myricetin dan asam linoleat. Berbagai senyawa yang bersifat antioksidan tersebut nantinya akan mengendalikan kadar radikal bebas dalam tubuh kita.

Dengan begitu banyaknya kandungan nutrisi yang baik, maka biji chia akan memberikan banyak manfaat untuk menunjang kesehatan kita, seperti:

  • Mengendalikan gula darah
bubur biji chia

bubur biji chia

Adanya kandungan zat pati dan karbohidrat dalam biji chia mampu mengendalikan kadar gula darah anda. Biji chia akan dicerna secara perlahan dalam perut kita. Jadi, gula darah akan tetap stabil. pengeluaran gula secara perlahan dalam aliran darah akan menjaga kadar gula tidak terlalu tinggi. Jadi, tubuh kita tidak akan memproduksi insulin dalam julah yang terlalu banyak.

  • Kaya akan omega 3

Biji chia kaya akan kandungan asam lemak omega 3. Asam lemak omega 3 merupakan lemak esensial yang diperlukan agar berbagai fungsi dari tubuh tetap bekerja dengan baik. asam lemak omega 3 juga ikut membantu dalam hal mengendalikan arthritis, osteoporosis, demensia karena usia lanjut, serta kelelahan kronis.

  • Kaya akan kalsium

Kandungan kalsium dalam biji chia dipercaya lebih banyak daripada kandungan kalsium dalam susu. Maka dari itu, mengkonsumsi biji chia akan sangat membantu bagi orang-orang yang mengalami kekurangan kalsium. Kalsium diperlukan untuk fungsi tubuh, kesehatan tulang dan gigi, mengurangi gejala osteoporosis, kelemahan pada sendi serta fleksibilitas tubuh.

  • Ikut menjaga kesehatan system pencernaan

Biji chia juga mengandung serat alami yang sangat baik sekali untuk menjaga kesehatan system pencernaan. Serat dalam biji chia juga akan ikut menjaga gerakan usus, agar dapat mencerna makanan dengan lebih optimal. Mengkonsumsi biji chia akan membuat anda merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama, sehingga mengurangi keinginan untuk makan secara berlebihan.

  • Menjaga berat badan anda tetap normal

Dengan adanya kandungan serat, protein, karbohidrat serta asam lemak omega 3, maka biji chia akan ikut menjaga berat badan anda tetap normal. Kandungan karbohidrat dalam biji chia sebenarnya tidak terlalu banyak. Ketika semua nutrisi tersebut bergabung dalam tubuh kita, maka tubuh kita akan tetap sehat. Berat badan anda akan tetap stabil. Kandungan protein dalam biji chia akan ikut menjaga kekuatan dan massa otot dalam tubuh anda.

  • Baik untuk jantung

Biji chia juga dianggap sebagai salah satu makanan yang baik sekali untuk jantung. Dengan banyaknya kandungan asam lemak omega 3, maka biji chia dianggap sebagai sumber omega 3 bagi kalangan vegetarian. Asam lemak omega 3 merupakan lemak baik yang mampu melindungi jantung serta mencegah munculnya penyakit jantung, dengan cara mengurangi kadar omega 6 yang merupakan kolesterol jahat. Selain itu omega 3 juga akan menjaga system kardiovaskular tetap sehat dan bebas dari stress.

  • Mengurangi kolesterol jahat
biji chia

biji chia

Mengkonsumsi biji chia secara teratur, mampu mengurangi kadar kolesterol jahat atau LDL dalam darah. Biji chia mengandung asam linoleat yang baik untuk kesehatan. Asam linoleat nantinya akan dirubah menjadi omega 3 yang mampu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Dalam sebuah penelitian telah ditemukan bahwa, mengkonsumsi biji chia mampu meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL serta menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL dalam tubuh.

  • Menjaga tekanan darah

Mengkonsumsi biji chia secara teratur ternyata memiliki kemampuan yang sama dengan minum obat hipertensi. Jadi, tekanan darah akan menjadi berkurang dan tentunya akan lebih menyehatkan tubuh. Dalam sebuah penelitian, mengkonsumsi biji chia mampu menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Mengkonsumsi biji chia juga mampu memperbaiki resiko gangguan pada kardiovaskular pada orang-orang yang mengidap penyakit diabetes tipe 2.

  • Mencegah inflamasi

Dengan adanya kandungan asam linoleat dalam biji chia, maka akan sangat baik sekali untuk mencegah terjadinya inflamasi. Asam linoleat nantinya akan dirubah menjadi asam lemak omega 3 yang juga mampu bekerja sebagai agen anti-inflamasi untuk mengendalikan peradangan. Asam lemak ini mampu mengendalikan peradangan pada persendian maupun pada arteri. Mengkonsumsi biji chia secara teratur mampu mencegah terjadinya arthritis.

Biji chia sangat mudah sekali untuk diolah. Anda bisa merendam biji chia dalam segelas air dan dibiarkan selama 1 malam, kemudian paginya rendaman biji chia tersebut bisa di rebus sebentar untuk dijadikan sarapan. Bisa juga biji chia dicuci sebentar lalu dimasukkan ke dalam minuman hangat maupun jus buah.