Manfaat Dari Gaya Hidup Vegetarian

sayuran dan buah

sayuran dan buah

Gaya hidup dengan hanya mengkonsumsi sumber makanan nabati atau yang biasa disebut vegetarian telah dipercaya oleh banyak orang dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat. Bahkan tidak sedikit pula orang-orang yang melakukan gaya hidup vegetarian agar tbuhnya tetap langsing.

Gaya hidup vegetarian dipilih karena berbagai alasan, seperti budaya, agama mauun etika. Selain itu dengan cara menghindari konsumsi daging merah, daging ayam, maupun berbagai produk makanan dari hewan yang lain dapat membuat hidup kita menjadi lebih sehat.

Vegetarian merupakan pilihan gaya hidup, namun bukanlah sebuah metode diet yang bertujuan untuk menurunkan berat badan. Memang, banyak riset yang telah membuktikan bahwa gaya hidup vegetarian membuat banyak orang jadi lebih langsing jika dibandingkan dengan orang yang tidak melakukan gaya hidup vegetarian.

Hal seperti ini disebabkan oleh pola makan vegetarian yang hanya terdiri dari makanan yang mengandung lemak tak jenuh serta lebih banyak mengkonsumsi sayur, buah, biji-bijian dan protein yang lebih mengenyangkan namun mengandung sedikit kalori.

Kendati demikian, ada beberapa ahli kesehatan yang mengingatkan bahwa gaya hidup vegetarian tersebut tidak secara otomatis rendah kalori. Anda tetap saja akan mengalami peningkatan berat badan bila porsi makanan anda lebih banyak maupun mengasup makanan atau minuman yang mengandung kalori tinggi dalam jumlah banyak seperti makanan serta minuman manis.

makanan yang menyehatkan

makanan yang menyehatkan

Beberapa jenis makanan yang boleh dikonsumsi oleh orang-orang yang melakukan gaya hidup vegetarian dapat saja tinggi kalori maupun lemak, Contohnya, hotdog kedelai, keju kedelai maupun snack batangan berbahan kedelai.

Banyak ahli kesehatan yang berpedoman bahwa, untuk mencapai serta menjaga berat badan dan kesehatan tubuh, kuncinya ada pada pola makan yang sehat dengan kalori yang seimbang.

Seorang vegetarian tidak ada bedanya dengan orang nonvegetarian yang dapat memilih langkah yang tidak sehat yang nantinya dapat menyebabkan kenaikan berat badan seperti mengkonsumsi makanan berkalori tinggi dalam porsi besar atau mengkonsumsi makanan yang justru tidak mengandung nutrisi sama sekali. Maka dari itu, pola makan orang-orang pengikut gaya hidup vegetarian seharusnya perlu direncanakan agar kadar nutrisinya tetap tercukupi.

Kebiasaan seperti mengkonsumsi sayuran serta buah-buahan telah terbukti memberikan banyak manfaat untuk kesehatan, dalah satunya adalah dapat membantu dalam menurunkan tekanan darah.

Riset terbaru yang dilakukan oleh para ahli kesehatan di Jepang, telah mengindikasikan bahwa pola makan yang didominasi sayuran serta buah-buahan seperti gaya hidup vegetarian dapat mengandalikan tekanan darah tetap stabil.

Hasil tinjauan terhadap 7 uji klinis serta 39 penelitian yang melibatkan 22 ribu responden yang menyatakan bahwa mereka yang menerapkan gaya hidup vegetarian memiliki tensi darah yang jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan orang yang menyantap daging.

Rata-rata turunnya tekanan darah dalam brbagai penelitian tersebut, berkisar antara 5 sampai 7 mm/Hg untuk tekanan sistolik,  serta 2 sampai 5 mm/Hg untuk diastolik. Walau hasilnya tidak begitu besar, namun seperti ini sudah cukup untuk mengurangi resiko munculnya serangan jantung.

Para ahli kesehatan menyatakan, menurunnya diastolik hingga mencapai 5 mm/Hg  berhubungan dengan menurunnya resiko 9% kematian yang diakibatkan oleh penyakit jantung koroner serta 14% resiko lebih rendah terjadinya kematian karena penyakit stroke.

jantung koronerPenurunan tekanan diastolik ini terlepas dari jenis vegetarian yang dilakukan oleh para responden. Apakah itu hanya mengkonsumsi sayuran, kacang, buah; atau dengan tetap menyantap telur, ikan serta produk susu; atau hanya menghindari produk dagng; atau vegan yang sepenuhnya menghindari produk hewan termasuk menghindari susu.

Peneliti dari National Cerebral and Cardiovascular Center, Osaka, menyatakan bahwa, tidak ditemukan perbedaan besar secara statistik antara jenis pola makan vegetarian dalam penelitian tersebut. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh sedikitnya penelitian khusus vegan. Akibatnya, para peneliti tidak memiliki data yang kuat secara statistik yang berpengaruh secara keseluruhan.

Dalam penelitian ini juga tidak diungkapkan, nutrisi apa dalam gaya hidup vegetarian yang berperan dalam menurunkan tekanan darah. Namun, para peneliti tetap memiliki beberapa teori yang merujuk pada studi-studi yang dilakukan sebelumnya.

Penelitian sebelumnya telah mengungkapkan bahwa, pola makan rendah sodium serta kaya potasium dan protein nabati, dapat menurunkan tekanan darah.

Sebanyak 32 hasil penelitian yang dikaji hanyalah membandingkan perbedaan pada mereka yang mengkonsumsi atau tidak mengkonsumsi daging. Penelitian trsebut hanya menjelaskan hubungan serta tidak menunjukkan penyebab konsumsi sayuran dapat menurunkan tekanan darah.

Dari semua hasil penelitian tersebut secara keseluruhan telah menunjukkan bahwa pola makan orang-orang yang menganut gaya hidup vegetarian merupakan penyebab utama penurunan tekanan darah jika dibandingkan dengan orang yang makan daging, tanpa dipengaruhi faktor yang lain.

1 comment for “Manfaat Dari Gaya Hidup Vegetarian

  1. Pingback: jessie

Comments are closed.