Manfaat Dari Olahraga Lari Bagi Kesehatan Tubuh Kita

 

olahraga lari

olahraga lari

Olahraga lari merupakan salah satu jenis olahraga yang murah dan juga mudah untuk dilakukan di waktu luang. Olahraga lari tidak membutuhkan banyak persiapan yang rumit. Cukup memakai pakaian yang dapat menyerap keringat, sepatu lari dan juga mempersiapkan minum jika anda berniat untuk lari dalam jarak jauh.

Meskipun termasuk dalam kategori olahraga yang murah dan mudah, namun ada begitu banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari olaraga lari. Biasakanlah untuk melakukan olahraga lari di pagi hari. Olahraga lari juga baik untuk segala jenis usia, baik yang masih anak-anak, remaja, dewasa maupun yang sudah lanjut usia.

Lari pagi akan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan lebih fresh. Selain itu olahraga lari juga bisa memberikan berbagai manfaat yang lain untuk mendongkrak serta menjaga kesehatan tubuh kita.

Berbagai macam manfaat dari olehraga lari bagi kesehatan tubuh kita, meliputi:

  • Meningkatkan kekebalan tubuh

Berlari mampu meningkatkan kekebalan tubuh kita. Dengan meningkatnya kekebalan tubuh kita, maka kita tidak mudah untuk terserang penyakit. Sehingga kita selalu siap untuk melakukan berbagai perkejaan maupun aktivitas sehari-hari dengan lebih semangat.

  • Mencegah masuknya penyakit yang berbahaya
berolahraga

berolahraga

Berbagai penyakit berbahaya, misalnya stroke, diabetes, kanker, serangan jantung maupun hipertensi merupakan penyakit yang sangat ditakuti oleh semua lapisan masyarakat di seluruh belahan dunia saat ini. Olahraga lari sangat bermanfaat untuk mencegah semua penyakit yang berbahaya seperti diatas. Jangankan penyakit yang berbahaya, penyakit biasa seperti flu maupun sakit kepala juga akan hilang jika kita sering melakukan olahraga lari.

  • Menurunkan berat badan

Berlari akan menguras semua energi serta dapat mengurangi lemak-lemak yang ada dalam tubuh kita menjadi keringat. Bagi anda yang memiliki masalah dengan berat badan, ada baiknya untuk mencoba melakukan olahraga lari untuk menurunkan berat badan secara alami.

  • Meningkatkan rasa percaya diri

Dengan tubuh yang menjadi lebih fresh dan sehat serta dengan berkurangnya berat badan secara berlebihan dalam tubuh, maka perlahan-lahan seseorang akan menjadi semakin percaya diri. Biasakan untuk melakukan olahraga lari secara rutin untuk mendapatkan semua manfaatnya.

  • Meringankan stres

Beban pikiran maupun beban hidup yang berat serta beban pekerjaan yang menumpuk perlahan-lahan akan menyebabkan seseorang mengalami apa yang disebut stres. Melakukan olahraga lari berkeliling melihat-lihat pemandangan disekitar akan membantu untuk meringankan stres. Selain itu, lari juga akan membuat hormon yang menyebabkan stres dalam tubuh kita menjadi berkurang.

  • Mencegah osteoporosis

Dengan cara melakukan olahraga lari secara rutin juga dapat membantu meningkatkan kekuatan serta kepadatan tulang-tulang dalam tubuh kita.  Cara seperti ini nantinya akan membuat kita terhindar dari penyakit osteoporosis atau keropos tulang.

  • Meningkatkan energi

Selama ini lari di pagi hari sering dianggap dapat membuat seseorang menjadi mudah lelah di tempat kerja. Padahal kenyataannya, olahraga lari justru dapat meningkatkan energi serta semangat dalam bekerja menjadi lebih tinggi.

  • Tidur menjadi lebih nyenyak

Orang-orang yang mengalami gangguan tidur atau mengalami insomnia sangat dianjurkan untuk melakukan olahraga lari secara rutin. Orang-orang yang rutin melakukan olahraga lari umumnya lebih cepat untuk tidur dan sangat menikmati tidurnya sehingga pada pagi harinya mereka bangun dengan tubuh yang terasa lebih segar dan bugar.

  • Menjaga konsentrasi

lari3Ada sebuah survei yang dilakukan di Inggris pada para pekerja kantoran yang memiliki kebiasaan olahraga lari dan orang yang tidak biasa lari pagi. Para pekerja kantoran yang rutin melakukan lari pagi sebelum bekerja ternyata dapat mengerjakan semua tugasnya dengan baik dan jarang sekali ada kesalahan dalam bekerja. Orang yang melakukan olahraga lari secara rutin memiliki tingkat konsentrasi yang lebih tinggi.

  • Menjaga daya ingat

Orang-orang lanjut usia yang rutin melakukan olahraga lari pagi akan tetap terjaga daya ingatnya. Bahkan daya ingat orang-orang lanjut usia yang rutin berolahraga lari masih tetap tajam seperti layaknya masih berusia remaja.

  • Memperpanjang umur

Orang yang suka melakukan olahraga lari selama 2 sampai 2,5 jam per minggu, memiliki umur yang lebih panjang dan terbebas dari bahaya mati muda, jika dibandingkan dengan oarang yang tidak suka melakukan olahraga lari.

  • Mengurangi infeksi saluran pernafasan

Bagi anda yang sering mengalami masalah pada saluran pernafasan seperti sering bersin dipagi hari tanpa sebab yang pasti, sebaiknya mulai membiasakan dirinya untuk berolaraga lari secara rutin. Berlari meningkatkan kekebalan tubuh serta memperpanjang napas anda. Biasakanlah untuk lari dalam jarak dekat dulu untuk memulainya.

  • Menjaga tekanan darah

Orang yang suka melakukan olahraga lari memiliki sistem peradaran darah yang lebih lancar sehingga tekanan darahnya lebih stabil. Dengan melakukan olahraga lari secara rutin, maka masalah seperti tekanan darah yang tidak stabil maupun masalah kolesterol tinggi akan membaik.

  • Mencegah disfungsi seksual

Pria yang rutin berolahraga seperti lari dapat membakar sebanyak 3000 kalori per minggu di dalam tubuhnya serta membuat tubuhnya tetap sehat dan bersemangat. Peredaran darah juga akan semakin lancar sehingga anda akan terbebas dari penyakit disfungsi seksual.