Manfaat Ikan Nila Untuk Kesehatan

manfaat ikan nila untuk kesehatan

manfaat ikan nila untuk kesehatan

Ikan nila memiliki nama ilmiah Oreochromis niloticus. Sebenarnya ada banyak spesies yang beragam, namun semua itu tetap disebut dengan satu nama yaitu nila. Belakangan ini ikan nila menjadi salah satu jenis ikan yang paling popular dan banyak di konsumsi di Amerika.

Banyak orang yang menyukai ikan nila karena mudah untuk dibudidayakan, mudah didapat, serta tidak memiliki aroma yang amis seperti ikan laut. Selain itu, ikan nila merupakan salah satu jenis ikan yang rendah racun, seperti merkuri, daripada jenis ikan lainnya.

Ikan nila sebenarnya telah dibudidayakan sejak zaman Mesir kuno.ikan nila merupakan salah satu jenis ikan penghuni sungai Nil dan banyak ditemukan di Afrika Utara. Namun sekarang ini ikan nila mulai banyak dibudidayakan di mana-mana, seperti di beberapa negara Asia.

Ikan nila merupakan salah satu jenis ikan yang memiliki kemampuan adaptasi yang cukup tinggi. mereka dapat bertahan hidup dalam sungai yang ekosistemnya cenderung rapuh. Ikan nila dapat hidup hanya dengan memakan ganggang, plankton maupun berbagai macam gulma yang dapat merusak keseimbangan ekosistem sungai.

Ikan nila sebenarnya kaya akan berbagai macam nutrisi, vitamin dan mineral yang penting bagi kesehatan manusia. Ikan nila kaya akan protein serta asam lemak omega 3. Ikan nila mengandung banyak vitamin B3, B5, dan B6. Ikan nila juga kaya akan mineral fosfor, kalium serta selenium.

Ada begitu banyak manfaat yang bisa kita peroleh dengan cara mengkonsumsi ikan nila, meliputi:

  • Menjaga pertumbuhan dan perkembangan

Ikan nila kaya akan protein yang penting sekali artinya bagi kesehatan. Protein dari ikan nila nantinya akan dipecah menjadi asam amino yang nantinya dapat digunakan dalam tubuh kita. Protein sangat berkaitan dengan pertumbuhan dan perkembangan organ, membrane, sel serta otot. Anak-anak membutuhkan lebih banyak protein untuk tertumbuhan dan perkebangan mereka secara normal. 

  • Menjaga berat badan
fillet ikan nila

fillet ikan nila

Ikan nila memang mengandung banyak sekali protein, namun rendah lemak dan juga rendah kalori. Mengkonsumsi ikan nila akan memberikan lebih banyak protein serta akan mengurangi asupan lemak dan kalori. Maka dari itu, banyak sekali orang yang mengkonsumsi ikan untuk menurunkan berat badannya, tanpa harus mengalami kelaparan karena diet ketat.

  • Menjaga kesehatan tulang

Ikan nila kaya akan kandungan mineral fosfor. Fosfor merupakan mineral yang terpenting untuk menjaga kesehatan tulang. Selain itu, fosfor juga ikut menjaga kesehatan gigi dan juga kuku tetap kuat dan sehat sampai tua. Mengkonsumsi makanan yang kaya akan fosfor nantinya akan mencegah terjadinya osteoporosis, yang disebabkan oleh adanya penurunan kepadatan mineral tulang yang sering dialami oleh orang-orang lanjut usia.

  • Mencegah kanker prostat

Sama seperti jenis ikan yang lainnya, ikan nila juga kaya akan mineral selenium. Selenium merupakan salah satu mineral yang bersifat antioksidan yang snagat mengesankan. Dalam sebuah penelitian telah ditemukan bahwa mengkonsumsi makanan yang kaya selenium mampu menurunkan kanker prostat. Selenium memiliki kemampuan untuk mengurangi aktivitas radikal bebas dalam tubuh, sehingga mampu mengurangi kemungkinan terjadinya stress oksidatif pada semua system organ serta mencegah mutasi sel yang dapat menyebabkan kanker.

  • Menjaga kesehatan jantung

Ikan nila kaya akan asam lemak omega 3 yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat serta trigliserida dalam system kardiovaskular kita. Asam lemak omega 3 nantinya akan menetralisir bahaya dari kolesterol jahat atau LDL. Asam lemak omega 3 juga mampu mencegah atherosclerosis, serangan jantung serta stroke. Ikan nila juga mengandung kalium yang mampu mengurangi tekanan darah serta ikut menjaga kesehatan jantung.

  • Menjaga kesehatan otak

Kandungan kalium dan asam lemak omega 3 dalam ikan nila nantinya juga ikut berfungsi untuk menjaga kesehatan otak serta meningkatkan fungsi neurologis. Kalium mampu meningkatkan kadar oksigen ke organ otak serta menjaga keseimbangan cairan dalam otak maupun seluruh tubuh. Kalium juga ikut memfasilitasi respon saraf dan mencegah kekurangan nutrisi pada seluruh jaringan tubuh, khususnya otak.

  • Menjaga dan meremajakan kulit
ikan nila

ikan nila

Selenium merupakan antioksidan yang mampu merangsang kerja vitamin C dan vitamin E. Vitamin C dan vitamin E sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan kulit anda. Ikan nila kaya akan mineral selenium yang nantinya akan merangsang kerja vitamin E dalam meningkatkan kesehatan kulit dan juga merangsang vitamin C dalam membentuk kolagen. Maka dari itu, mengkonsumsi ikan nila mampu mencegah terjadinya keriput, kulit kendur, bintik-bintik kehitaman serta berbagai tanda penuaan lainnya.

  • Meningkatkan system kekebalan tubuh

Kandungan selenium dalam ikan nila nantinya juga akan ikut meningkatkan system kekebalan tubuh. Selenium nantinya akan meningkatkan aktivitas sel-sel darah putih, yang bertugas untuk menjaga tubuh kita dari berbagai macam racun dan mikroba penyebab penyakit. Selain itu selenium juga ikut menjaga kesehatan kelenjar tiroid. Kelenjar tiroid bertugas untuk mengendalikan berbagai macam fungsi hormone dalam tubuh. Kelenjar tiroid yang sehat akan ikut menjaga system metabolism tubuh tetap normal serta ikut menjaga berbagai reaksi kimia dalam tubuh kita tetap normal.

Karena ikan nila masih berkerabat dekat dengan mujair, maka mengkonsumsi ikan mujair juga akan memberikan manfaat yang sama, seperti mengkonsumsi ikan nila.

Sayangnya, kebanyakan ikan nila hidup di tempat yang beracun, sehingga akan sangat berbahaya ketika dikonsumsi. Sebaiknya pilihlah ikan nila yang berasal dari budidaya karena lebih aman untuk dikonsumsi.

Ikan nila juga mengandung asam lemak omega 6 yang merupakan asam lemak yang berbahaya. Bagi anda yang mengidap gangguan maupun penyakit jantung sebaiknya jangan mengkonsumsi ikan nila dalam jumlah yang berlebihan.