Manfaat Ikan Teri Untuk Kesehatan

manfaat ikan teri untuk kesehatan

manfaat ikan teri untuk kesehatan

Ikan teri adalah sekelompok ikan laut yang berukuran kecil yang juga menjadi anggota keluarga Engraulidaei.  Kebanyakan ikan teri berukuran maksimal 5 cm, meskipun ada juga anggota keluarga Engraulidaei yang ukurannya bisa mencapai 23 cm.

Ada lebih dari 100 spesies ikan teri yang tersebar diseluruh Pasifik, Atlantik serta Samudra India. Umumnya ikan teri ditemukan bergerombol dalam jumlah yang sangat banyak, sehingga mereka mudah sekali untuk ditangkap.

Salah satu tempat yang paling popular untuk menangkap ikan teri adalah di lautan Mediterania. Itulah sebabnya ikan teri banyak digunakan dalam masakan Eropa, Timur Tengah serta masakan dari Afrika Utara. Orang-orang di Eropa sering menggunakan ikan teri sebagai bahan tambahan dalam pizza, sandwich, taburan untuk salad dan lain sebagainya.

Sebaiknya makanlah ikan teri yang masih segar yang biasa terdapat di pasaran. Jangan mengkonsumsi ikan teri kalengan, karena nantinya akan justru sangat berbahaya bagi kesehatan anda. Ikan teri kalengan kebanyakan mengandung garam yang tinggi, sehingga akan mempengaruhi kesehatan anda.

Beberapa penelitian juga telah mengungkapkan bahwa, ikan teri rentan sekali terhadap parasite. Maka dari itu, sebaiknya bekukan atau masaklah ikan teri terlebih dahulu sebelum di konsumsi. Mengkonsumsi ikan teri kalengan secara langsung, dapat memberikan sejumlah mineral timah yang bisa berbahaya bagi kesehatan bila kandungannya berlebihan.

ikan teri yang masih segar

ikan teri yang masih segar

Selain itu, ikan teri juga tinggi sekali natrium. Natrium yang berlebihan akan sangat berbahaya bagi orang-orang yang mengidap hipertensi. Semakin banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung natrium, maka akan membuat tekanan darah anda semakin tinggi dan meningkatkan resiko serangan jantung maupun stroke. Sebaiknya konsumsilah ikan teri yang rasanya tidak terlalu asin.

Ikan teri kaya akan kandungan protein, vitamin serta mineral yang baik sekali untuk menunjang kesehatan tubuh kita. Ikan teri mengandung mineral penting, seperti kalsium, zat besi, magnesium, kalium, fosfor, selenium, natrium serta seng. Kandungan vitamin dalam ikan teri, meliputi vitamin A, B1, B2, B3, B6, B9, C, E dan K. Ikan teri juga mengandung asam lemak omega 3.

Dengan begitu banyaknya kandungan vitamin dan mineral dalam ikan teri, maka mengkonsumsi ikan teri akan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan, seperti:

  • Menjaga kesehatan jantung

Ikan teri mengandung banyak lemak tak jenuh ganda, yang mampu mengurangi kadar kolesterol jahat atau LDL. Tingginya kadar LDL dalam tubuh akan memicu penyumbatan pada arteri, sehingga akan menyebabkan terjadinya atherosclerosis, serangan jantung serta stroke.  Ikan teri mengandung asam lemak omega 3 yang mampu mengurangi kadar kolesterol jahat dan menghambat penumpukan kolesterol jahat pada arteri dan pembuluh darah. Sehingga jantung menjadi semakin sehat.

  • Menjaga kesehatan kulit

Asam lemak omega 3 yang terkandung dalam ikan teri akan bekerjasama dengan vitamin E dan juga selenium, yang nantinya akan membuat kulit kita semakin sehat serta mempertahankan kehalusan kulit. Mengkonsumsi juga mampu mencegah terjadinya jerawat, kulit keriput serta penuaan dini. Vitamin E juga akan membantu melindungi kulit kita dari bahaya sinar matahari, sehingga kita akan terhindar dari penyakit kanker kulit.

  • Memperbaiki jaringan serta sel tubuh

Tingginya kandungan protein dalam ikan teri akan ikut membantu dalam memperbaiki jaringan serta sel tubuh yang rusak. Berbagai jaringan serta sel tubuh yang rusak akan segera diperbaiki, sehingga tubuh anda akan tetap sehat. Selain itu, protein juga ikut meningkatkan metabolism tubuh, sehingga tubuh kita akan lebih cepat menyembuhkan diri.

  • Menjaga kesehatan tulang

Berbagai vitamin dan mineral yang terkandung dalam ikan teri juga akan ikut menjaga kesehatan tulang dalam tubuh kita. Tulang yang tetap sehat akan mencegah kita mengalami osteoporosis. Kandungan vitamin A dan kalsium dalam ikan teri akan ikut menjaga pertumbuhan tulang dan mencegah degradasi pada tulang. Kalsium juga ikut menjaga kesehatan gigi. Dengan mengkonsumsi ikan teri, maka tulang dan gigi kita akan tetap sehat sampai tua.

  • Menjaga berat badan tetap normal
ikan teri yang sudah dikeringkan

ikan teri yang sudah dikeringkan

Karena ikan teri kaya akan protein namun rendah kalori, maka mengkonsumsi ikan teri akan sangat baik untuk menjaga berat badan tetap normal dan terkendali. Semakin banyak protein dalam tubuh kita, maka akan memberikan rasa kenyang yang lebih lama, sehingga mencegah kita untuk makan secara berlebihan. Dengan mengkonsumsi ikan teri, maka akan semakin banyak vitamin dan mineral yang masuk ke dalam tubuh, tanpa menyebabkan peningkatan jumlah kalori dalam tubuh.

  • Mengandung lebih sedikit racun

Beberapa jenis ikan kebanyakan mengandung merkuri serta racun yang berbahaya yang terkandung dalam tubuhnya. Ikan teri memiliki tubuh serta umur yang pendek, sehingga kadar racun maupun merkuri dalam tubuhnya tidak terlalu banyak. Sehingga racun yang masuk dalam tubuh kita juga tidak terlalu banyak.

  • Menjaga kesehatan mata

Ikan teri mengandung vitamin A yang baik sekali untuk menjaga kesehatan mata. Tingginya kadar vitamin A dalam tubuh, mampu mengurangi penurunan pada mata serta degenerasi macula. Vitamin A juga akan mencegah terjadinya gangguan mata lainnya, seperti katarak. Maka dari itu, cobalah untuk mengkonsumsi ikan teri untuk menjaga kesehatan mata anda.