Manfaat Jamur Reishi Untuk Kesehatan

manfaat jamur reishi untuk kesehatan

manfaat jamur reishi untuk kesehatan

Reishi adalah sejenis jamur yang memiliki nama Ilmiah Ganoderma lucidum. Di Jepang, jamur ini disebut Reishi, sedangkan di China disebut jamur Ling zhi.

Menurut sejarah China, ling zhi ditemukan oleh seorang petani bernama Shen Nong dan kemudian di masukkan dalam catatan bahan-bahan herbal. Selain sebagai seorang petani dia juga seorang tabib yang handal.

Menurut Shen Nong, tanaman obat yang terbaik adalah bila dikonsumsi dalam jangka panjang tidak menimbulkan efek samping apapun terhadap kesehatan. Pada waktu itu jamu ling zhi hanya dikonsumsi oleh para raja dan bangsawan di China. Ling zhi juga termasuk tanaman yang sangat langka saat itu.

Manfaat dari jamur reishi telah menyebar di seluruh Asia. Banyak orang yang berusaha untuk membudidayakan jamur reishi. Sekitar tahun 1971, seorang peneliti dari Universitas Kyoto, Jepang, yang bernama Yukio Naoi mulai belajar untuk membudidayakan jamur ling zhi.

Melalui berbagai macam eksperimen, akhirnya ia menemukan cara yang tepat untuk menumbuhkan ling zhi, yaitu dengan menggunakan media kayu yang sudah lapuk dan limbah pertanian.

Jamur reishi telah dianggap sebagai jamur yang paling tinggi khasiatnya untuk kesehatan. Sebab, jamur reishi memiliki banyak sekali komponen serta senyawa organic yang baik sekali untuk kesehatan, seperti alkaloid, triterpen, sterol, dan berbagai macam polisakarida yang penting untuk menunjang kesehatan manusia.

Tidak sama seperti jamur lainnya, jamur reishi tidak bisa dikonsumsi dengan cara dimakan. Jamur reishi memiliki rasa yang sangat pahit bila dimakan. Kebanyakan jamur reishi dipotong-potong kemudian dikeringkan. Setelah kering jamur reishi bisa diseduh dengan air panas dan kemudian di minum airnya.

Saat ini sudah ada berbagai macam suplemen yang berbahan baku jamur reishi. Namun tetap saja, meminum air seduhan jamur reishi akan memberikan manfaat yang lebih baik, daripada minum suplemen yang berasal dari jamur reishi.

  • Membuat panjang umur

Jamur reishi memiliki nama lain, yaitu jamur 10.000 tahun. Sejak zaman dahulu di China, jamur reishi dipercaya mampu membuat panjang umur orang-orang yang mengkonsumsinya. Menurut penelitian, jamur reishi mampu membuat seseorang panjang umur karena kandungan polisakarida di dalamnya. Kandungan polisakarida dalam jamur reishi mampu meningkatkan system kekebalan tubuh sera mencegah terjadinya gangguan pada pembuluh darah. Selain itu, jamur reishi juga memiliki sifat antioksidan yang nantinya akan menetralisir kadar radikal bebas dalam tubuh, yang mampu menyebabkan berbagai macam penyakit kronis maupun penuaan dini.

  • Mencegah dan mengurangi kanker
jamur reishi

jamur reishi

Ada banyak sekali penelitian tentang kanker, karena kanker telah menjadi penyakit yang sangat berbahaya sekarang ini. Berbagai penelitian tentang jamur reishi telah mengungkapkan bahwa kandungan triterpenoid dalam jamur reishi mampu mengurangi perpindahan sel kanker serta mencegah pertumbuhan sel kanker. dalam penelitian lainnya juga telah ditemukan bahwa jamur reishi mengandung berbagai senyawa dan komponen yang mampu mematikan sel-sel kanker.

  • Menjaga kesehatan hati

Hati merupakan salah satu organ yang penting sekali artinya bagi kesehatan kita. Hati berfungsi untuk mengurangi kadar racun yang ada dalam tubuh kita. Minum air rebusan jamur reishi akan mempercepat proses regenerasi sel-sel hati yang sehat serta mengeluarkan berbagai racun yang menumpuk dalam organ hati. Hal ini nantinya akan membuat organ hati semakin sehat, dan kita juga akan menjadi lebih sehat.

  • Mencegah gangguan kognitif

Ada berbagai macam hal yang dapat menyebabkan terjadinya gangguan kognitif. Gangguan kognitif pada manusia dapat menyebabkan seseorang mengalami Alzheimer maupun penyakit Hutington. Mencegah gangguan kognitif dengan mengkonsumsi air rebusan jamur reishi masih belum bisa dibuktikan. Namun ada penelitian yang menunjukkan bahwa mengkonsumsi jamur reishi mampu merangsang aktofotas kognitif serta memperbaiki susunan saraf neurologis. Hal ini nantinya akan membuat otak serta berbagai saraf dalam otak menjadi lebih sehat.

  • Memperbaiki kondisi pernapasan

Ramuan dari jamur reishi juga mampu memperbaiki kondisi pernapasan seseorang. Hal ini tentu saja baik sekali untuk orang-ornag yang mengidap bronchitis, asma serta kondisi pernapasan kronis lainnya. Senyawa dan komponen dalam jamur reishi akan ikut berperan dalam mengurangi iritasi serta mengurangi rekasi elergi. Jamur reishi akan mencegah berbagai reaksi alergi, iritasi kulit serta anafilaksis, dengan cara mencegah pelepasan histamine dalam sel-sel tubuh kita.

  • Mencegah hipertensi

Hipertensi telah dianggap sebagai masalah yang telah meluas di seluruh dunia. Jamur reishi telah terbukti mampu meningkatkan kelancaran system peredaran darah serta menurunkan tekanan darah. hal seperti ini nantinya juga akan mengurangi jumlah pasokan oksigen untuk hati, sehingga sel, jaringan serta otot dalam tubuh kita mendapatkan pasokan oksigen yang lebih banyak. Berbagai senyawa dalam jamur reishi juga mampu mengurangi kadar kolesterol LDL dalam system kardivaskular, sehingga anda terhindari dari serangan jantung maupun stroke.

  • Memperkuat system kekebalan tubuh
jamur reishi dalam bentuk bubuk

jamur reishi dalam bentuk bubuk

Selain mengandung antioksidan, jamur reishi juga mengandung beta-glukan. Beta-glukan merupakan suatu komponen yang berfungsi untuk memperkuat system kekebalan tubuh. Meningkatnya kadar beta-glukan dalam tubuh nantinya akan melindungi tubuh anda dari serangan berbagai macam penyakit, mulai dari penyakit biasa sampai penyakit yang berat.

  • Meningkatkan energy

Selain dapat memperpanjang umur, minum air rebusan jamur reishi juga mampu meningkatkan energy. Semakin bertambahnya usia, maka energy kita akan semakin berkurang. Dengan meminum air rebusan jamur reishi, maka kita akan mendapatkan dorongan energy yang baru untuk menjalankan semua aktivitas kita sehari-hari.

Meskipun jamur reishi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, sebaiknya kita tetap bijaksana dalam menggunakannya. Penggunaan jamur reishi dalam jangka panjang dan dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan munculnya gangguan, seperti pusing, mimisan serta mulut terasa kering.

Meskipun efek sampingnya tergolong tidak terlalu berat, namun sebaiknya anda konsultasi terlebih dahulu pada dokter maupun ahli herbal lainnya sebelum menggunakan jamur reishi untuk menjaga kesehatan anda.