Manfaat Kacang Tolo Untuk Kesehatan

manfaat kacang tolo untuk kesehatan

manfaat kacang tolo untuk kesehatan

Kacang merah kecil atau kacang tolo merah merupakan salah satu dari begitu banyaknya jenis kacang-kacangan. Kacang merah kecil atau kacang tolo merah memiliki nama ilmiah Vigna angularis. Terkadang kacang ini disebut dengan nama kacang tolo atau kacang merah.

Sebutan kacang merah juga sering ditujukan pada kacang merah besar, yang dalam bahasa Inggris disebut Red Kidney Bean. Dalam bahasa Jepang kacang ini disebut dengan nama Adzuki, sehingga dalam bahasa Inggris kacang ini disebut Adzuki bean.

Kacang tolo merupakan tanaman asli dari Asia Timur serta beberapa wilayah di Himalaya. Kacang tolo banyak digunakan oleh orang-orang di Jepang, Korea, Cina serta berbagai negara di kawasan Asia. Sekarang ini kacang tolo dapat ditemukan dimana-mana karena telah diekspor ke berbagai negara.

Kebanyakan kacang tolo berwarna merah, namun ada juga yang berwarna putih, hitam serta bintik-bintik tergantung dari daerah asalnya. Biasanya kacang tolo dapat dipanen setiap tahun.

Di Jepang kacang tolo digunakan dalam pembuatan natto. Kacang tolo direbus hingga bentuknya berubah menjadi pasta kacang yang rasanya manis. Karena rasanya yang manis, kacang tolo banyak digunakan dalam berbagai bentuk makanan, seperti hidangan penutup, sushi, kue, permen, topping untuk wafel, roti maupun kue khas di Jepang.

Ada begitu banyak manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan dari mengkonsumsi kacang tolo, seperti:

  • Mengurangi masalah pada pencernaan

Sama seperti jenis kacang-kacangan yang lainnya, kacang tolo juga kaya akan serat. Serat merupakan elemen terpenting bagi kesehatan system pencernaan. serat nantinya akan merangsang gerak peristaltic usus, melancarkan pergerakan makanan pada saluran pencernaan serta melancarkan proses penyerapan nutrisi dari makanan. Serat nantinya juga akan membantu mencegah terjadinya sembelit, diare, perut kembung serta mencegah hal yang lebih serius, seperti kanker usus besar.

  • Mencegah dan mengendalikan diabetes
kacang tolo atau kacang adzuki

kacang tolo atau kacang adzuki

Serat alami yang terkandung dalam kacang tolo nantinya juga mampu mengatur aktivitas reseptor insulin dalam tubuh kita, sehingga kadar gula dalam darah selalu dalam kondisi normal. Hal ini nantinya akan ikut mencegah terjadinya diabetes. Bagi orang-orang yang sudah terlanjur mengidap diabetes, serat dalam kacang tolo akan ikut mengelola kadar gula dalam darah tetap stabil. kadar gula darah yang tetap stabil akan mencegah terjadinya bahaya karena lonjakan maupun penurunan gula dalam darah.

  • Menjaga kesehatan jantung

Kacang tolo juga mengandung banyak nutrisi lain, seperti asam folat, kalium serta magnesium. Asam folat, kalium, magnesium dan serat akan bekerjasama dalam menjaga kesehatan system kardiovaskular. Serat akan ikut membantu keseimbangan kadar kolesterol dalam tubuh, sedangkan kalium akan melemaskan pembuluh darah serta meningkatkan alirna darah. hal ini nantinya akan mengurangi tekanan darah serta ketegangan pada organ jantung. Dengan begitu anda akan terhindar dari penyakit atheroskleorosis, serangan jantung maupun stroke.

  • Baik untuk pertumbuhan dan perbaikan sel

Kacang tolo kaya akan protein yang baik sekali untuk kesehatan. Protein yang terkandung dalam kacang tolo baik sekali untuk orang-orang vegetarian yang tidak mengkonsumsi daging. Protein dalam tubuh kita nantinya akan diurai menjadi asam amino esensial yang sangat diperlukan untuk pertumbuhan dan perbaikan sel-sel baru, jaringan serta organ tubuh. Tingginya kandungan protein dalam kacnag tolo nantinya juga akan ikut menambah energy.

  • Memperbaiki berat badan

Banyak orang-orang yang mulai beralih ke kacang tolo dan varietas kacang lainnya untuk menurunkan berat badan. Tingginya serat dan protein dalam kacang tolo akan menjaga nafsu makan serta mambuat anda merasa kenyang lebih lama. Kacang tolo mengandung sedikit kalori. Setengah cangkir kacang tolo mengandung kalori sebanyak 150 kal.

  • Detoksifikasi alami

Kacang tolo mengandung senyawa mineral yang disebut molybdenum yang kadarnya sangat tinggi. Hanya sedikit sekali jenis makanan yang mengandung molybdenum. Molybdenum sangat penting artinya dalam detoksifikasi organ hati. Jadi, dengan mengkonsumsi kacang tolo, berbagai macam racun dalam organ hati akan dikeluarkan.

  • Mencegah terjadinya cacat lahir

kacang tolo thumbKacang tolo merupakan salah satu jenis makanan yang kaya akan asam folat. Asam folat sangat penting sekali untuk mencegah terjadinya cacat lahir pada janin. Cacat tabung saraf pada janin dan bayi kebanyakan terjadi karena kurangnya asupan asam folat pada masa kehamilan. 

  • Memperkuat tulang

Kacang tolo kaya akan mineral alami, seperti seng, tembaga, serta magnesium. Berbagai kandungan mineral tersebut sangat baik sekali untuk meningkatkan kekuatan tulang serta mencegah terjadinya demineralisasi tulang. Dengan mengkonsumsi kacang tolo secara teratur nantinya akan membuat tulang anda tetap kuat sampai tua. Hal ini juga nanti akan mengurangi terjadinya osteoporosis.

Anda tidak harus mengkonsumsi natto atau pasta kacang tolo ala Jepang setiap hari untuk mendapatkan manfaat dari kacang tolo. Natto memiliki rasa yang enak, namuntidak banyak orang yang menyukai aromanya.

Anda bisa menambahkan kacang tolo dalam sup kesukaan anda dan mengkonsumsinya secara teratur. Jarang sekali ada kasus alergi karena kacang tolo. Sebaiknya jangan mengkonsumsi kacang tolo secara berlebihan.