Manfaat Kelor Untuk Kesehatan

manfaat kelor untuk kesehatan

manfaat kelor untuk kesehatan

Kelor atau Merunggai memiliki nama ilmiah Moringa oleifera. Kelor merupakan salah satu anggota dari keluarga Moringaceae. Kelor sebenarnya berasal dari India dan telah dibudidayakan secara meluas di daerah tropis dan subtropik di Asia, Afrika serta Amerika Selatan.

Tanpa kita sadari, kelor telah dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kita. Orang Romawi, Mesir  dan Yunani telah menggunakan kelor untuk mengobati berbagai macam penyakit.  Dalam terapi Ayurveda, kelor berkaitan erat dengan pengobatan penyakit karena virus, jamur, antidepresan serta anti-inflamasi.

Daun kelor dan polong kelor sejatinya mengandung banyak protein, vitamin dan mineral. Kelor juga kaya akan asam amino yang sangat dibutuhkan untuk pembentukan protein. Kelor kaya akan vitamin A, B1, B2, B3, B6, b9 dan vitamin C. Mineral yang terkandung dalam kelor, meliputi kalium, kalsium, magnesium, zat besi, fosfor, dan seng. Kelor juga rendah lemak dan kolesterol.

Ada begitu banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari mengkonsumsi kelor, yaitu:

  • Antioksidan

Kelor mengandung banyak senyawa antioksidan yang kuat, meliputi kaempferol, zeatin, asam caffeoylquinic,rutin, quercetin, asam klorogenat dan beta-sitosterol. Berbagai senyawa bersifat antioksidan ini nantinya akan mencegah perkembangan radikal bebas dan mengurangi terjadinya kerusakan karena stress oksidatif.

  • Mencegah edema
biji kelor

biji kelor

Ekstrak kelor dipercaya mampu mencegah terjadinya edema. Hal ini kemungkinan disebabkan karena adanya sifat anti-inflamasi yang ada pada kelor. Dalam sebuah penelitian juga ditemukan bahwa ekstrak kelor sama ampuhnya dengan obat anti-inflamasi.

  • Menjaga kesehatan hati

Ekstrak kelor juga baik sekali untuk menjaga kesehatan hati. Dalam sebuah penilitian telah ditemukan bahwa ekstrak daun kelor mampu menjaga dan mencegah terjadinya kerusakan pada organ hati yang disebabkan oleh penggunaan obat anti-TBC. Selain itu, ekstrak daun kelor juga ikut memperbaiki tingkat kandungan glutathione dalam tubuh serta mengurangi lipid pada hati.

  • Mencegah gangguan perut

Kelor juga dapat digunakan untuk mencegah gangguan perut, seperti gastritis, sembelit dan colitis ulserativa. Hal ini disebabkan karena adanya kandungan isothiocyanates dalam kelor. Jadi, mengkonsumsi kelor juga dianggap sebagai cara yang alami untuk mengurangi penggunaan antasida dan antihistamin. Kelor juga memiliki sifat antibakteri, sehingga dapat digunakan untuk mengurangi masalah seperti diare akibat bakteri helicobacter pylori maupun E.coli.

  • Menjaga kesehatan kulit

Biji kelor mengandung minyak alami yang nantinya dapat digunakan untuk menjaga kesehatan kulit. Mengkonsumsi kelor nantinya juga akan membantu menetralisir efek polusi pada kulit, mencegah keriput serta memperlambat penuaan dini. Kandungan protein dalam kelor nantinya akan ikut melindungi sel kulit dari kerusakan akibat logam berat.

  • Mengendalikan diabetes

Ekstrak kelor maupun mengkonsumsi kelor nantinya akan ikut mengendalikan penyakit diabetes. Ekstrak kelor maupun mengkonsumsi kelor mampu mengurangi kadar gula dalam darah, kadar gula dalam urin serta kadar protein dalam urin, pada para pengidap diabetes. Ekstrak kelor maupun mengkonsumsi kelor juga mampu memperbaiki kadar hemoglobin.

  • Mencegah kanker

Adanya kandungan fenolik wuercetin dan kaempferol dalam kelor mampu mencegah terjadinya kanker maupun tumor. Selain itu kelor juga mengandung senyawa niazimicin yang mampu mencegah perkembangan sel kanker.

  • Menjaga kesehatan tulang

Kelor juga baik untuk menjaga kesehatan tulang. Adanya kandungan kalsium dan fosfor dalam kelor nantinya akan ikut menjaga kesehatan dan kekuatan tulang anda. Selain itu kelor juga memiliki sifat anti-inflamasi yang mampu mengurangi gejala dari penyakit arthritis.

  • Menjaga kesehatan rambut

Minyak biji kelor sejak zaman dahulu telah digunakan untuk menjaga kesehatan rambut. Menggunakan minyak biji kelor pada rambut nantinya akan mencegah kerusakan pada rambut akibat lingkungan dan radiasi ultra violet. Nantinya rambut anda akan menjadi semakin subur, sehat dan kuat.

  • Menyembuhkan luka
daun kelor

daun kelor

Daun kelor juga sering digunakan untuk menyembuhkan luka. Daun kelor mengandung semacam getah encer yang mampu menyembuhkan luka pada kulit. Selain dapat menyembuhkan luka, daun kelor juga mampu mempercepat penutupan luka dan mampu mengurangi bekas luka pada kulit.

  • Menjaga kesehatan mata

Kandungan antioksidan dalam kelor juga akan ikut menjaga kesehatan mata. Dalam penelitian telah ditemukan bahwa kelor juga mampu mencegah terjadinya dilatasi pembuluh retina karena adanya penyakit diabetes. Selain itu kelor juga akan menjaga keutuhan pembuluh darah retina. Hal ini nantinya akan menghambat terjadinya penebalan kapiler serta mencegah terjadinya disfungsi retina mata.

  • Menjaga kadar kolesterol dalam tubuh

Kelor juga memiliki kemampuan dalam mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Anda bisa menggunakan ekstrak kelor bila anda mengidap penyakit hiperkolesterolemia. Dengan begitu, maka kandungan kolesterol dalam tubuh anda akan menurun dan menjadi normal kembali. Hal ini nantinya juga akan mencegah terjadinya hyperlipidemia.

  • Mencegah anemia

Ekstrak kelor juga dapat digunakan untuk mencegah anemia. Dalam sebuah penelitian telah ditemukan bahwa penggunaan ekstrak kelor mampu membantu kelancaran penyerapan zat besi. lancarnya penyerapan zat besi nantinya akan meningkatkkan jumlah sel darah merah dan juga akan mencegah terjadinya anemia.

Menggunakan ekstrak daun kelor, ekstrak biji kelor maupun mengkonsumsi daun, buah dan biji kelor secara langsung bisa dikatakan aman bagi kesehatan. Meskipun aman bagi kesehatan, sebaiknya jangan digunakan maupun dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan.

Sebaiknya jangan mengkonsumsi maupun menggunakan ekstrak dari akar maupun kulit pohon kelor. Karena bagian akar dan kulit pohon kelor mengandung zat beracun yang dapat menyebabkan keguguran, kelumpuhan dan bahkan kematian.