Manfaat Kenikir Untuk Kesehatan

manfaat kenikir untuk kesehatan

manfaat kenikir untuk kesehatan

Kenikir memiliki nama ilmiah Cosmos caudatus. Kenikir juga disebut dengan nama “kosmos liar” dan “ulam raja”. Kenikir merupakan salah satu tumbuhan yang berasal dari Amerika Selatan dan Amerika Tengah, namun bisa juga ditemukan tumbuh secara liar di Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Kenikir termasuk tumbuhan tahunan yang memiliki batang berbentuk pipa dengan garis-garis yang membujur. Tingginya bisa mencapai 1 meter dan memiliki daun bertangkai panjang yang saling berhadapan, sehingga berbentuk menyirip dengan 2 sampai 3 tangkai.

Daun kenikir memiliki aroma seperti damar saat diremas. Bunganya tersusun pada bongkol yang banyak terdapat pada bagian ujung badan serta ketiak daun yang paling atas. Bunganya berwarna oranye dengan bintik-bintik berwarna kuning di bagian tengah. Kenikir juga memiliki biji yang berbentuk seperti paruh.

Daun kenikir umumnya digunakan sebagai sayuran. Bisa dimasak terlebih dahulu dan juga bisa dikonsumsi dalam bentuk mentah. Maka dari itu, di negara asalnya serta di Malaysia, kenikir sering dijadikan bahan baku dalam pembuatan salad.

Ketika dikonsumsi daun kenikir rasanya sedikit manis dan teksturnya agak kesat, karena daunnya bersifat estringent. Memanen daun kenikir secara rutin justru akan mempercepat tumbuhnya daun yang baru.

Kenikir memiliki banyak nutrisi yang baik sekali untuk kesehatan. Kenikir mengandung vitamin A, C dan juga vitamin E. Kenikir memiliki beberapa kandungan mineral penting, seperti kalsium, kalium, dan magnesium. Kenikir juga mengandung beberapa senyawa yang baik untuk kesehatan, seperti quercetin, saponin, flavonoid dan polifenol. Akarnya mengandung hidroksieugenol dan koniferil.

Dengan begitu banyak nutrisi yang terkandung didalamnya, maka mengkonsumsi kenikir dapat meningkatkan kesehatan tubuh kita. Berbagai manfaat kenikir untuk kesehatan, meliputi:

  • Anti bakteri dan jamu

Ekstrak dari daun kenikir mengandung kloroform dan juga berbagai senyawa lainnya, seperti stigmaterol, lutein, bipiridin dan costunolide. Berbagai macam senyawa tersebut memiliki manfaat yang baik sekali untuk kesehatan, yaitu mampu mencegah dan menghancurkan bakteri maupun jamur, seperti E.coli, Bacillus subtilis serta Candida albicans. Dengan begitu, Mengkonsumsi kenikir akan menjauhkan anda dari penyakit yang disebabkan oleh bakteri maupun jamur.

  • Memperbaiki lambung
daun kenikir

daun kenikir

Daun kenikir mengandung senyawa tokoferol, polifenol dan juga hidroksieugenol yang mampu menetralkan tingkat keasaman asam lambung. Berbagai senyawa tersebut juga mampu memperkuat otot-otot yang ada disekitar lambung yang nantinya akan membuat kerja lambung untuk mencerna makan menjadi lebih baik dan lebih lancar. Kesehatan dan kelancaran system pencernaan akan membuat tubuh kita menjadi semakin sehat.

  • Mencegah lemah jantung

Kandungan antioksidan dan flavonoid dalam daun kenikir mampu memperbaiki sel-sel tubuh yang telah rusak akibat dari stress oksidatif. Senyawa flavonoid nantinya juga akan ikut berperan dalam menjaga kesehatan jantung. Flavonoid akan ikut memeprkuat otot serta pembuluh darad di dalam jantung yang nantinya akan membuat aliran darah menjadi semakin lancar.

  • Mencegah kanker

Kandungan flavonoid, saponin dan terpenoid dalam daun kenikir juga dapat membantu mencegah terjadinya kanker. Selain mencegah kanker, berbagai senyawa tersebut juga mampu mengurangi tingkat keparahan dari kanker, khususnya kanker lambung, kanker payudara serta kanker hati. Anda bisa mencegah kanker dengan cara mengkonsumsinya secara langsung maupun minum air rebusan daun kenikir secara rutin. Selain itu kenikir mengandung quercetin yang juga baik sekali untuk mencegah terjadinya kanker.

  • Tonik untuk membersihkan darah

Adanya kandungan vitamin E dan flavonoid dalam daun kenikir mampu membersihkan darah dari berbagai macam racun, sehingga bisa juga digunakan sebagai bahan untuk detoksifikasi darah. Darah yang bersih nantinya juga akan ikut melancarkan kerja dari organ jantung.

  • Meningkatkan system kekebalan tubuh

Adanya kandungan vitamin A dan E dalam daun kenikir sangat baik sekali untuk memperbaiki system kekebalan tubuh. Daun kenikir juga mengandung senyawa protein yang mampu meningkatkan produksi fagosit untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C dalam daun kenikir juga memiliki kemampuan dalam meningkatkan system metabolism tubuh, sehingga anda tidak akan mudah terserang penyakit.

  • Memperkuat tulang

Mengkonsumsi daun kenikir juga mampu memperkuat tulang. Sebab, kenikir memiliki kandungan mineral yaitu kalsium yang baik sekali untuk petumbuhan tulang. Selain untuk memperkuat tulang, kalsium juga diperlukan untuk memperkuat gigi dan ikut menjaga kestabilan tekanan darah dalam tubuh.

  • Menambah nafsu makan
bentuk tanaman kenikir

bentuk tanaman kenikir

Daun kenikir juga dapat digunakan untuk menambah nafsu makan. Daun kenikir mengandung senyawa quercetin yang mampu meningkatkan nafsu makan untuk anak-anak maupun orang dewasa. Nafsu makan yang semakin meningkat nantinya akan ikut meningkatkan stamina dalam tubuh.

  • Mengurangi bau mulut

Kandungan koniferil dalam kenikir nantinya ikut berperan dalam mengurangi bau mulut. Koniferil mampu membunuh kuman dan bakteri yang ada didalam rongga mulut. Tingginya kuman dan bakteri dalam mulut mampu menyebabkan munculnya bau mulut. Ambil beberapa helai daun kenikir yang sudah dicuci bersih dan kunyahlah selama 30 detik dan dilanjutkan dengan berkumur. Hal ini nantinya akan membuat bau mulut berkurang dan kadar pH dalam rongga mulut menjadi lebih stabil.

  • Obat pengusir serangga

Selain bisa digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh, kenikir juga bisa digunakan untuk mengusir serangga. Ambil beberapa helai daun kenikir dan ditumbuk sampai halus seperti pasta, kemudian taruh ditempat yang biasa dilalui oleh serangga. Bila anda oleskan pasta daun kenikir pada kulit akan membuat anda terbebas dari gigitan nyamuk.

  • Mencegah penuaan dini

Kandungan antioksidan dalam daun kenikir juga ikut berperan dalam menjaga kesehatan kulit dan mampu mencegah penuaan dini. Selain kandungan vitamin C dalam daun kenikir nantinya akan meningkatkan proses pembentukan kolagen yang nantinya akan membuat kulit anda menjadi lebih sehat dan kencang. Kurangnya kolagen mampu menyebabkan terjadinya penuaan dini dan keriput di kulit maupun wajah.