Manfaat Kesehatan Air Hangat

Masih banyak masyarakat yang belum menyadari manfaat dari air hangat dimana kita masih menganggap bahwa air hangat hanya berfungsi sebagai penghilang dahaga.

Air hangat yang murni memiliki lebih banyak manfaat jika dibandingkan dengan air hangat yang telah dicampur dengan gula atau bahan campuran lain.

Air hangat yang baik tentunya tidak memiliki rasa apapun, bening, tidak keruh atau tidak berwarna dan tidak tercium bau apapun.

Sedangkan air hangat sebelumnya berasal dari air biasa yang telah melalui proses pemasakan hingga air menjadi mendidih sehingga kuman dan bakteri yang ada di dalam air menjadi mati.

manfaat-kesehatan-air-hangat

Berikut ini adalah manfaat air hangat diantaranya :

  • Menurunkan berat badan

Anda bisa menurunkan berat badan hingga beberapa kilogram hanya dengan minum air hangat yang dicampur dengan perasan air lemon.

Perasan air lemon berfungsi untuk memecah lemak yang menumpuk pada tubuh terutama pada bagian perut, paha dan lengan.

 

  • Mengatasi Rasa Gatal Di Tenggorokan

Virus batuk bisa menyebabkan tenggorokan terasa gatal dan suara menjadi serak dan untuk mengatasi hal ini anda hanya cukup minum segelas air hangat untuk menetralisir virus batuk.

 

  • Melegakan Hidung Dan Tenggorokan

    batuk pilek

    batuk pilek

Saat anda sedang mengalami pilek atau batuk maka biasanya tenggorokan dan hidung anda terasa tidak nyaman dimana pada tenggorokan terdapat dahak sedangkan hidung akan tersumbat dengan ingus

Air hangat bisa berfungsi sebagai antibiotik alami untuk mengatasi masalah tersebut caranya hanya cukup dengan minum segelas air hangat untuk melegakan hidung dan tenggorokan anda.

 

  • Detok Alami

Detox merupakan cara yang ampuh untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh dan air hangat bisa membantu proses pengeluaran racun dari dalam tubuh termasuk usus dan organ pencernaan lainnya

Racun yang ada di dalam tubuh dan menempel pada usus akan dikeluarkan melalui keringat, urine dan kotoran (feses).

Jika racun yang menempel pada usus dan yang ada di dalam tubuh tidak segera dikeluarkan maka dampaknya sangat berbahaya bagi tubuh karena bisa memicu berbagai penyakit yang berbahaya misalnya kanker usus.

 

  • Membantu Pergerakan Usus

Minum air hangat pada pagi hari setelah bangun tidur bisa membantu mencegah tubuh terkena dehidrasi, selain itu juga bisa mengurai sari makanan yang masih belum menempel pada usus sehingga saluran usus anda menjadi lebih lancar.

 

  • Membuat Pencernaan Menjadi Lancar

Setelah mengonsumsi makanan ada baiknya anda tidak minum es namun minum air hangat supaya pencernaan anda menjadi lebih lancar.

Minum air es setelah makan sesuatu hanya akan membuat lemak dan minyak yang ada di dalam tubuh mengalami penggumpalan dan dalam jangka waktu yang lama hal ini bisa menyebabkan tumor atau kanker

Minum air hangat bisa membuat nutrisi makanan yang anda konsumsi bisa terserap dengan sempurna, selain itu juga membuat minyak dan lemak larut ke dalam peredaran darah bukannya malah membuatnya menjadi menumpuk.

 

  • Meringankan Nyeri Perut Akibat Menstruasi nyeri saat menstruasi

Ketika sedang mengalami menstruasi, rahim akan mengeluarkan darah kotor yang menempel pada dinding rahim dan proses inilah yang menjadi penyebab nyeri atau kram perut.

Wanita yang sedang memasuki masa menstruasi dilarang untuk minum es karena akan membuat darah kotor terus menempel dan tidak bisa lepas dari dinding rahim dengan sempurna.

Dan bilamana darah kotor menumpuk dan tidak segera dikeluarkan dari dinding rahim maka bisa menimbulkan dampak negatif yaitu tumor, kista dan kanker.

Untuh mencegah itu semua anda hanya cukup mengonsumsi air hangat untuk melepaskan darah kotor tanpa tersisa dari dinding rahim.

Minum air hangat bisa mempermudah proses pembersihan darah kotor pada dinding rahim dan dampaknya rasa nyeri akan semakin berkurang.

 

  • Melancarkan Peredaran Darah

Minum segelas air hangat bisa membantu melebarkan pembuluh darah dan dampaknya adalah peredaran darah dalam tubuh akan menjadi lebih lancar dari biasanya.

 

  • Menciptakan Sistem Syaraf Yang Sehat

Minum segelas air hangat bisa membantu memperlancar peredaran darah dan dampaknya adalah aktifitas syaraf tubuh akan menjadi lebih lancar dan sehat.

 

  • Meredakan Kaki Kram

Kaki anda terasa kram ??

Jangan terburu-buru membeli obat karena hanya cukup dengan minum segelas air hangat yang dicampur dengan sedikit madu maka kram akan hilang dengan segera.

Alternatif lainnya adalah dengan merendam kaki ke dalam sebuah wadah yang berisi air hangat yang telah diberi garam, rendam kaki anda selama 15 menit sambil memijat telapak kaki dengan lembut.

Namun jika kaki anda terlalu sering mengalami kram di waktu yang sama misalnya pada pagi dan malam hari maka sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter terdekat karena bisa saja kram tersebut merupakan gejala dari asam urat, diabetes atau kolesterol.

 

  • Menenangkan Dan Menghilangkan Stress

Selain memiliki manfaat kesehatan medis air hangat juga memiliki manfaat psikis, caranya cukup mudah yaitu minum segelas air hangat di pagi hari dan disarankan sambil menghirup udara pagi dalam-dalam untuk menenangkan hati dan pikiran anda.

 

  • Menghilangkan Kantuk

    ngantuk karena kurang tidur

    ngantuk karena kurang tidur

Jika anda masih merasa mengantuk di tempat kerja maka rasa kantuk itu bisa saja disebabkan oleh tidur terlalu malam, bangun terlalu pagi atau kualitas tidur yang tidak berkualitas.

Untuk menghilangkan rasa ngantuk anda bisa minum segelas air hangat dan usahakan hingga tubuh atau wajah anda mengeluarkan keringat, dan setelah itu rasa kantuk pun akan menjadi hilang.

 

  • Membangkitkan Semangat

Anda malas beraktifitas di pagi hari ?? Misalnya membersihkan halaman rumah atau melakukan olahraga santai di pagi hari.

Hanya dengan minum segelas air hangat maka rasa malas akan hilang dan semangat untuk beraktifitas akan datang,

 

  • Menepis Rasa Dingin

Minum air hangat bisa menaikkan suhu badan dan bermanfaat untuk menepis cuaca yang dingin terutama ketika memasuki musim hujan.

 

  • Membuat Tidur Berkualitas

Apakah anda sering terjaga di malam hari karena tidak bisa tidur ??

Tidur yang tidak berkualitas bisa menimbulkan berbagai penyakit yang berbahaya misalnya penyakit jantung, diabetes, dan berbagai penyakit lain yang berbahaya.

Untuk mengatasi susah tidur di malam hari anda hanya cukup minum 1 gelas air hangat yang dicampur dengan teh aroma mint.

Alternatif lainnya adalah dengan merendam tubuh anda ke dalam bak yang berisi air hangat untuk membuat tubuh anda merasa rileks dan nyaman dimana hal ini bisa membantu meningkatkan kualitas tidur anda.

 

  • Menghilangkan Mual

    mual dan muntah

    mual dan muntah

Ketika menggosok gigi terutama pada ibu yang sedang hamil muda biasanya akan mengalami sedikit mual, hal ini bisa diatasi dengan minum air hangat sebelum menggosok gigi.

 

  • Meredakan Sakit Gigi

Air hangat bisa berfungsi sebagai antibiotik maka anda bisa memanfaatkan air hangat untuk meredakan nyeri ketika sakit gigi, caranya dengan berkumur atau minum air hangat saat sakit gigi melanda.