Manfaat Kesehatan Buah Merah Papua


Buah merah yang belakangan ini mulai sering terlihat diperjual belikan di kota besar di Indonesia merupakan sejenis buah yang hanya ditemukan di daerah Papua dan new guenia.

Pandanus conoideus Lamk yang merupakan nama latin dari buah merah tersebut merupakan salah satu tanaman dari genus Pandanus adalah tanaman endemik Papua dan Papua Nugini.

Tanaman buah merah ini dikatakan terdapat hingga 12 kultivar dan tersebar luas di daerah dengan ketinggian hingga 2.300 dpl, misalnya seperti dilembah Baliem Wamena, serta daerah didaerah terpencil lainnya di Papua seperti Jayapura, Arfak, serta pegunungan Bintang.

Di samping itu Anda pasti sering melihat buah yang berwarna merah di pusat perbelanjaan ataupun pasar, misalnya seperti buah semangka, strawberry, tomat, apel, semangka, bit dan sebagainya.

Namun ada kalanya Anda berkesempatan untuk melihat buah lain yang jarang terlihat yang juga berwarna merah, yakni buah yang disebut Buah Merah.

Dilihat dari nama buahnya saja, Anda pasti sudah bisa menebak bahwa buah ini identik dengan warna merah, namun Anda pasti juga akan menebak-nebak apakah kira-kira buah ini terasa manis, pahit atau mungkin asam.

Manfaat Kesehatan Buah Merah Papua

 

Mengenal Buah Merah

Buah merah memiliki bentuk buah yang panjang, berwarna merah dan termasuk ke dalam golongan tanaman pandan-pandanan.

Buah merah termasuk jenis buah yang panjang karena buah yang berwarna merah marun cerah ini bisa memiliki panjang hingga 60 cm dengan diameter buah 15 cm dan berat buah bisa mencapai 3 kg.

Biasanya masyarakat Wamena atau Papua yang merayakan pesta adat, sering menggunakan buah merah untuk memeriahkan pesta adat tersebut.

Biasanya setiap jenis buah yang diperjual belikan ataupun dikonsumsi oleh masyarakat mengandung manfaat kesehatan, begitu pula dengan buah merah ini.

Biasanya buah merah dimanfaatkan atau dikonsumsi dengan meminum sari buahnya yang berupa minyak.

buah merah

 

Berikut ini merupakan manfaat kesehatan buah merah, diantaranya :

Efektif Membunuh Sel Kanker

Kanker merupakan salah satu jenis penyakit yang sangat berbahaya dan bahkan merupakan salah satu penyebab kematian terbesar di dunia ini.

Meski demikian setelah melalui berbagai penelitian, akhirnya ditemukan alasan kenapa penderita kanker bisa berhasil sembuh setelah mengonsumsi buah merah.

Ternyata buah merah mengandung betakaroten dan tokferol dengan kadar yang tinggi dimana senyawa-senyawa tersebut  yang berperan sebagai antioksidan sangat efektif untuk memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak serta mencegah pertumbuhan sel-sel kanker di dalam tubuh.

 

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Bilamana Anda, keluarga Anda, teman Anda ataupun orang yang Anda kenal memiliki penyakit darah tinggi maka disarankan untuk mengkonsumsi sari buah merah.

Sari buah merah ini sangat efektif dalam menurunkan tekanan darah tinggi dengan cara memperlancar aliran darah serta mencegah aliran darah arteri mengalami penumpukan flek.

 

Meningkatkan Stamina (Untuk Kaum Lelaki)

Drs. I Made Budi M.Sc yang merupakan salah seorang dosen dari Universitas Cendrawasih pernah melakukan sebuah penelitian terhadap buah merah Papua.

Dalam penelitiannya tersebut, diketahui bahwa dari sekian banyak warga Papua (kaum lelaki) yang mengonsumsi buah merah memiliki tubuh yang kekar, memiliki stamina yang kuat dan aman dari penyakit degeneratif.

Padahal mereka terbiasa hidup sepanjang hari tanpa mengenakan busana serta hidup di alam terbuka yang dikenal memiliki cuaca yang sangat ekstrim.

Hal tersebut cukup membuktikan bahwa sari buah merah sangat efektif bagi kaum lelaki ingin memiliki stamina yang kuat serta bisa menjaga kesehatan dan mencegah penyakit.

 

Menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh buah merah papua

Jangan pernah menganggap sepele lemak atau kadar kolesterol yang tinggi.

Hal tersebut dikarenakan lemak atau kadar kolesterol yang tingginya melebihi ambang batas normal bisa menyebabkan pembuluh darah yang ada pada jantung, otak dan ginjal mengalami penipisan.

Dengan mengonsumsi sari buah merah diketahui bisa mencegah kolesterol jahat (LDL) sekaligus meningkatkan kolesterol baik (HDL) dalam darah.

 

Mengobati Asam Urat

Organ hati yang memproduksi asam urat secara berlebihan bisa mengakibatkan munculnya penyakit asam urat.

Kemudian batu ginjal menutup asam urat lalu dibawa menuju ujung-ujung jari dan kaki tangan.

Kondisi tersebut pada umumnya bisa mengakibatkan rasa nyeri, ngilu, linu, kesemutan, bahkan persendian mengalami pembengkakan.

Buah merah yang terkadang dijuluki Kuansa oleh masyarakat Wamena ini bisa mengatasi penyakit asam urat dengan cara mengencerkan darah serta memulihkan sistem kerja hati menjadi normal.

 

Mengobati Penyakit Diabetes Melitus

Diabetes melitus adalah suatu jenis penyakit yang disebabkan oleh kadar gula darah yang mengalami peningkatan yang akhirnya mengakibatkan tubuh tidak bisa memproduksi insulin yang berfungsi untuk menjaga supaya kadar gula darah tetap normal.

Anda bisa mengonsumsi sari buah merah untuk membantu proses pemulihan diabetes, karena kandungan tokoferol pada buah merah bisa meningkatkan kerja pankreas dalam pembuatan insulin menjadi lebih optimal.

 

Mencegah Penyakit Mata panen buah merah papua

Bila Anda memiliki masalah daya penglihatan atau pandangan yang tidak sempurna pada saat melihat suatu obyek, maka Anda bisa mencoba mengonsumsi buah merah.

Buah merah mengandung betakaroten yang bermanfaat untuk membantu meningkatkan daya penglihatan sekaligus mencegah penyakit mata.

 

Meningkatkan Kecerdasan

Kandungan omega 3 dan omega 6 pada buah merah bisa membantu meningkatkan kecerdasan dan kemampuan otak.

Dengan demikian anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan disarankan mengonsumsi sari buah merah untuk meningkatkan kecerdasan dan daya ingat.

 

Mencegah Penyakit Tulang Seperti Osteoporosis

Dalam suatu penelitian terbaru, diperoleh hasil dimana dalam setiap 100 gr sari buah merah terdapat sekitar 55.000 mg kalsium.

Tentunya buah ini baik dikonsumsi untuk meningkatkan kekuatan tulang sekaligus mencegah penyakit osteoporosis.

 

Kabar Gembira Bagi Penderita Lupus

Selain kanker, lupus juga merupakan penyakit yang bisa menghilangkan nyawa seseorang.

Lupus bisa menyerang sistem kekebalan tubuh manusia sehingga bisa mengganggu kesehatan dan penderitanya mengalami kesulitan pada bernapas.

Kandungan antioksidan yang sangat tinggi pada buah merah bisa membantu meningkatkan stamina para penderita lupus yang telah mengkonsumsi sari buah merah.