Manfaat Kesehatan Dari Madu Dan Susu

manfaat madu dan susu untuk kesehatan

manfaat madu dan susu untuk kesehatan

Sejak zaman dahulu, madu telah digunakan untuk menunjang kesehatan tubuh secara menyeluruh. Madu kaya akan nutrisi yang bersifat antioksidan, antibakteri, anti-jamur, serta anti-inflamasi. Mengkonsumsi madu akan memberikan efek menenangkan pada tubuh.

Sedangkan susu juga memberikan beragam manfaat yang tidak kalah hebatnya dengan madu. Susu mengandung banyak nutrisi, seperti vitamin A, B dan vitamin D. Selain itu, susu juga kaya akan kalsium, protein hewani serta asam laktat.

Ketika kita menggabungkan madu dengan susu, maka kita akan mendapatkan manfaat yang lebih baik dan juga lebih optimal. Semua manfaat dari madu dan susu akan menunjang kesehatan kita sehari-hari, tentunya bila kita konsumsi secara rutin.

Berbagai manfaat yang bisa kita dapatkan dari madu dan susu, meliputi:

  • Menjaga kesehatan kulit

Madu dan susu, sama-sama memiliki sifat antimikroba serta mampu membersihkan kotoran maupun racun. Banyak produk pembersih yang menggunakan bahan berupa madu dan susu. Madu dan susu mampu menjaga kesehatan kulit dan akan membuat kulit kita menjadi lebih sehat dan tampak berseri. Berbagai tempat kecantikan maupun spa yang terkenal di seluruh dunia juga menggunakan ramuan madu dan susu untuk mandi. Tujuannya adalah untuk menjaga kesehatan kulit serta membuat kulit tetap bercahaya.

  • Menjaga system pencernaan
susu dan madu

susu dan madu

Madu juga dikenal sebagai sumber prebiotic, yang merupakan suatu bentuk nutrisi yang mampu merangsang pertumbukan dan perkembangan probiotik. Probiotik merupakan bakteri menguntungkan yang berada dalam usus serta system pencernaan. Sedangkan susu juga mengandung probiotik bifido. Kandungan karbohidrat dan oligosakarida dalam madu akan meningkatkan pertumbuhan bakteri menguntungkan yang ada dalam system pencernaan. Hal ini nantinya akan mencegah terjadinya sembelit, kram, kembung serta mencegah perkembangan bakteri merugikan dalam system pencernaan.

  • Meningkatkan daya tahan tubuh

Mengkonsumsi segelas susu dan madu setiap hari juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Susu kaya akan protein, sementara madu juga mengandung karbohidrat dan gula alami yang mampu merangsang efektivitas metabolism tubuh. Protein dalam susu akan dipecah menjadi asam amino yang diperlukan untuk proses metabolism makanan.

  • Menjaga kesehatan tulang

Dalam beberapa penelitian tentang madu, telah ditemukan bahwa madu mampu bertindak sebagai pembawa nutrisi dari makanan ke seluruh sel maupun jaringan tubuh. Madu mampu merangsang proses penyerapan kalsium yang terkandung dalam susu. Hal inilah yang menyebabkan gabungan antara madu dan susu ikut berperan dalam menjaga kesehatan tulang. Tulang sangat membutuhkan kalsium untuk tetap kuat dan sehat. Asupan kalsium yang selalu tercukupi akan mencegah terjadinya osteoporosis maupun radang sendi.

  • Mencegah insomnia

Madu dan susu telah digunakan sejak zaman dahulu sebagai obat insomnia serta sulit tidur yang alami. Madu dan susu sama-sama memiliki efek menenangkan, dan efeknya akan semakin kuat ketika digunakan secara bersamaan. Madu akan mengendalikan produksi insulin yang nantinya diproses menjadi triptofan, triptofan ini nantinya akan diubah menjadi serotonin, yang menyebabkan kita menjadi merasa lebih tenang. Selanjutnya serotonin akan diubah lagi menjadi melatonin yang akan membuat tidur kita menjadi lebih nyenyak.

  • Mencegah penuaan dini

Mengkonsumsi susu yang dicampur dengan madu telah dilakukan dalam berbagai peradaban kuno, seperti di Yunani, Mesir, Romawi serta India. Sejak zaman dahulu, susu dan madu telah dipercaya sebagai ramuan awet muda dan umur panjang dalam berbagai kebudayaan kuno. Ketika susu dicamur dengan madu, maka sifat antioksidan dalam kedua bahan tersebut menjadi semakin kuat. Antioksidan mampu mengurangi kadar radikal bebas yang berlebihan dalam tubuh. Selain mampu menyebabkan berbagai penyakit berbahaya, radikal bebas juga mampu menyebabkan keriput, noda kehitaman serta perubahan warna pada kulit.

  • Menjaga kesehatan secara menyeluruh

Selain mampu meningkatkan produksi bakteri menguntungkan dalam usus dan system pencernaan, mengkonsumsi madu dan susu juga mampu menjaga kesehatan secara menyeluruh. Mengkonsumsi madu dan susu mampu membersihkan berbagai racun dan kotoran yang menumpuk di dalam tubuh kita. Berbagai racun dan kotoran yang menumpuk dalam tubuh kita, mampu menyebabkan munculnya berbagai macam penyakit maupun gangguan lainnya bagi kesehatan kita.

  • Menyediakan fructooligosaccharides

Madu mengandung fructooligosaccharides atau fos, yang merupakan rantai molekul fruktosa. Menggabungkan fructooligosaccharides dengan susu akan memberikan suatu manfaat yang sangat hebat bagi kesehatan tubuh kita. Fructooligosaccharides mampu meningkatkan pertumbuhan bifidobakteri yang bersifat menguntungkan dalam system pencernaan.

Selain mampu mencegah pertumbuhan bakteri berbahaya dalam system pencernaan, bifidobakteri mampu menurunkan pH, meningkatkan produksi asam lemak serta ikut membantu dalam proses detoksifikasi racun berbahaya dalam makanan yang kita konsumsi. Bifidobakteri juga mampu menurunkan kolesterol jahat serta kadar gula dalam darah dengan cara mencegah penyerapan kolesterol dan gula dalam aliran darah. Bifidobakteri juga mampu mencegah terjadinya sembelit dan kelebihan gas.