Manfaat Kesehatan Dari Tanaman Lavender

Manfaat Kesehatan Dari Tanaman Lavender

Manfaat Kesehatan Dari Tanaman Lavender

Lavender memiliki nama ilmiah Lavandula angustifolia. Lavender sebenarnya masih berkerabat dengan mint. Lavender merupakan tanaman berbunga yang banyak ditemukan di Eropa, Afrika, Mediterania dan sebagian dari Asia.

Lavender memiliki aroma yang harum, sehingga sering digunakan sebagai bahan tambahan dalam berbagai produk pewangi, sabun, shampoo, pewangi pakaian, aromaterapi serta obat-obatan. Lavender mengandung minyak esensial yang memiliki efek yang kuat bagi manusia.

Lavender mampu tumbuh dan menyebar dengan cepat, sehingga sering dianggap sebagai tumbuhan hama. Minyak esensial dari lavender tidak hanya untuk obat saja, terkadang juga bisa digunakan dalam salad, saus, minuman, teh, dan sebagai bumbu penyedap rasa.

Sebenarnya ada begitu banyak manfaat dari lavender. Manfaatnya bukan hanya untuk mengusir nyamuk, namun juga bisa untuk menunjang kesehatan tubuh kita. Beberapa manfaat dari lavender untuk kesehatan, meliputi:

  • Mengurangi stress

Berbagai senyawa organic yang terkandung dalam daun maupun bunga lavender mampu menenangkan pikiran serta tubuh anda. Cobalah untuk menghirup aroma lavender maupun diaplikasikan secara langsung pada tubuh. Selain itu anda juga bisa mengkonsumsi teh lavender. Lavender mengandung komponen yang bersifat antioksidan yang mampu mempengaruhi system endokrin tubuh agar kadar hormone stress dalam tubuh menjadi berkurang.

  • Mengurangi masalah tidur
teh lavender

teh lavender

Bila anda mengalami masalah tidur, seperti apnea, gelisah maupun insomnia, anda bisa menyeduh teh bunga lavender. Cara seperti ini sudah dilakukan sejak ribuan tahun di Eropa. Mengkonsumsi teh bunga lavender mampu membuat tubuh dan pikiran anda menjadi lebih tenang.  

  • Mengurangi peradangan

Dengan menambahkan bunga lavender dalam air untuk mandi atau berendam akan membantu mencegah serta mengurangi peradangan pada otot maupun seluruh tubuh. Lavender memiliki sifat anti-inflamasi serta antioksidan yang kuat, yang bisa digunakan untuk mengurangi peradangan.

  • Bersifat antiseptic.

Daun lavender memiliki sifat anticeptik yang baik sekali untuk mencegah infeksi.  Bila anda mengalami luka, anda bisa mengambil beberapa helai daun lavender. Hancurkan daun lavender tadi lalu oleskan pada luka anda. Cara seperti ini akan membuat luka anda sembuh dengan lebih cepat dan mencegah terjadinya infeksi.

  • Menjaga kesehatan rambut

Bila anda mengalami rambut rontok dan tampak bercabang, cobalah untuk mengganti shampoo anda dengan shampoo yang menggunakan bahan baku lavender. Sayangnya, shampoo yang menggunakan bahan baku lavender harganya mahal dan juga mengandung bahan kimia. Sebaiknya anda campurkan bunga lavender dengan air hangat lalu gosokkan ke rambut anda. Biarkan beberapa saat lalu bilas dengan air bersih. Cara seperti ini mampu membuat rambut anda menjadi lebih sehat dan kuat.

  • Menjaga kesehatan jantung

Berbagai senyawa bersifat antioksidan yang terkandung dalam lavender juga mampu menjaga kesehatan jatung. Caranya adalah dengan mengurangi tekanan darah serta ketegangan pada pembuluh darah. menggunakan lavender akan mencegah terjadinya atherosclerosis serta berbagai gangguan pada kardiovaskular lainnya. Sehingga akan menurunkan resiko terserang penyakit stroke maupun serangan jantung.

  • Merawat kesehatan kulit
air rendaman bunga lavender

air rendaman bunga lavender

Anda bisa menggunakan air rendaman bunga lavender untuk merawat kesehatan kulit. Bila anda merasa kulit anda tampak kering maupun mengalami iritasi, gunakan air rendaman bunga lavender untuk membasuh kulit anda. Cara seperti ini mampu membuat kulit anda tetap sehat dan terjaga kelembabannya. Cara seperti ini juga bisa dilakukan untuk mengurangi psoriasis, eksim maupun jerawat.

  • Mencegah perut kembung

Lavender mangandung senyawa polifenol yang sangat penting bagi kesehatan tubuh kita. Polifenol mampu mencegah terjadinya penuaan dini serta mencegah perkembangan bakteri berbahaya di dalam usus. Hal ini nantinya akan menurunkan ketidaknyamanan pada perut, mengurangi kembung serta mencegah terjadinya kram perut. Meminum teh lavender mampu menjaga system pencernaan anda tetap sehat.

Meskipun sebenarnya lavender tidak menyebabkan alergi, namun sebaiknya anda tetap berhati-hati. Bila anda mengidap alergi terhadap mint, maka sebaiknya jangan gunakan lavender untuk mengobati masalah kesehatan anda.

Terkadang penggunaan teh lavender mampu memicu terjadinya gangguan kecil pada kesehatan, seperti sembelit, sakit kepala serta peningkatan nafsu makan.  Penggunaan lavender secara topical mampu menyebabkan iritasi ringan serta kemerahan pada kulit.