Manfaat Kesehatan Guling

Hampir di setiap rumah, biasanya selalu menyediakan bantal, guling dan selimut sebagai perlengkapan tidur.

Guling sendiri memiliki wujud yang mirip dengan bantal, hanya saja bentuknya sedikit lebih kecil namun lebih panjang.

Tidak bisa dipungkiri bahwa guling merupakan salah satu teman setia untuk menemani Anda tidur di malam hari.

Dalam bahasa Inggris guling disebut dengan nama “Bolster” atau sering juga dikenal dengan nama “Dutch Wife” yang jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, maknanya adalah “Istri Belanda”.

Novelis Indonesia, Pramoedya Ananta Toer menjelaskan asal usul guling melalui sebuah kelakar bahwasanya guling hanya bisa ditemukan di kawasan Hindia Belanda saja dikarenakan orang Belanda pada jaman penjajahan dahulu dikenal pelit dan tidak mau memelihara gundik hingga untuk mengatasi hal ini mereka menciptakan teman tidur sendiri yaitu guling.

Guling yang Anda kenal saat ini merupakan hasil dari kebudayaan Hindia Belanda pada sekitar abad ke 18 dimana benda ini adalah hasil perpaduan dari kebudayaan antara Indonesia, Eropa dan China.

Pada mulanya guling hanya digunakan oleh kalangan elit namun seiring dengan berjalannya waktu benda ini akhirnya juga digunakan oleh kalangan masyarakat biasa.

Sebenarnya bentuk guling yang memanjang sebelumnya sudah ada di beberapa negara Asia Timur hanya saja terbuat dari bambu.

Di Korea guling dikenal dengan nama Jukbuin, Di China guling dikenal dengan nama Zhufuren dan di Jepang Guling dikenal dengan nama Chikufujin.

Kemudian kebudayaan China masuk ke wilayah Hindia Belanda, lalu muncul penjajahan yang sebelumnya merupakan benda yang masih digunakan oleh sedikit orang hingga kemudian orang-orang Belanda mulai banyak yang menggunakan guling sebagai teman tidur dan pada akhirnya makin banyak orang yang mulai ikut mencoba menggunakan guling sebagai teman tidur.

Walaupun tidak semua orang terbiasa tidur dengan menggunakan guling dan bahkan ada sebagian orang yang menganggap bahwa guling hanyalah berfungsi sebagai pelengkap kasur saja.

Padahal pada saat tidur lelap dengan memeluk guling, Anda bisa memperoleh beberapa manfaat kesehatan.

Berikut ini merupakan Manfaat Kesehatan Guling, diantaranya :

  • Mencegah datangnya sakit punggung manfaat guling

Sebuah penelitian menunjukkan hasil yang cukup mengejutkan dimana pada saat tidur dengan memeluk guling maka akan membuat posisi lutut Anda agak menekuk ternyata memberikan pengaruh pada posisi tulang belakang yang menjadi lebih lurus.

Posisi tubuh ini akan membuat tekanan pada tulang pinggul serta tulang belakang menjadi lebih ringan.

Apalagi posisi tubuh dengan memeluk guling akan membuat sirkulasi darah menuju kaki menjadi lebih lancar, sehingga dengan kata lain memiliki kebiasaan tidur dengan memeluk guling bisa membantu mengatasi masalah pegal-pegal pada kaki, sakit lutut serta meringankan otot tegang.

 

  • Mengatasi masalah keseleo dan nyeri punggung 

Anda bisa menggunakan guling sebagai alat ortopedi dimana dengan berada di posisi tertentu maka Anda bisa menggunakan guling untuk mengatasi masalah keselo dan nyeri punggung.

 

  • Mengatasi masalah mendengkur

Ada sebuah penelitian lain yang menunjukkan bahwa posisi tubuh yang terlentang pada saat tidur beresiko tinggi untuk membuat seseorang tidur dengan mendengkur.

Hal ini dikarenakan posisi punggung yang menopang tubuh dengan demikian pangkal lidah dan langit-langit atas mulut akan menutup dinding tenggorokan kemudian memicu dengkuran atau getaran suara.

Namun ketika tidur dengan kondisi memeluk guling atau menyamping maka posisi tubuh ini akan menurunkan resiko untuk tidur dengan kondisi mendengkur.

 

  • Baik bagi kesehatan ibu hamil

Bagi ibu yang sedang dalam kondisi hamil disarankan untuk tidur dengan posisi menyamping ke arah kiri, maka dari itu dengan tidur sambil memeluk guling maka akan membantu untuk tidur dalam posisi tersebut.

Ketika tidur dalam posisi menyamping ke posisi kiri maka bayi dalam kandungan akan memperoleh asupan oksigen serta nutrisi dengan baik melalui plasenta.

Bukan hanya itu saja karena posisi rahim tidak akan menekan organ hati ibu hamil, sirkulasi darah menjadi lebih lancar dan mencegah datangnya kram otot.

 

  • Bisa mengurangi stres bangun tidur

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa tidur sambil memeluk guling bisa membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks atau santai.

Dengan demikian tidur sambil memeluk guling biasanya bisa membuat tubuh dan pikiran seseorang terasa lebih segar dan fresh ketika bangun tidur.

 

  • Mengatasi kram leher

Tidur sambil memeluk guling bisa membuat peredaran darah menuju ke otak menjadi lebih lancar dan hal ini bisa mengurangi efek kram leher.

Namun hal ini hanya bisa terjadi jika Anda tidur dengan menggunakan guling dengan bahan yang empuk saja.

Bila Anda tidur dengan menggunakan guling yang terbuat dari bahan yang keras maka akibatnya pada bangun tidur akan membuat saraf-saraf di sekitar leher menjadi tegang dan kram.

Maka dari itu sebaiknya hindari untuk tidur dengan memeluk guling dengan bahan yang terlalu keras supaya kualitas tidur Anda benar-benar terjaga.

 

  • Meningkatkan kualitas tidur manfaat kesehatan guling

Jika Anda merasa lelah setelah beraktivitas seharian penuh maka tidur sambil memeluk guling bisa menjadi salah satu solusi.

Posisi tubuh pada saat tidur sambil memeluk guling bisa membentuk posisi tubuh yang sesuai serta menghilangkan stres pada kaki bagian bawah.

 

  • Menjaga kesehatan organ jantung

Tidur sambil memeluk guling akan membuat bagian-bagian tertentu dari tubuh seperti kaki menjadi agak terangkat.

Posisi tubuh ini akan membuat peredaran darah menuju ke jantung menjadi lancar dan hal ini akan membuat organ jantung Anda tidak bekerja terlalu keras.

Maka dalam jangka waktu yang lama tidur sambil memeluk guling bisa menjaga kesehatan organ jantung Anda.

 

Dengan berbagai manfaat kesehatan mengenai tidur sambil memeluk guling yang telah kami bahas tersebut, maka tidak ada salahnya kan untuk mulai menyediakan guling sebagai teman tidur.