Manfaat Kesehatan Kacang Kedelai

Semakin hari semakin bertambah masalah kekurangan protein bagi penduduk di dunia sedangkan di sisi lain para ahli kimia dan ahli gizi modern terus melakukan riset dan penelitian mengenai metode baru yang bisa menjadi solusi masalah ini.

Tidak bisa disangkal bahwa kacang kedelai bisa menjadi salah satu solusi dari maslh tersebut karena kacang kedelai termasuk salah satu bahan makanan terbaik yang mengandung berbagai nutrisi, serat dan tinggi akan protein.

Berdasarkan ilmu sejarah penggunaan kacang kedelai sebagai bahan makanan untuk pertama kali dibuat di negara Jepang sehingga tidak mengherankan jika hingga saat ini makanan yang terbuat dari kacang kedelai adalah makanan yang sangat populer di negara Jepang.

Kacang kedelai mengandung salah satu komponen penting dari otak yaitu lechitin dan kacang kedelai bisa meremajakan sel otak.

Bahkan sisa dari proses produksi bahan makanan yang menggunakan bahan kacang kedelai bisa dimanfaatkan kembali untuk menghasilkan produk-produk lain seperti obat herbal, pernis, cat, tinta cetak, dan karet sintetis.

Tanaman kedelai bisa dimanfaatkan sebagai pakan ternak dan pupuk hijau karena akar tanaman kedelai memiliki bintil pengikat nitrogen bebas yang menjadikan tanaman ini memiliki kadar protein tinggi.

Manfaat kedelai bagi kesehatan tidak usah ditanya lagi karena kandungan nutrisi pada kedelai bisa menjaga kesehatan tulang, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan sistem pencernaan, menjaga kesehatan tulang dan jantung.

Kedelai juga bermanfaat bagi penderita asma karena memiliki potensi untuk meningkatkan fungsi paru-paru serta menghambat pertumbuhan tumor.

Selain itu kacang kedelai juga bermanfaat bagi wanita yang melalui masa pascamenopause karena bisa membantu menghambat perubahan kulit yang berhubungan dengan usia.

Kacang kedelai biasanya dimanfaatkan untuk berbagai macam produk makanan seperti tempe, tahu, susu kedelai, makanan ringan dan sebagainya.

manfat-kesehatan-kacang-kedelai

Kandungan gizi pada kedelai

Kacang kedelai mengandung protein, serat, energi, karbohidrat, berbagai asam amino namun rendah akan tingkat kadar gula dan lemak.

Kacang kedelai juga merupakan sumber terbaik dari berbagai macam mineral seperti besi, kalsium, fosfor, magnesium, seng, natrium, tembaga, seng dan mangan.

Kacang kedelai juga kaya akan berbagai vitamin seperti vitamin B6, asam pantotenat, asam folat, niacin, thiamin, riboflavin, Vitamin C, vitamin E dan tokoferol.

Tentunya berbagai nutrisi ini akan membantu anda supaya bisa senantiasa hidup sehat dan sekaligus bisa mencegah berbagai resiko penyakit.

 

Manfaat Kesehatan kacang Kedelai

Berikut ini adalah Manfaat Kesehatan kacang Kedelai diantaranya :

  • Kesehatan tulang

    tulang manusia

    tulang manusia

Kandungan kalsium dan nutrisi lain pada kacang kedelai seperti fosfor, vitamin E dan zat besi sangat dibutuhkan oleh kesehatan tulang kita.

Dengan mengonsumsi kedelai ataupun produk olahan yang menggunakan bahan kedelai seperti susu kedelai dan tahu bisa memberikan suplai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, membantu menjaga kepadatan tulang dan memperkuat tulang.

Berdasarkan studi penelitian dengan rutin mengonsumsi kedelai bisa mengurangi resiko patah tulang terutama pada wanita menopause.

Selain itu dengan mengonsumsi makanan yang terbuat dari kedelai bisa mencegah osteoporosis ataupun penyakit yang berhubungan dengan tulang.

Osteoporosis sendiri adalah penyakit yang berhubungan dengan tulang yang biasanya terjadi ketika memasuki usia senja.

 

  • Fungsi paru-paru yang lebih baik

Hasil studi riset penelitian menunjukkan bahwa pasien dengan asma yang rutin mengonsumsi kedelai akan mendapatkan asupan genistein yang bisa meningkatkan fungsi paru-paru.

Kandungan genistein pada kacang kedelai bisa membantu menjaga kesehatan dan membantu fungsi paru-paru yang lebih baik.

 

  • Sistem kekebalan yang kuat

Kandungan vitamin, nutrisi, antioksidan dan sebagainya pada kacang kedelai bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Tubuh membutuhkan sistem kekebalan tubuh yang sehat untuk melindungi tubuh dari mikroorganisme yang bisa menjadi penyebab berbagai masalah kesehatan.

 

  • Kulit yang sehat

    menjaga kesehatan kulit

    menjaga kesehatan kulit

Salah satu organ tubuh yang mudah mengalami kerusakan yang disebabkan oleh obat-obatan atau kondisi cuaca yang mudah berubah adalah kulit.

Kandungan antioksidan pada kacang kedelai membantu memperbaiki kerusakan kulit sekaligus mampu menjaga kesehatan kulit.

Kandungan isoflavon pada kacang kedelai sangat bermanfaat untuk mengatur perubahan kulit terutama pada wanita yang memasuki masa pascamenopause.

 

  • Menjaga berat badan

Untuk menjaga supaya berat badan anda tetap terkontrol dengan baik maka anda membutuhkan asupan makanan yang tepat.

Tingginya kandungan protein pada kacang kedelai namun rendah kalori menjadikan bahan makanan ini sebagai  makanan ringan yang ideal untuk menjaga berat badan.

 

  • Menjaga sistem pencernaan

Karena kacang kedelai merupakan sumber serat alami maka bahan makanan ini bisa menjaga serta memfasilitasi sistem pencernaan.

Dengan rutin mengonsumsi makanan yang terbuat dari kedelai maka bisa mengurangi atau mencegah resiko sembelit dan kembung.

Bukan hanya menjaga sistem pencernaan, karena tingginya serat pada kedelai juga memiliki peranan yang penting untuk menjaga kolesterol untuk berada dalam batas yang aman dimana hal ini tentunya bisa mengurangi resiko stroke dan serangan jantung.

 

  • Antitumor

Kacang kedelai termasuk dengan berbagai produk olahan yang terbuat dari kedelai memiliki banyak manfaat kesehatan.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan lembaga kesehatan telah menunjukkan bahwa kacang kedelai memiliki sifat antikanker.

Ekstrak kedelai bisa mengurangi secara signifikan tumbuhnya tumor sekaligus memiliki potensi untuk mencegah tumbuhnya tumor.

 

  • Kesehatan jantung

Mengurangi resiko penyakit kardiovaskular bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan sehat, salah satunya adalah kacang kedelai.

Penelitian kesehatan yang dilakukan pada tahun 2006 yang lalu menunjukkan bahwa dengan rutin mengonsumsi kacang kedelai maka bisa meningkatkan kontrol kadar glukosa dalam darah dan insulin.

 

Cara pengolahan kedelai sebelum dikonsumsi

Biasanya kacang kedelai diolah menjadi berbagai macam produk olahan seperti tahu atau tempe, selain itu bisa juga hanya diambil ekstraknya saja hingga menjadi susu kedelai.

Kedelai juga bisa dijadikan makanan ringan dengan cara disangrai lalu diberi sedikit bumbu seperti gula merah dan garam.

Kalau anda tidak mau repot mengolahnya maka anda bisa langsung merebus kacang kedelai lalu dimakan langsung, rasanya tetap enak.

produk-olahan-kacang-kedelai