Manfaat Kesehatan Mandi Air Dingin

Mandi dengan menggunakan air dingin memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh walaupun kita lebih sering merasa enggan untuk melakukannya karena tidak kuat menahan rasa dingin pada tubuh.

Belum ditambah dengan mulai maraknya teknologi pemanas air yang sudah banyak diperjualbelikan di tengah-tengah masyarakat.

Walaupun mandi dengan air dingin memiliki banyak manfaat kesehatan,namun disarankan untuk melakukannya pada pagi hingga sore hari dan tidak dilakukan mulai dari sore hingga dini hari karena akibatnya justru bisa merugikan kesehatan.

Untuk mandi di malam hari disarankan untuk mandi dengan menggunakan air hangat namun sebaiknya tidak dilakukan terlalu sering karena akibatnya juga akan menimbulkan beberapa dampak negatif bagi kesehatan.

Pada pagi hari biasanya air di kamar mandi sedang dingin-dinginnya, dan inilah sebagian alasan yang membuat kita malas untuk mandi di pagi hari.

Padahal mandi dengan air dingin di pagi hari memiliki banyak manfaat kesehatan yang mungkin sebagian diantaranya tidak pernah kita ketahui.

Manfaat Kesehatan Mandi Air Dingin

Apa saja Manfaat Kesehatan Mandi Air Dingin, yuk kita simak bersama …

  • Meningkatkan kewaspadaan

Pada saat mandi di pagi hari biasanya kita akan merasa menggigil kedinginan dan di saat yang bersamaan kita merasa terkaget-kaget yang bisa dilihat daritarikan nafas kita, dimana hal ini akan membuka saluran pernafasan yang akan membuat oksigen bisa masuk dan menyebar ke seluruh tubuh.

Dampaknya adalah tubuh akan memberikan reaksi dengan detak jantung yang meningkat dimana hal ini akan membuat aliran darah mengalir dengan lancar ke seluruh tubuh yang akan membuat badan kita tetap hangat.

 

  • Menghaluskan kulit dan rambut

Salah satu cara alami yang bisa anda lakukan untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut adalah dengan mandi menggunakan air dingin.

Air dingin yang anda gunakan untuk mandi akan menjadikan kutikula rambut dan kulit menjadi lebih kencang.

Hal ini bisa terjadi karena pembuluh darah akan mengkerut sedangkan perubahan suhu yang terjadi akan membuat tubuh anda bereaksi.

 

  • Meningkatkan kekebalan tubuh dan sirkulasi darah

Guyuran air dingin pertama yang mengguyur tubuh anda ketika mandi akan membuat tubuh anda merasa kaget dan hal ini akan membuat jantung anda merasa lebih terpicu yang akan memompa darah dengan lebih efisien ke seluruh tubuh.

Tentu saja hal ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh anda termasuk untuk kesehatan organ hati dan kulit.

Mandi air dingin bisa membuat sirkulasi darah mengalir lebih lancar serta menurunkan tekanan darah.

Bukan hanya itu karena mandi dengan air dingin juga bisa membersihkan tumpukan plak pada pembuluh darah serta mendorong sistem kerja imun yang lebih baik.

 

  • Menurunkan berat badan Mandi Air Dingin

Apapun makanan yang anda konsumsi maka dampaknya adalah tubuh anda akan mendapatkan berbagai nutrisi dari makanan tersebut, termasuk dengan lemak.

Mandi dengan air dingin bisa meningkatkan produksi energi pembakaran lemak coklat, dimana jenis lemak ini merupakan musuh dari lemah putih dan dampaknya adalah metabolisme tubuh anda akan mengalami peningkatan.

Di sisi lain pada tahun 2009 yang lalu terdapat sebuah penelitian kesehatan yang dilakukan dan hasilnya menunjukkan bahwa suhu dingin dari air yang digunakan untuk mandi bisa membakar lemak coklat 15 kali lebih baik, dengan kata lain jika misalnya anda rutin mandi dengan air dingin maka berat badan anda bisa turun hingga 500 gr dalam jangka waktu 1 bulan.

 

  • Mempercepat pemulihan nyeri otot dan pegal linu

Bila selama ini anda sering mengalami nyeri otot maka cobalah untuk sering mandi dengan air dingin karena suhu dari air dingin yang digunakan pada saat mandi bisa mengurangi gejala nyeri otot.

 

  • Meringankan stres

Rutin mandi dengan air dingin diketahui bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh anda terhadap stres, baik stres secara fisik ataupun mental.

 

  • Membantu mengelola depresi

Air dingin yang sering mengenai tubuh akan mengirim impuls listrik dari ujung saraf perifer ke otak dalam jumlah yang banyak dan hasilnya akan mengurangi gejala depresi akibat dampak intens yang diterima reseptor dingin di kulit.

 

  • Meningkatkan produksi hormon

Bilamana anda memiliki keinginan supaya istri anda bisa segera hamil maka anda bisa segera mandi air dingin dan menghindari mandi dengan air hangat.

Hal ini dikarenakan air hangat yang digunakan pada saat mandi bisa mengurangi jumlah produksi sperma.

 

  • Terhindar dari rematik 

    rematik pada bagian lutut

    rematik pada bagian lutut

Bila anda memiliki penyakit rematik maka anda bisa mengatasinya dengan mandi air di pagi hari yang biasanya terasa dingin.

Kualitas air yang anda gunakan pada saat mandi pada pagi hari dan malam hari bisa berbeda dimana air dingin pada malam hari yang anda gunakan untuk mandi bisa memicu resiko penyakit rematik.

Sedangkan air yang digunakan untuk mandi pada pagi hari memiliki kandungan karbondioksida yang lebih tinggi dan hal ini sangat bermanfaat bagi tubuh karena bisa membantu mengatasi rematik.

 

  • Menurunkan kadar gula darah 

Jika selama ini anda memiliki keluhan kesehatan misalnya memiliki kadar gula darah yang tinggi maka anda bisa mencoba untuk mandi air dingin pada pagi hari.

Air dingin yang anda gunakan untuk mandi di pagi hari bisa berfungsi sebagai detoksifikasi yang bisa mencegah supaya kadar gula darah tidak naik dan menyeimbangkan atau menurunkannya.

 

  • Mencegah darah tinggi dan varises

Air dingin yang anda gunakan untuk mandi di pagi hari bisa membuat sirkulasi darah menjadi lebih lancar.

Tentu saja hal ini baik bagi kesehatan anda dan akibatnya tentu saja akan mencegah darah tinggi, varises dan mengerasnya pembuluh darah.

 

  • Meningkatkan semangat bersemangat

Bila selama ini anda sering merasa lemas dan tidak bertenaga di pagi hari maka anda bisa mengatasinya dengan mandi di pagi hari karena suhu air yang dingin bisa meningkatkan energi anda dan tentu saja anda akan menjadi lebih bersemangat.

 

  • Mengatasi flu

Ketika anda terkena penyakit flu maka biasanya hidung anda akan sering tersumbat dan sering mengalami bersin.

Masyarakat awam biasanya mandi air hangat ketika tubuhnya terserang flu padahal sebenarnya disarankan untuk lebih memilih mandi dengan air dingin karena hal air dingin bisa mengatasi gejala flu.

 

  • Mencegah jerawat dan wajah lebih berkilau

Air hangat biasanya digunakan untuk membersihkan wajah dengan membuka pori-pori kulit pada wajah.

Namun sayangnya biasanya kita lupa untuk menutup pori-pori kulit yang telah terbuka tersebut, yang bisa dilakukan dengan membasuh air dingin pada wajah.

Selain itu air dingin yang dibasuh ke wajah juga bisa mencegah karena air dingin bisa mencegah kulit berminyak dan tersumbatnya pori-pori.

Air dingin yang dibasuh pada wajah juga bisa menjadikan wajah lebih berkilau dan bisa mencegah munculnya lingkaran hitam pada mata.