Manfaat Kesehatan Mandi Air Hangat

Mandi merupakan salah satu kewajiban yang harus kita lakukan terutama ketika selesai melakukan kegiatan yang membuat badan kita menjadi kotor atau berkeringat.

Pada umumnya biasanya kita mandi sebanyak dua atau tiga kali dalam satu hari, yang biasanya dilakukan dengan menggunakan air biasa, tidak dingin dan tidak pula panas.

Namun ada kondisi tertentu yang membuat kita merasa ingin mandi dengan menggunakan air hangat, misalnya ketika cuaca sedang dingin.

Dalam berbagai penelitian yang telah dilakukan di berbagai negara maju, ternyata mandi dengan menggunakan air hangat memiliki manfaat kesehatan.

Seorang peneliti yang berasal dari the Center for Sleep Medicine at NewYork, Presbyterian (Weill Cornell Medical Center) yang bernama Dr. Dianna Augelli memiliki teori yang memperkuat hasil penelitian tersebut.

Seperti dilansir oleh Womenshealth, Minggu (12/3/2017). bahwa Dr. Dianna Augelli mengatakan bahwa ada beberapa alasan yang membuat mandi air hangat bermanfaat bagi kesehatan, diantaranya membuat tubuh menjadi lebih santai,dan suhu dingin setelahnya membuat kita menjadi lebih nyaman untuk tidur.

Dr. Dianna Augelli juga mengatakan bahwa sebaiknya mandi air hangat dilakukan setidaknya 90 menit sebelum tidur dimana pada saat itulah tubuh kita bisa memberikan sinyal pada tubuh untuk mengantuk.

“Tepat setelah mandi, tubuh anda akan merasa lebih aktif dan waspada, serta mungkin kreatif, namun dengan berjalannya waktu, anda akan semakin mengantuk dan akhirnya akan tertidur. Ditambah, bantal juga tidak lagi basah,” ungkapnya.

Selain bisa menghilangkan bau badan yang tidak sedap, ternyata ada banyak manfaat yang bisa anda peroleh dengan mandi dengan menggunakan air hangat.

Manfaat Kesehatan Mandi Air Hangat

Berikut ini adalah Manfaat Kesehatan Mandi Air Hangat, diantaranya :

  • Membersihkan tubuh secara keseluruhan

Bilamana anda mandi dengan menggunakan air hangat maka pori-pori kulit anda akan menjadi terbuka, berarti hal ini akan mengeluarkan kotoran yang menempel pada kulit lewat pori-pori kulit yang mengalami pelebaran karena air hangat.

Dengan menggunakan air hangat ketika mandi maka tubuh bisa menjadi lebih bersih secara maksimal dan disarankan untuk menutup kembali pori-pori kulit setelah mandi air hangat dengan menggunakan air dingin.

 

  • Melancarkan peredaran darah

Supaya organ-organ yang ada di dalam tubuh bisa berfungsi normal maka anda harus memastikan bahwa sirkulasi peredaran darah anda berjalan dengan baik dan lancar.

Peredaran darah yang tidak berjalan dengan baik dan lancar bisa memberikan dampak kesehatan yang negatif pada seseorang.

Mandi dengan menggunakan air hangat bisa membantu memperlancar peredaran darah termasuk dengan peredaran darah menuju ke otak.

Bilamana anda sering mengalami migrain maka bisa jadi hal tersebut dikarenakan otak anda mengalami kekurangan darah, sedangkan mandi dengan menggunakan air hangat bisa membantu mengatasi masalah tersebut.

 

  • Meredakan demam makanan-terbaik-untuk-orang-demam-tinggi

Ketika cuaca sedang tidak bersahabat maka sistem kekebalan tubuh kita akan rentan terkena penyakit demam, tidak peduli orang dewasa ataupun anak-anak.

Namun jika anda telah mengalami demam, maka anda bisa mengatasinya dengan mandi dengan menggunakan air hangat.

Fungsi air hangat adalah untuk menurunkan kondisi panas badan serta menghilangkan pilek yang menyerang tubuh anda.

 

  • Menghilangkan stres

Siapapun beresiko untuk terkena stres, terutama jika memiliki banyak jadwal kegiatan yang harus dilakukan dalam kesehariannya.

Salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan stres adalah dengan mandi air hangat, kemudian tenangkan hati dan pikiran anda sambil berendam dalam bak yang berisi air hangat.

 

  • Mengatasi Diabetes

Penyakit diabetes muncul akibat naiknya kadar gula dalam darah yang ada di dalam tubuh sehingga menimbulkan komplikasi bagi tubuh.

Seseorang yang memiliki riwayat keturunan diabetes memiliki resiko yang lebih tinggi untuk terkena diabetes jika dibandingkan dengan seseorang yang tidak memiliki riwayat keturunan penyakit diabetes.

Berita gembiranya adalah mandi dengan menggunakan air hangat bisa membantu mengatasi diabetes karena fungsi dari air hangat adalah untuk menurunkan kadar gula dalam darah menjadi seimbang.

 

  • Menyehatkan Jantung Manfaat Mandi Air Hangat

Jantung adalah salah satu organ tubuh yang sangat penting dimana fungsinya adalah untuk memompa darah ke seluruh bagian tubuh.

Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk menyehatkan jantung, misalnya dengan rutin berolahraga dan mandi dengan air hangat yang bisa membantu memperlancar sirkulasi peredaran darah dalam tubuh.

 

  • Menghilangkan Insomnia

Susah tidur di malam hari atau yang biasa disebut dengan insomnia merupakan masalah kesehatan yang biasa dialami oleh sebagian orang dan cukup sulit untuk dihilangkan.

Padahal tubuh kita membutuhkan waktu untuk beristirahat supaya pada keesokan harinya bisa melakukan kegiatan atau rutinitas dengan lancar.

Tentunya kita tidak mau jika siklus tidur kita menjadi terganggu dimana hal ini akan membuat kegiatan kita juga ikut menjadi terganggu.

Untuk menghilangkan penyakit susah tidur ini anda bisa mencobanya dengan mandi atau berendam dengan menggunakan air hangat, kemudian biarkan air hangat tersebut meresap ke dalam pori-pori kulit.

 

  • Menurunkan Berat Badan

Bilamana selama ini anda sudah berusaha menurunkan berat badan dengan menggunakan segala cara namun masih belum membuahkan hasil maka anda bisa mencobanya dengan mandi dengan menggunakan air hangat.

 

  • Menyembuhkan Flu dan Batuk

Ketika anda sedang mandi dengan menggunakan air hangat, uap air hangat yang anda hirup tersebut berfungsi sebagai dekongestan alami dan anda bisa menambahkannya dengan peppermint atau minyak kayu putih untuk memberikan efek relaksasi yang lebih kuat.

Dengan formula tersebut maka sirkulasi darah bisa menjadi lebih lancar dan hasilnya akan membantu meringankan sakit kepala, menghilangkan dahak atau ingus yang menjadi penyebab iritasi pada tenggorokan.

 

  • Mengatasi Sembelit sembelit

Sembelit adalah kondisi dimana seseorang mengalami sulit BAB (buang air besar) yang bisa terjadi dalam jangka waktu yang lama karena pergerakan usus menjadi tidak teratur.

Salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah sembelit adalah dengan mandi dengan menggunakan air hangat.

 

  • Mengatasi Infeksi Jamur Vagina

Infeksi jamur vagina adalah peradangan vagina atau termasuk jenis dari vaginitis. Infeksi jamur vagina bisa menyebabkan masalah lain seperti gatal, keputihan, serta iritasi pada vagina dan vulva.

Untuk mengatasi infeksi jamur vagina anda bisa mandi atau merendam tubuh anda ke dalam air hangat dimana perawatan ini bisa mengatasi rasa gatal yang mengganggu pada bagian vagina.