Manfaat Kesehatan Tanaman Sansevieria (Lidah Mertua)


Belakangan ini nama tanaman yang memiliki nama latin Sansevieria atau lebih dikenal sebagai Lidah Mertua (Mother-In-Law s Tongue) semakin terkenal dan di balik itu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia.

Tanaman ini juga memiliki nama panggilan lain, misalnya seperti tanaman pedang-pedangan, lidah jin, pohon ular, lidah setan, bowspring, lidah biawak, Hu Wei Lan, atau tali busur rami.

Awal mula nama tanaman ini diberikan untuk menghormati putra San Severo di Italia, yaitu Raimondo di Sangro (1710-1771).

Tanaman Sansevieria adalah tanaman yang termasuk ke dalam genus Dracaena dari keluarga Ruscaceae.

Selain memiliki banyak jenis dengan bentuk yang cantik dan menarik, tanaman ini juga memiliki banyak manfaat kesehatan.

Bahkan setelah dilakukan penelitian dan penyelidikan oleh NASA dan ALCA, diketahui bahwa tanaman yang memiliki ratusan jenis ini memiliki keistimewaan bisa menyerap bahan beracun seperti formaldehyde, trichloroethylene karbondioksida dan benzene.

kontes sansevieria

 

Ciri dan Spesies Tanaman Lidah Mertua

Tanaman ini memiliki lebih dari 100 jenis spesies, misalnya seperti Sansevieria cylindrica, Sansevieria hyacinthoides, Sansevieria ehrenbergii, Sansevieria metallica dan Sansevieria trifasciata. Sansevieria cylindrica

Tanaman Sansevieria mudah untuk dirawat atau dipelihara, karena tanaman ini memiliki daya adaptasi yang tinggi pada lingkungan dan tidak terlalu membutuhkan perawatan yang terlalu intensif.

Ciri khas dari tanaman ini yaitu memiliki bentuk yang tegak, dengan daun yang keras, sukulen dan sebagian besar diantaranya memiliki bentuk daun yang meruncing.

Mengenai warna tanaman Sansevieria, sebagian besar diantaranya memiliki warna hijau tua, hijau muda, hijau keabu-abuan, hijau dengan kombinasi merah, kuning atau yang lainnya.

Pada daun biasanya terdapat variasi ataupun garis-garis yang bervariasi atau tidak beraturan.

Tanaman Sansevieria tidak memiliki batang dimana tanaman ini bisa tumbuh setinggi 4 kaki dengan lebar 2.75 inci, sedangkan sebagian diantaranya bisa tumbuh bunga dengan berbagai warna yang berlainan.

 

Kandungan dan Khasiat Manfaat Tanaman Lidah Mertua

Bagian yang paling sering dimanfaatkan dari tanaman Sansevieria pada dunia kesehatan adalah daunnya yang memiliki sifat sejuk dengan khasiat antibiotik dan rasa yang kebanyakan pahit. Manfaat Kesehatan Tanaman Sansevieria

Daun tanaman Sansevieria mengandung abamagenin, polifenol, saponin dan kardenolin.

Adapun kandungan nutrisi yang terdapat pada daun serta akarnya yaitu glycosides, flavonoids, tannins, phytosterol, phenol, carbohydrate, anthocyanins, alkaloids, sapogenin, protein, terpenoids dan saponins.

Beberapa jenis tanaman lidah mertua seperti epipremnum aureum (Golden Photos) dan tanaman jagung (dracaena fragrans) diyakini bisa berfungsi sebagai pembersih racun di udara atau pembersih udara.

Ada sebuah jurnal yang mempublikasikan bahwa pada malam hari tanaman Sansevieria akan menghasilkan oksigen sehingga jenis tanaman ini cocok untuk dijadikan sebagai tanaman hias di dalam ruangan atau kamar.

Dengan demikian tanaman lidah mertua memiliki banyak manfaat medis dan non medis, misalnya bisa berfungsi sebagai analgesic, antidiabetic, antibaceterial, antiinflammatory, antiasthmatic, antioxidant, antitumorigenic, antipyretic, antiallergic, detoxicant, cytotoxic, emollient, febrifuge, expectorant, dan tonic.

Manfaat Kesehatan Tanaman Sansevieria (Lidah Mertua)

 

Manfaat Kesehatan Tanaman Sansevieria (Lidah Mertua)

Berikut ini merupakan Manfaat Kesehatan Tanaman Sansevieria (Lidah Mertua), diantaranya :

1. Mengurangi Sick Building Syndrome

Tanaman Sansevieria bisa mengurangi gejala sick building syndrome, dimana seseorang mengalami kondisi yang buruk terhadap kesehatan pada suatu bangunan.

Biasanya adalah pada ruangan di dalam bangunan tersebut terdapat kandungan nikotin, karbondioksida ataupun efek samping dari penggunaan AC yang terlalu berlebihan.

Dengan merawat beberapa jenis tanaman Sansevieria di dalam ruangan maka zat-zat yang tidak berguna tadi bisa diserap oleh tanaman tersebut.

 

2. Membantu Menyerap Radiasi

Tanaman lidah mertua juga diketahui bisa menyerap gelombang radiasi yang ditimbulkan oleh barang-barang elektronik, misalnya seperti HP atau televisi.

 

3. Untuk Aroma Terapi sansevieria lavranos

Anda bisa memanfaatkan tanaman Sansiviera sebagai media aroma terapi dimana pada saat sore hari biasanya bunga-bunga lidah mertua akan bermekaran dan mengeluarkan aroma khas yang bisa menimbulkan efek menenangkan hati dan meredakan stres.

 

4. Untuk Bahan Kriya Anyaman

Masyarakat Jepang telah lama menggunakan serat tanaman Sansevieria sebagai bahan kriya anyaan.

 

5. Penghias Taman dan Pagar

Tanaman Sansevieria biasanya sering dijadikan sebagai jenis tanaman untuk mempercantik taman atau sebagai pagar rumah.

Apalagi karakteristik daunnya yang tajam membuatnya semakin terlihat seperti pagar rumah yang terbuat dari besi.

 

6. Kaya akan Produksi Oksigen (O2)

Tanaman Sansevieria menghasilkan oksigen dalam kadar yang sangat tinggi dimana kandungan klorofilnya bisa membantu meningkatkan proses fotosintesis.

Apabila Anda tinggal di kawasan yang tinggi akan kadar polutan, maka disarankan untuk merawat beberapa jenis tanaman Sansevieria di lingkungan sekitar rumah.

 

7. Penyerap Polusi

Jenis tanaman Sansevieria seperti sansevieria laurentii, diketahui memiliki peranan yang sangat baik untuk menetralisir radikal bebas atau polutan di udara, bahkan diketahui ada sekitar 107 jenis polutan yang bisa dinetralisir termasuk dengan asap polutan yang berasal dari asap rokok.

 

8. Tonik Rambut sansevieria samurai dwarf

Anda bisa menggunakan cairan gel tanaman Sansevieria sebagai cairan gel untuk melebatkan rambut dengan cara mengusap-usapkannya pada rambut, sebelum akhirnya dibilas dengan menggunakan shampo dan air bersih.

 

9. Feng Shui Positif

Karena memiliki bentuk daun yang tumbuh vertikal maka tanaman lidah mertua dianggap baik sebagai tujuan Feng Shui.

Ada yang meyakini bahwa dengan meletakkan pohon Lidah mertua dekat anak-anak (seperti di dalam kamar belajar) bisa membantu mengurangi gangguan makhluk halus, sementara ada yang menyarankan meletakkan pot pohon Lidah mertua dekat dengan toilet agar menahan getaran parit (drain-down vibrations).

 

10. Antikanker pada Sel Kanker

Sebuah penelitian kesehatan menunjukkan bahwa ekstrak methanolic dari daun Sansevieria roxburgiana sebanyak 125 μg/ml tidak menjadi toksin bagi sel-sel normal, sebaliknya menjadi antikanker aktif dan antiproliferative terhadap sel-sel kanker.

 

11. Perawatan Sakit Telinga

Dengan membuat minuman jus dari tanaman Sansevieria kemudian meneteskannya pada telinga maka cara ini bisa Anda lakukan untuk mengatasi sakit telinga.

 

12. Obat Sakit Gigi

Siapkan beberapa tetes gel daun lidah mertua lalu teteskan pada bagian gigi Anda yang terasa sakit.

 

13. Membasmi Kutu Rambut

Anda bisa membuat minuman jus dari daun lidah mertua, kemudian oleskan pada rambut Anda untuk mengusir kutu-kutu rambut.

 

14. Mengurangi Penyakit Dalam Sansevieria cylindrica var patula

Anda bisa membuat ramuan yang terbuat dari akar lidah mertua, caranya sediakan akar lidah mertua kering yang bersih sebanyak 27 gr.

Setelah itu rebus dengan 3 gelas air putih sampai air rebusan tersisa menjadi 1 gelas saja.

Kemudian saring air rebusan tersebut dan Anda bisa minum air rebusan tersebut dua kali sehari, masing-masing sebanyak setengah gelas dalam sehari.

 

15. Untuk Mengatasi Influenza dan Batuk

Sediakan 25 lembar daun lidah mertua, kemudian cuci bersih dan rebus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa menjadi 1 gelas saja.

Saring air rebusan tersebut dan minum dua kali dalam sehari masing-masing sebanyak setengah gelas.

 

16. Menurunkan Resiko Diabetes Sansevieria cylindrica patula

Anda bisa menurunkan resiko penyakit diabetes dengan rutin mengonsumsi ramuan yang terbuat dari tanaman lidah mertua.

Caranya yaitu sediakan sekitar 20-25 lembar daun lidah mertua, kemudian cuci bersih dan rebus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa menjadi 1 gelas saja.

Saring air rebusan tersebut dan minum dua kali dalam sehari masing-masing sebanyak setengah gelas.