Manfaat Kesehatan Terapi Musik Relaksasi

Kesehatan dari organ tubuh manusia termasuk dengan otak dan kecerdasan bisa mengalami penurunan atau peningkatan fungsi yang bisa dipengaruhi oleh banyak hal termasuk dengan musik.

Harta manusia yang paling penting di dalam kehidupan ini adalah kesehatan sedangkan kecerdasan dibutuhkan oleh manusia sebagai sarana untuk meraih tujuan hidup masing-masing individu.

Kecerdasan dan kesehatan manusia merupakan sebuah ikatan yang tidak bisa terlepas dimana setiap apa yang kita lakukan maka dampak negatif dan positifnya akan kembali pada manusia itu sendiri.Manfaat Kesehatan Terapi Musik Relaksasi

Bila selama ini anda merasa bahwa kualitas kesehatan anda kurang baik maka anda harus meningkatkan kecerdasan pada pola pikir anda dimana hal ini akan meningkatkan kualitas hidup sehingga kualitas kesehatan anda bisa meningkat.

Sebagian masyarakat kita masih memiliki anggapan bahwa kesehatan dan kecerdasan tidak bisa berjalan bersamaan dengan baik dan seimbang.

Sebagai contoh misalnya ada seseorang yang terlihat sehat namun ternyata kecerdasannya tidak terlalu baik, namun di sisi lain ada seseorang yang memiliki gelar akademis yang mentereng seperti profesor, doktor, magister dan sebagainya namun kualitas kesehatannya tidak terlalu baik misalnya berkepala botak, memiliki penyakit diabetes, kanker, penyakit jantung dan sebagainya.

Menjalani kehidupan dengan menjaga supaya kesehatan dan kecerdasan bisa berjalan dengan selaras dan seimbang memang cukup sulit, apalagi di dalam kehidupan modern sekarang dimana tubuh harus bisa beradaptasi dengan segala perubahan kondisi lingkungan yang bisa terjadi sewaktu-waktu.

Belum ditambah dengan tuntutan hidup dan pekerjaan yang bisa mengakibatkan stres bagi mereka yang merasa tidak kuat menghadapinya.

Bila anda tidak bisa menciptakan suasana hati yang nyaman, tenang dan perasaan yang rileks maka kecerdasan dan kesehatan yang anda miliki bisa mengalami tekanan dan beresiko untuk mengalami penurunan.

musik relaksasi

Ada banyak cara yang bisa anda gunakan untuk menghadapi tekanan yang anda hadapi tersebut misalnya dengan menggunakan terapi musik relaksasi.

Dengan menggunakan terapi musik relaksasi maka suasana hati anda akan terbantu dan akan berubah menjadi lebih baik dan pastinya semua pikiran dan masalah yang anda hadapi bisa hilang atau berkurang karenanya.

Berikut ini merupakan Manfaat Kesehatan dari Terapi Musik Relaksasi diantaranya :

  • Penyembuhan

Dengan hanya mendengarkan alunan musik yang lembut dan relaksasi maka akan memberikan dampak yang positif terhadap rasa nyeri yang anda alami.

Selain itu dengan mendengarkan musik yang bersifat relaksasi anda juga bisa mendapatkan manfaat lain yaitu rasa nyeri yang kronis bisa jauh berkurang, mengurangi rasa nyeri yang berkepanjangan, dan termasuk bisa menghilangkan rasa nyeri pasca operasi.

Bagi ibu yang sedang menjalani masa kelahiran, dengan mendengarkan musik yang bersifat relaksasi juga bisa mengurangi rasa sakit yang dialami.

Bukan hanya itu karena terapi ini juga bisa mengurangi jumlah konsumsi obat-obatan yang harus dijalani pada masa operasi.

Musik yang bersifat relaksasi bisa memberi kontrol terhadap tubuh untuk mengatasi rasa nyeri dan rasa sakit.

 

  • Mengurangi tekanan darah

Anda hanya cukup meluangkan waktu sejenak sekitar setengah jam untuk mendengar musik yang bersifat relaksasi maka hipertensi atau tekanan darah anda bisa menurun.

 

  • Obat untuk Jantung

Di dunia pengobatan modern terkadang musik relaksasi digunakan sebagai terapi alternatif untuk mengatasi berbagai penyakit yang bersifat kronis seperti penyakit kanker, jantung, dan sebagainya.

Mendengarkan musik relaksasi merupakan cara yang mudah dan hemat biaya dimana terapi ini sangat disukai karena minim resiko.

Musik bisa memberikan efek relaksasi yang bisa mempercepat masa penyembuhan pasien, selain itu juga bisa meningkatkan mood yang drop atau hilang.

 

  • Meningkatkan imunitas

Seseorang yang mendengarkan musik yang bersifat relaksasi diketahui memiliki fungsi kekebalan tubuh yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan mereka yang jarang mendengarkan musik yang bersifat relaksasi.

 

  • Mengembangkan pikiran yang kreatif

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Eropa disebutkan bahwa musik relaksasi bisa membantu seseorang untuk mendorong kreativitas dan memberikan ruang ide baru.

Dengan demikian mendengar musik relaksasi bisa membantu mendorong sisi kreatifitas seseorang, dengan kata lain fungsi otak juga akan semakin berkembang.

 

  • Meningkatkan kinerja daya ingat/memori

Musik relaksasi bisa menuntun memori otak kita untuk memasuki kondisi alam bawah sadar tempat berbagai kenangan memori otak tersimpan, dengan demikian mendengar musik relaksasi bisa menggali memori atau meningkatkan kemampuan daya mengingat.

 

  • Membantu meningkatkan konsentrasi dan fokus

Sebuah penelitian studi menunjukkan bahwa seseorang yang mendengar nada yang bersifat tenang dan santai bisa meningkatkan intensitas daya konsentrasi memori otak.

 

  • Membantu gerakan tubuh dan koordinasi

Ketegangan otot diketahui bisa menurun setelah otak menerima input nada atau musik yang bersifat relaksasi dimana hal ini bisa meningkatkan gerakan dan koordinasi anggota tubuh.

 

  • Menghilangkan kelelahan

Ketika tubuh sedang butuh istirahat maka musik yang santai bisa membantu tubuh untuk beristirahat dengan lebih baik dan efektif dimana nantinya tubuh akan mendapatkan energi tambahan.

Tentunya mendengarkan musik yang bersifat relaksasi disarankan bagi mereka yang bekerja dengan rutinitas yang padat dan menjemukan.

 

  • Meningkatkan produktivitas kerja tidur nyenyak sambil dengar musik

Dalam berbagai studi disebutkan bahwa seseorang yang bekerja dengan diiringi alunan musik yang santai dengan yang tidak diiringi alunan musik menunjukkan hasil yang jauh berbeda.

Seseorang yang bekerja dengan diiringi musik santai diketahui akan memiliki pikiran yang lebih rileks, menghilangkan rasa kantuk.

Bukan cuma itu saja karena dengan mendengarkan musik yang bersifat rileksasi sebelum tidur maka bisa membantu meningkatkan kualitas tidur anda.

 

  • Membantu mengurangi stres dan meningkatkan rilaksasi

Pada dasarnya mendengarkan musik relaksasi bukan hany bisa menghilangkan rasa capek pada pikiran namun juga bisa membantu menghilangkan rasa capek pada otot dan fisik akibat terlalu lama bekerja.

Sedangkan musik relaksasi ini secara perlahan akan mengendurkan syaraf anda yang sebelumnya kelelahan dan tegang.

Dengan demikian dengan mendengarkan musik relaksasi maka produktivitas kerja anda akan meningkat dan masalah seperti stres dan susah tidur bisa hilang secara perlahan jika anda sering mendengar musik relaksasi.

Di dunia modern seperti sekarang ini ada banyak pilihan yang bisa anda pilih untuk menikmati alunan musik relaksasi misalnya dari handphone, DVD, dan berbagai music player lainnya.