Manfaat Kesehatan Tidur Siang




Ternyata tidur siang memiliki banyak manfaat kesehatan yang tak terduga serta bisa mencegah berbagai penyakit.

Bagi sebagian orang tidur siang sangatlah bermanfaat karena berfungsi untuk mengistirahatkan tubuh dan menjadikannya lebih relaks.

Bekerja dalam waktu yang cepat dan singkat biasanya menjadi harapan banyak orang, padahal mengistirahatkan tubuh dengan tidur siang meskipun dalam waktu yang singkat sangatlah bermanfaat.

Tidur siang secara tidak langsung bisa membantu meningkatkan kewaspadaan dan tentunya ada beberapa profesi yang sangat terbantu dengan hal ini, misalnya pilot pesawat, sopir mobil, sopir kapal, dan sebagainya.

manfaat kesehatan tidur siang

Maka dari itu jangan anggap sepele tidur siang namun jangan dilakukan secara berlebihan atau terlalu lama.

Berikut ini adalah manfaat kesehatan tidur siang, diantaranya :

  • Meningkatkan daya ingat otak

Tidur siang bisa membantu meningkatkan daya ingat otak, sehingga hal ini sangat baik untuk dilakukan oleh seseorang yang sudah lanjut usia serta anak-anak.

Peran tidur bagi kinerja otak adalah untuk melancarkan daya ingat otak, dan setiap orang membutuhkan tidur untuk mengistirahatkan fungsi tubuh.

 

  • Meningkatkan Kewaspadaan

Bilamana Anda sudah mengantuk berat meskipun setelah selesai melakukan makan siang maka sebaiknya Anda mengistirahatkan tubuh Anda, misalnya dengan tidur siang lalu beraktivitaslah kembali setelah tubuh Anda benar-benar bugar kembali.

Lembaga dunia seperti NASA bahkan melakukan penelitian mengenai tidur siang, dan hasil penelitiannya menunjukkan bahwa tidur siang selama 40 menit bisa membantu meningkatkan kewaspadaan hingga 100%.

Sedangkan penelitian yang lain juga menunjukkan hasil positif mengenai tidur siang dimana tidur siang selama 20 menit lebih bermanfaat daripada melakukan olahraga atau minum 200 mg kafein.

Bahkan co-pilot diperbolehkan untuk menggantikan pilot pada saat take-off dan melakukan pendaratan, sedangkan pilot utama menunaikan tidur siang apabila tubuhnya benar-benar lelah atau mengantuk.

 

  • Meningkatkan Mood

Neurotransmitter serotonin berfungsi untuk mengatur suasana tidur, hati, selera, kepuasan dan kesejahteraan.

Namun apabila Anda mengalami stres maka produksi serotonin akan terhenti sedangkan penggunaannya terus berjalan, hal ini bisa meningkatkan rasa cemas, depresi, mudah emosi, mudah merasa terganggu dan merasa kewalahan.

Tidur siang bisa membantu meningkatkan produksi serotonin atau meningkatkan mood.

 

  • Meningkatkan Fungsi Indera dan Kreativitas

Sara Mednick C. yang merupakan seorang ilmuwan napologist mengatakan bahwa tidur siang hampir mirip dengan tidur malam, bisa membantu meningkatkan persepsi sensorik.

Tidur siang bisa membantu menyegarkan kreativitas otak sehingga bisa menghasilkan berbagai ide baru.

 

  • Mengatasi Insomnia manfaat tidur siang

Bilamana selama ini Anda sering mengalami susah tidur di malam hari (insomnia) maka Anda bisa mengatasinya dengan tidur siang.

Sering merasa kesulitan untuk tidur di malam hari bisa berdampak buruk bagi kesehatan, padahal tubuh juga butuh beristirahat setelah melakukan aktivitas selama seharian penuh.

Jika jam tidur malam Anda tidak normal maka hal ini akan mengganggu daya ingat dan konsentrasi Anda.

Meskipun terlihat sepele namun jika belakangan ini Anda sering mengalami hal ini maka bukanlah hal yang aneh apabila Anda juga sering merasa kesulitan untuk berkonsentrasi, mudah lupa, mudah lelah, yang jika dibiarkan tentunya juga akan berpengaruh pada kondisi kerja dan resiko terberatnya adalah mudah mengalami kecelakaan kerja yang bisa menghilangkan nyawa.

Masalah di tempat kerja selain bisa membahayakan keselamatan Anda, juga bisa membahayakan keselamatan orang lain yang ada di sekitar.

Insomnia merupakan istilah sebutan untuk merasa kesulitan untuk tidur di malam hari, maka dari itu tidur siang merupakan aktivitas yang bisa membantu tubuh untuk melepas rasa kantuk.

 

  • Mengurangi Stress

Stres meskipun sedikit, jika dibiarkan beresiko untuk makin tumbuh dan berkembang yang jika dibiarkan bisa menjadi sumber dari penyakit lain yang berbahaya seperti penyakit jantung dan gangguan syaraf.

Penyebab utama dari stres biasanya adalah karena otak merasa lelah dan capek yang disebabkan karena terlalu sering berpikir yang berat sehingga otak menjadi tegang.

Apabila Anda sudah mulai merasa pusing, apalagi jika otak Anda sudah mulai merasa tegang maka disarankan untuk melakukan tidur siang atau setidaknya merebahkan tubuh Anda sejenak untuk membuat organ tubuh Anda menjadi fresh kembali.

 

  • Mencegah Penyakit Jantung & Stroke tidur di lantai

Apabila Anda bekerja keras di siang hari terutama jika Anda memaksakan diri untuk terus bekerja padahal tubuh sudah lelah dan mata mengantuk, maka detak jantung Anda akan berdetak lebih kencang dari biasanya.

Apalagi jika Anda masih menambahkannya dengan mengonsumsi kopi yang mengandung kafein atau minuman berenergi yang katanya bisa memberikan energi tambahan, maka akan memberikan dampak yang tidak baik untuk kesehatan tubuh Anda.

Dengan melakukan aktivitas tidur siang meskipun hanya 30 menit per hari maka hal ini bisa membantu mengistirahatkan tubuh Anda, dan tentu saja Anda akan terhindar dari resiko stroke dan penyakit jantung.

 

  • Meningkatkan Kesehatan Tubuh

Tubuh Anda bisa saja akan memproduksi terlalu banyak hormon kortisol apabila Anda sering kurang tidur.

Kortisol sendiri sering disebut sebagai hormon stres yang bisa memberikan pengaruh terhadap respon anggota tubuh.

Kortisol yang berlebihan dalam tubuh bisa membuat sistem otot dan daya tahan tubuh mengalami penurunan daya tahan intoleransi glukosa dan lemak mengalami peningkatan, tingkat hormon pertumbuhan mengalami penurunan dan testosteron pada tubuh Anda akan membantu mencegah hal ini.

Kelebihan hormon ini jika dibiarkan maka dalam jangka waktu yang lama bisa beresiko menimbulkan penyakit jantung dan diabetes.

 

  • Meningkatkan Produktivitas tidur siang

Bila tubuh dan pikiran sudah mulai kelelahan maka jika masih saja dipaksakan untuk terus bekerja maka biasanya produktifitas kerja tidak akan sebaik seperti biasanya dan bisa membahayakan keselamatan diri dan orang lain.

Maka dari itu tidur siang meskipun dilakukan hanya sejenak maka bisa membantu meningkatkan produktivitas kerja.

 

Manfaat tidur siang yang lain, diantaranya :

  • Meningkatkan stamina
  • Mengurangi resiko mudah lupa
  • Tenaga yang hilang bisa kembali
  • Meningkatkan efektivitas dalam bekerja
  • Kebugaran tubuh meningkat
  • Membuang racun dari dalam tubuh
  • Melancarkan metabolisme tubuh