Manfaat Kesehatan Yoga

Yoga bisa dikategorikan sebagai sebuah olahraga yang memadukan antara gerakan bagian tubuh dan membutuhkan ketenangan, konsentrasi, serta ketika melakukannya kondisi tubuh sebaiknya dalam kondisi yang santai.

Sebenarnya yoga sudah ada sejak jaman dahulu, lebih tepatnya sekitar tahun 2000 sebelum masehi.

Sedangkan belakangan ini yoga makin banyak diminati oleh masyarakat karena olahraga ini memiliki banyak manfaat serta tidak menguras fisik seperti halnya olahraga yang lain seperti tinju, sepakbola, basket dan sebagainya.

Olahraga yoga bisa dilakukan oleh segala usia (tua ataupun muda), baik pria ataupun wanita, termasuk dengan ibu hamil dan manula.

Manfaat Kesehatan Yoga

Lalu apa saja manfaat dari olahraga yoga?

Berikut ini adalah Manfaat Kesehatan Yoga, diantaranya :

1. sebagai media relaksasi

Pada awalnya gerakan-gerakan yang ada pada olahraga yoga adalah bentuk dari gerakan tubuh dan anggota badan dimana gerakan ini akan menjadikan tubuh anda menjadi lebih santai.

Bukan hanya itu karena biasanya pada saat melakukan yoga, juga sambil diiringi dengan musik yang bertempo lambat ataupun suara-suara alam yang bisa membuat hati dan pikiran menjadi lebih santai.

 

2. Mencegah dan mengurangi stres

Pada saat melakukan yoga biasanya anda akan menjadi lebih rileks sehingga beban pikiran yang mengganggu kehidupan keseharian anda akan keluar dengan sendirinya.

Hanya dengan melakukan olahraga yoga dalam waktu beberapa menit biasanya anda akan bisa langsung merasakan manfaatnya.

 

3. Meningkatkan daya tahan tubuh 

Tidak jauh berbeda dengan jenis olahraga yang lain dimana yoga juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh anda.

Dengan melakukan gerakan-gerakan yoga, maka imunitas tubuh anda akan mengalami peningkatan sehingga anda tidak mudah jatuh sakit.

 

4. Menambah stamina gerakan yoga

Karena daya tahan tubuh mengalami peningkatan maka secara tidak langsung stamina tubuh juga akan mengalami peningkatan.

Dengan melakukan gerakan dan pernapasan yoga maka anda bisa mendapatkan manfaat kesehatan yang setara dengan berlari di lapangan.

 

5. Melatih pengendalian emosi

Ketika melakukan yoga biasanya anggota tubuh anda akan bergerak untuk mengikuti teknik relaksasi dan tentunya hal ini bisa membantu anda untuk mengontrol emosi, sehingga tidak mudah marah dan menjadi lebih bijaksana dalam mengambil keputusan.

 

6. Mengembangkan emosi positif

Emosi bisa dibedakan menjadi dua, yaitu emosi positif dan emosi negatif.

Dengan melakukan yoga maka anda melatih diri untuk lebih mengontrol emosi negatif, dan tentunya ketika emosi negatif bisa dikendalikan dengan baik maka emosi positiflah yang akan lebih menonjol pada diri anda.

Dengan kata lain jika anda sering melakukan yoga maka anda emosi positif anda akan makin berkembang, dan contohnya adalah anda akan mudah tersenyum, merasa bahagia dan senang.

 

7. Meningkatkan daya ingat

Ketika melakukan gerakan yoga, hati dan pikiran anda akan cenderung berkonsentrasi secara penuh untuk melakukan gerakan-gerakan relaksasi.

Melatih gerakan-gerakan relaksasi ini sama juga dengan melatih daya konsentrasi anda, dan dampaknya adalah daya ingat anda akan mengalami peningkatan pula.

Jika anda bisa berkonsentrasi dengan baik maka biasanya daya ingat anda akan menjadi lebih baik dari sebelumnya.

 

8. Meningkatkan kelancaran peredaran darah

Olahraga yoga juga memiliki manfaat yang hampir sama dengan jenis olahraga yang lain misalnya membantu melancarkan peredaran darah.

Dengan demikian jika anda sering melakukan yoga maka anda tidak akan mudah terkena penyakit yang berhubungan dengan peredaran darah misalnya penyakit jantung.

 

9. Meningkatkan gairah seksualitas

Ketika melakukan gerakan yoga, peredaran darah anda menjadi lebih lancar dimana hal ini akan membuat hormon-hormon yang ada di dalam tubuh anda bisa berfungsi dengan baik sehingga gairah seksual cenderung tidak akan mengalami masalah.

 

10. Membakar lemak 

mengukur lemak berlebih di pinggang

mengukur lemak berlebih di pinggang

Sebagian besar dari jenis olahraga bisa membantu membakar lemak yang ada di dalam tubuh, termasuk dengan ketika anda melakukan gerakan yoga.

Bukti yang paling jelas adalah ketika melakukan olahraga yoga, biasanya tubuh anda akan menjadi berkeringat dimana kondisi ini menunjukkan bahwa lemak yang ada di dalam tubuh anda telah terbakar.

 

11. Menurunkan berat badan

Tidak jarang yoga menjadi olahraga yang diminati oleh masyarakat karena olahraga ini bisa membantu menurunkan berat badan.

Dengan melakukan gerakan-gerakan yoga maka anggota tubuh anda akan bergerak, tubuh berkeringat dan otot menjadi lebih terbentuk dengan baik.

 

12. Meningkatkan kinerja jantung

Yoga bisa dikategorikan sebagai jenis olahraga cardio yaitu jenis olahraga yang mengoptimalkan kinerja jantung serta mengatur detak jantung, seperti halnya jenis olahraga lari dan berenang.

Sehingga dengan rutin melakukan olahraga yoga, maka kondisi kesehatan jantung anda akan menjadi lebih baik sehingga anda akan terhindar dari jenis penyakit yang berhubungan dengan jantung.

 

13. Meningkatkan fungsi pernapasan

Gerakan-gerakan serta relaksasi yang dilakukan ketika melakukan yoga bisa mengoptimalkan pernapasan anda.

Dengan kata lain, jika anda rutin melakukan yoga maka fungsi jantung dan paru-paru anda akan menjadi lebih baik.

 

14. Mencegah osteoporosis 

Gerakan-gerakan yang dilakukan pada saat melakukan yoga bisa melatih fungsi persendian dan tulang sehingga anggota tubuh anda bisa bergerak dengan lebih baik dan lancar.

Dengan demikian olahraga yoga bisa membantu menjaga kesehatan tulang anda dan anda juga terhindar dari penyakit yang berhubungan dengan tulang.

gerakan-gerakan yoga

15. Mengeluarkan racun dalam tubuh

Ketika melakukan gerakan yoga, biasanya tubuh anda akan mengeluarkan keringat akibat lemak yang ada di dalam tubuh mengalami pembakaran.

Adapun racun-racun yang tadinya ada di dalam tubuh anda juga akan ikut keluar melalui keringat tersebut.

 

16. Menghaluskan kulit

Ketika racun-racun yang ada di dalam tubuh keluar bersamaan dengan keringat maka kulit anda akan menjadi lebih halus dan sehat.

Otot-otot tubuh yang makin kencang karena melakukan gerakan-gerakan juga akan ikut membuat kulit anda terhindar dari masalah keriput karena kulit anda akan menjadi lebih kencang dan halus.

 

17. Menurunkan kadar gula darah dan kolesterol

Ketika melakukan yoga akan terjadi proses detoksifikasi dimana berbagai racun yang ada di dalam tubuh, terutama jenis racun yang memicu naiknya gula darah dan kolesterol akan keluar dari dalam tubuh melalui keringat.

Maka anda akan terhindar dari masalah penyakit yang berhubungan dengan kolesterol dan gula darah.

 

18. Mencegah diabetes

Ketika kolesterol dan kadar gula darah dalam tubuh mengalami penurunan maka berarti anda juga akan terhindar dari penyakit diabetes.

Tentu saja, karena kadar gula darah yang tinggi dan kolesterol yang ada di dalam tubuh tidak terkontrol dengan baik maka kondisi ini bisa memicu resiko penyakit diabetes.

Berarti ketika melakukan yoga, anda akan mengeluarkan racun-racun yang bisa memicu resiko penyakit diabetes dari dalam tubuh.