Manfaat Kulit Anggur Dan Resveratrol Dalam Nectura Antioksidan

 

manfaat dan khasiat nectura

manfaat dan khasiat nectura

Anggur sejak dulu dipercaya memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan karena mengandung berbagai macam senyawa metabolit sekunder, khususnya golongan flavonoid dan antosianin, serta resveratol.

Nectura antioksidan, selain mengandung intisari dari buah anggur juga mengandung grape skin atau kulit anggur. Mengapa Nectura antioksidan menyertakan kulit anggur sebagai salah satu bahan ramuannya?

Begini, kulit anggur mengandung banyak serat dan juga zat resveratrol yang merupakan salah satu sumber dari zat yang mangandung antioksidan yang bernama flavonoid.

Resveratrol merupakan salah satu senyawa polifenol yang terkandung di dalam tumbuh-tumbuhan serta banyak dimanfaatkan untuk keperluan dalam bidang kesehatan.

Senyawa resveratrol ini digolongkan sebagai senyawa fitoaleksin, yaitu sebuah senyawa yang dihasilkan oleh tanaman sebagai respon dari masuknya patogen atau penyakit pada tanaman.

Pada tahun 1940 an, resveratrol ditemukan pertama kali di dalam akar tanaman “Veratrum grandiflorum”. Resveratrol banyak sekali terdapat di dalam Polygonum cuspidatum, kacang, ekaliptus, lili, stroberi, anggur serta berbagai produk olahan anggur seperti wine.

kulit buah anggur

kulit buah anggur

Flavonoid sendiri terdiri dari quercetin, katekin serta antosianin. Telah banyak penelitian yang telah menunjukkan bahwa resveratrol pada kulit anggur ini sangat baik sekali untuk menjaga kondisi kesehatan tubuh kita, karena dapat menjauhkan kita dari bahaya penyakit kanker serta membuat kita selalu tampak awet muda.

Guna mencegah terjadinya proses kerusakan sel-sel tubuh karena adanya proses oksidasi sebagai akibat dari paparan zat beracun maupun polusi, maka tubuh kita memerlukan antioksidan.

Dan ternyata, kulit anggur ini mengandung antioksidan yang tinggi, bahkan lebih tinggi bila dibandingkan dengan antioksidan yang terdapat pada vitamin C.

Kulit anggur sendiri, selain mengandung antioksidan juga mengandung resveratrol. Resveratrol ini memiliki sifat sebagai antijamur, antikanker, antidiabetes serta masih banyak lagi.

Resveratrol banyak ditemukan pada bagian kulit serta biji buah anggur. Kulit anggur yang masih segar, mengandung sekitar 50 hingga 100 mikrogram resveratrol.

Fitokimia atau bahan kimia alami yang berasal dari tumbuh-tumbuhan sepert resveratrol, telah diakui dapat menghambat proses pertumbuhan sel-sel kanker, penyakit jantung, penyakit saraf degenerasi, infkesi virus  maupun penyakit Alzheimer.

Resveratrol dalam dosis rendah, dapat meningkatkan kelangsungan hidup sel-sel tubuh. Sedangkan dalam dosis yang terlalu tiinggi reseveratrol dapat meningkatkan kematian sel.

Maka dari itu, penggunaan resveratrol dalam dosisi tinggi umumnya diberikan pada metode pengobatan maupun perawatan kanker. Dengan maksud untuk membunuh semua sel kanker yang ada di dalam tubuh kita.

Dalam sebuah studi juga menunjukkan adanya perlindungan genom melalui tindakan antioksidan yang kemungkinan merupakan fungsi umum dari resveratrol.

Dalam penelitin pada tikus di laboratorium, resveratrol memiliki kaitan yang menguntungkan dari adanya pembatasan kalori pada jantung, rangka, otot serta otak.

kandungan nutrisi pada buah dan kulit anggur

kandungan nutrisi pada buah dan kulit anggur

Ada sebuah penelitian lain yang mengungkapkan bahwa senyawa aktif yang terkandung dalam buah anggur, mampu meningkatkan kinerja sel endotelial yang berperan penting dalam memperlancar aliran darah dalam arteri yang berhubungan dengan aktivitasnya pada sel-sel otot halus. Dengan cara yang seperti ini, maka resiko terkena serangan jantung dapat dikurangi.

Selain itu, anggur juga mengandung banyak sekali senyawa-senyawa antioksidan yang efek kerjanya lebih kuat dibandingkan dengan kombinasi anatar vitamin C dengan vitamin E sekalipun.

Di dalam tubuh kita, nantinya senyawa flavonoid dari buah anggur yang terkandung dalam Nectura akan dapat meningkatkan produksi HDL atau lemak baik sekaligus dapat menurunkan trigliserida yang ada di dalam darah.

Berikut ini adalah penjelasan tentang manfaat resveratrol yang terkandung di dalam Nectura antioksidan

  • Efek Resveratrol Pada Jantung

Minum produk olahan anggur seperti wine secara moderat telah lama dikenal dapat mengurangi resiko penyakit jantung. Hal seperti ini sering dikenal dengan nama “French paradox” atau paradoks Perancis. Dalam sebuah study yang meneliti tentang resveratrol di dalam wine, memiliki peranan dalam fenomena seperti ini.

Para peneliti menjabarkan fungsinya seperti ini: sebagai penghambat ekspresi molekul adhesi sel vaskular, menghambat penyempitan pembuluh darah, stimulasi endolethelial nitrat, menghambat agregasi platelet serta menghambat peroksidasi LDL.

Kandungan nutrisi dari buah anggur dapat meningkatkan kadar oksidasi dari nitrat yang nantinya akan mencegah munculnya penggumpalan darah sehingga mencegah resiko serangan jantung.

  • Efek Resveratrol Pada Kanker

Resveratrol memiliki fungsi yang sama dengan polifenol yang lain, yaitu menjadi inhibitor topoisomerase yang kuat sehingga memiliki fungsi yang salam seperti obat kemoterapi antikanker seperti etoposid serta doxorubicin. Hal seperti ini sekaligus dapat berkontribusi untuk kedua potensi sifat antikanker serta sebagai zat karsinogenik dalam kondisi tertentu.

Kandungan resveratrol dalam Nectura, akan mencegah anda dari serangan berbagai macam penyakit kanker, khususnya kanker payudara serta kanker colon.

  • Efek Resveratrol Pada Diabetes

Dalam sebuah uji klinis yang dilakukan oleh Sirtris Pharmaceuticals, Inc, telah menunjukkan bahwa resveratrol dapat juga digunakan sebagai penurun kadar gula darah. Dengan menurunnya kadar gula dalam darah, maka hal seperti ini menurunkan resiko terserang penyakit diabetes.

  • Efek Resveratrol Pada Penuaan

Karena resveratrol merupakan bagian dari folifenol yang mengandung antioksidan sehingga baik sekali untuk mencegah proses penuaan dini serta sistem regenerasi sel-sel kulit yang mati.

macam-macam buah anggur

macam-macam buah anggur

Jadi, ada baiknya jika kita mengkonsumsi buah anggur sekaligus dengan kulitnya, baik itu dimakan secara langsung maupun diolah menjadi minuman yang baik untuk kesehatan.

Walaupun anggur lokal memiliki kulit yang lebih tipis jika dibandingkan dengan anggur import, namun justru kulit anggur lokal memiliki kandungan antioksidan yang lebih tinggi.

Namun, anda tetap perlu waspada tentang kebersihannya. Cucilah buah anggur dengan air bersih yang mengalir sebelum mengkonsumsi buah anggur

Jika anda tidak ingin merasa kerepotan, ada baiknya anda mengkonsumsi Nectura antioksidan untuk mendapatkan semua manfaat dari kulit buah anggur beserta manfaat dari resveratrol.

1 comment for “Manfaat Kulit Anggur Dan Resveratrol Dalam Nectura Antioksidan

  1. Pingback: donnie

Comments are closed.