Manfaat Lain Dari Berpuasa Dan Cara Menurunkan Kolesterol

manfaat berpuasa

manfaat berpuasa

Umat Islam berpuasa di Bulan Ramadhan sebagai cara untuk membersihkan dan menyehatkan dirinya baik secara fisik, mental dan spiritual. Di zaman modern seperti sekarang ini, semakin banyak bukti yang terkumpul dan semakin memperkuat manfaat dari berpuasa bagi kesehatan manusia.

Salah satu penelitian tentang manfaat berpuasa terhadap kesehatan telah dimuat dalam American Journal of Applied ciences pada tahun 2007. Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi dampak dari puasa di bulan Ramadhan terhadap profil lipid plasma serta kadar glukosa pada beberapa mahasiswa di Yordania.

Seperti yang kita ketahui bersama, puasa mendatangkan banyak perubahan pada pola tidur, aktivitas fisik serta kebiasaan makan pada orang-orang yang menjalankannya. Kemungkinan perubahan seperti inilah yang dapat menyebabkan adanya perubahan metabolisme terhadap tingkat kesehatan serta penyakit seseorang.

Penelitian ini dilakukan di Yordania pada tahun 2006 dan menganalisa sekitar 70 orang mahasiswa dan mahasiswi di Yordania yang kondisi tubuhnya sehat. Rata-rata mereka berumur 21 tahun. Para peneliti menganalisa dan mencatat berat badan, denyut nadi, tekanan darah sistolik serta diastolik.

Setiap perubahan dicatat oleh para peneliti. Selama kurun waktu 4 minggu berpuasa, berat badan,denyut nadi serta tekanan darah para responden menunjukkan perubahan menjadi lebih rendah bila dibandingkan dengan sebelum berpuasa. Dan sekitar dua minggu setelah berpuasa, berat badan, denyut nadi serta tekanan darah mereka cenderung kembali seperti sebelum melakukan puasa.

akibat dari kolesterol tinggi

akibat dari kolesterol tinggi

Para peneliti memeriksa gula darah, kolesterol, trigliserida, kadar LDL dan HDL sekitar 1 hari sebelumnya, pada minggu pertama, minggu kedua, minggu keempat pada bulan puasa serta dua minggu setelah puasa. Ternyata, kadar HDL mereka menunjukkan peningkatan secara signifikan selama bulan puasa.

Hal ini mengindikasikan bahwa ada hubungan positif antara denyut nadi dengan asupan lemak. Kadar LDL yang merupakan kolesterol jahat memang tampak menurun secara signifikan pada akhir puasa. Selain itu juga tidak ada tanda-tanda terjadinya peningkatan gula darah di akhir puasa.

Penelitian ini telah membuktikan bahwa puasa di bulan Ramadhan dapat menurunkan berat badan serta kolesterol jahat secara signifikan. Berpuasa juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik. Dan tidak tampak adanya peningkatan kadar trigliserida serta gula darah pada akhir bulan puasa.

Jadi, dalam penelitian ini disimpulkan bahwa puasa di bulan Ramadhan maupun puasa lainnya, akan memberikan dampak yang baik terhadap profil lemak darah karena adanya pembatasan asupan makanan selama berpuasa. Profil lemak darah yang lebih baik seperti ini nantinya akan sangat menguntungkan karena dapat mencegah terjadinya penyakit jantung koroner maupun stroke.

Umumnya, untuk menurunkan kadar kolesterol jahat yang terlalu tinggi, dokter akan memberikan obat statin. Namun, selain mengkonsumsi obat statin, ada juga cara yang lebih alami untuk menurunkan kadar kolesterol yang berlebihan. Sekitar 60 sampai 70% kadar koleterol tinggi dapat kita kendalikan hanya dengan melakukan perubahan gaya hidup.

Statin, umumnya diberikan oleh dokter untuk menurunkan kadar koleterol jahat atau LDL. Obat ini memang ampuh sekali untuk menurunkan kolesterol jahat. Namun, penggunaan statin pada orang tertentu dapat menimbulkan masalah lain pada kesehatan. Efek samping dari statin adalah dapat menyebabkan spasme otot serta kerusakan pada otot.

memahami-hasil-tes-kolesterol-andaTidak semua orang yang mengalami kolesterol tinggi boleh minum statin. Upaya lain yang bisa kita lakukan untuk menurunkan kolesterol yang paling aman adalah dengan mengubah gaya hidup. Bila kita telah mengubah gaya hidup namun kadar kolesterol tetap tinggi juga, baru kita diperbolehkan mengkonsumsi statin.

Upaya mengurangi kolesterol dengan mengubah gaya hidup, memang tidak sehebat daya kerja statin. Pola makan sehat yang diimbangi dengan berolahraga umumnya akan menurunkan kolesterol jahat sebanyak 20 sampai 40% aja. Namun bila dilakukan dengan rutin, bukan tidak mungkin kadar kolesterol akan turun juga meskipun secara perlahan-lahan.

Upaya seperti menjaga pola makan yang sehat, berolahraga dan ditambah dengan penggunaan suplemen dapat mengurangi tingginya kadar kolesterol jahat sebanyak 60%, dengan catatan bila dilakukan secara rutin.

Sebenarnya, kunci untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh adalah dengan menjaga pola makan dan hanya mengkonsumsi makanan-makanan yang menyehatkan secara seimbang. Namun, hal seperti tidak mengharuskan kita membeli berbagai produk makanan yang disertai dengan label rendah kolesterol atau low cholesterol.

Menurunkan kolesterol jahat yang paling mudah adalah mengkonumi makanan sehat, seperti sayur, buah ,ikan, gandum utuh serta kacang-kacangan. Sebab, jenis makanan seperti ini akan bekerja lebih efektif lagi dalam memperbaiki profil atau kadar kolesterol dalam tubuh kita.

Selain itu kita juga perlu membatasi asupan jenis makanan tertentu seperti daging merah, keju serta telur. Ingat, cukup membatasi konsumsinya saja, jangan dihilangkan begitu saja karena kita masih memerlukan nutrisi penting lain yang terkandung dalam daging merah, maupun telur.

Melakukan pola makan sehat, berolahraga, mengurangi stres serta bersosialisasi akan dapat menurunkan kolesterol jahat sebanyak 40% lebih serta dapat menyebabkan plak dalam arteri darah menyusut.

Olahraga juga penting karena dengan cara berolahraga secara teratur akan meningkatkan HDL atau kolesterol baik sebanyak 5 ampai 10%. Selain itu, melakukan olahraga juga akan memperbaiki kadar trigliserida serta menjaga tekanan darah menjadi lebih baik lagi.