Manfaat Lendir Siput Untuk Kecantikan

Siput yang termasuk hewan mollusca seringkali dianggap sebagai hama bagi sebagian petani.

Di sisi lain siput biasanya dijadikan sebagai menu makanan utama misalnya saja disajikan dalam bentuk sate siput atau kripik siput.

Sedangkan di negara lain misalnya Korea, biasanya siput dimanfatkan sebagai bahan baku utama kosmetik seperti krim malam atau masker.

Tentunya negara-negara tersebut tidak akan sembarangan menggunakan siput sebagai bahan utama kosmetik jika mereka tidak terlebih dahulu meneliti kandungan dan manfaatnya.

Manfaat Lendir Siput Untuk Kecantikan

Berikut ini adalah Manfaat Lendir Siput Untuk Kecantikan, diantaranya :

  • Menyamarkan bekas luka

Tentunya penampilan anda akan menjadi terganggu jika terdapat luka pada bagian wajah anda.

Ada kalanya mungkin anda telah mencoba menggunakan berbagai jenis produk kosmetik untuk menyamarkannya namun tetap saja tidak membuahkan hasil.

Lendir siput mengandung Copper peptides yang berfungsi meregenerasi kulit dan merangsang pertumbuhan kolagen, dan hal inilah yang memiliki peranan penting dalam menyamarkan bekas luka, menghilangkan bekas jerawat dan membersihkan flek.

Bagaimana jika ada produk kosmetik yang menggunakan bahan siput, apakah cukup efektif untuk menghilangkan bekas luka ?

Anda bisa mencoba untuk menggunakan produk kosmetik tersebut, dengan catatan pastikan bahwa produk tersebut bukan produk palsu dan aman digunakan.

 

  • Mengatasi bibir pecah-pecah bibir pecah-pecah

Bagi sebagian orang mungkin saja lendir siput dianggap sebagai sesuatu yang menjijikkan atau jorok padahal lendir siput bisa dimanfaatkan untuk mengatasi bibir pecah-pecah.

Kandungan alami pada lendir siput bisa melembabkan juga mencegah bibir mengalami inflamasi.

 

  • Melembabkan kulit

Lendir siput bukan hanya bisa dimanfaatkan untuk mengatasi bibir pecah-pecah tapi juga bisa anda gunakan sebagai pelembab.

Kandungan Hyaluronic acid yang ada pada lendir siput bermanfaat untuk menjaga kadar air dalam kulit, melembabkan kulit, dan membuat kulit menjadi lebih halus dan terlihat lebih muda.

Dengan penggunaan lendir siput yang dilakukan secara berkala bisa menjadikan kulit menjadi halus dan lembab secara berkala.

 

  • Mengatasi mata lelah

Bila anda diharuskan untuk terus duduk lama di depan komputer selama seharian untuk menyelesaikan kewajiban pekerjaan anda maka bukanlah hal yang aneh jika mata anda mudah menjadi lelah dan bahkan terlihat adanya lingkaran hitam yang terletak di bawah mata.

Tentunya dengan demikian penampilan dan kepercayaan diri anda akan menjadi terganggu terutama jika tampil di depan orang banyak.

Anda bisa menghilangkan keluhan tersebut dengan menggunakan produk kosmetik yang menggunakan bahan yang terbuat dari lendir siput karena lendir siput mengandung kolagen yang bisa membantu mengatasi mata panda.

 

  • Mengatasi jerawat

    jerawat

    jerawat

Jerawat merupakan salah satu masalah yang biasanya menyerang bagian wajah seseorang.

Hampir semua orang pasti pernah memiliki jerawat, terutama pada masa remaja dimana pada saat tersebut hormon pertumbuhan sedang bekerja dengan sangat aktif.

Namun seiring dengan terus berjalannya waktu jerawat yang menempel pada wajah biasanya akan hilang dengan sendirinya.

Namun sayangnya bagi sebagian orang yang sudah melewati masa remaja terkadang masih memiliki keluhan adanya jerawat pada wajahnya.

Jika anda juga memiliki keluhan yang sama maka anda bisa mengatasinya dengan menggunakan produk kosmetik yang menggunakan bahan lendir siput.

Lendir siput mengandung antimikroba dan Hyaluronic acid yang diyakini bisa mengatasi peradangan yang disebabkan oleh jerawat, bahkan bisa mencegah jerawat untuk muncul lagi di masa mendatang.

 

  • Menyamarkan keriput

    keriput di wajah

    keriput di wajah

Sebenarnya kulit tubuh yang mengalami kekeriputan termasuk pada kulit wajah adalah hal yang wajar.

Dengan usia yang semakin bertambah maka kulit akan semakin kehilangan elastin dan kolagen dimana hal ini merupakan pemicu utama dari penyebab kulit keriput.

Namun sayangnya terkadang kulit keriput bisa muncul terlebih dahulu sebelum waktunya dan hal inilah yang biasanya dikhawatirkan oleh kaum wanita.

Jika anda telah menggunakan berbagai produk perawatan wajah namun tetap tidak membuahkan hasil yang positif maka ada baiknya mempertimbangkan penggunaan lendir siput yang diyakini bisa merangsang pembentukan elastin dan kolagen.

Faktanya penggunaan lendir siput sebagai bahan kosmetik bukanlah hal yang aneh di negara Korea dan Thailand.

Hanya saja bedanya, lendir siput biasanya digunakan sebagai bahan dasar kosmetik maka di Thailand siput hidup digunakan sebagai spa untuk membersihkan wajah pelanggan.

Siput menggunakan lendirnya untuk menghindari infeksi, mencegah kerusakan akibat paparan sinar ultraviolet dan anda bisa memanfaatkan lendirnya untuk memperbaiki kondisi dan tekstur kulit.

 

  • Meratakan warna kulit terapi wajah dengan lendir siput

Elastin dan kolagen bukan hanya memiliki andil terhadap elastisitas kulit tapi juga terhadap warna kulit.

Ada kalanya sebagian warna kulit pada tubuh terlihat lebih gelap jika dibandingkan dengan warna kulit pada bagian tubuh yang lain akibat terjadinya hiperpigmentasi.

Bagian tubuh yang cenderung memiliki warna yang lebih gelap jika dibandingkan dengan bagian tubuh yang lain yaitu leher, daerah selangkangan, sikut, ketiak dan lutut.

Penggunaan lendir siput sebagai bahan kosmetik bisa digunakan untuk menjadikan kulit terlihat lebih cerah karena lendir siput mengandung Alpha Hydroxy Acid (AHA) atau asam glikolat yang memiliki fungsi eksfoilasi yaitu untuk membersihkan sel-sel kulit mati.

Untuk memastikan keabsahan dari manfaat lendir siput tersebut anda bisa merujuk pada hasil penelitian yang dilakukan pada tahun 2013 yang dipublikasikan oleh Journal of Drugs and Dermatology.

Penelitian dilakukan dengan menggunakan 25 orang kontributor dimana semuanya memiliki masalah pada kulit wajahnya yaitu sering terkena paparan sinar ultraviolet.

Lendir siput dioleskan pada 1 sisi wajah kontributor, sedangkan 1 sisi wajah yang lainnya menggunakan produk kosmetik biasa.

Setelah melewati waktu 3 bulan, terlihat bahwa masalah kulit yang disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet menjadi berkurang.

Hasilnya kulit kontributor terlihat menjadi lebih kencang dan tekstur kulit menjadi lebih halus dari sebelumnya.

Demikianlah tadi berbagai manfaat lendir siput untuk kecantikan dan dengan mengetahui manfaat tersebut maka anda tidak usah merasa ragu untuk menggunakan produk kosmetik yang menggunakan bahan lendir siput.

Untuk menghemat biaya anda bisa membuatnya sendiri di rumah, meski demikian usahakan untuk membersihkan siput terlebih dahulu untuk mensterilkannya dari kuman supaya anda bisa mendapatkan manfaatnya dengan lebih maksimal.

Karena 91% bagian dari tubuh siput terdiri dari air maka untuk memperoleh lendir siput yang berkualitas tinggi maka biasanya produsen kosmetik melakukan filtrasi hingga beberapa kali.