Manfaat Markisa Untuk Menunjang Kesehatan Kita

tanaman markisa

tanaman markisa

Markisa memiliki nama ilmiah Passiflora quadrangularis. Pohonnya menjalar seperti pohon anggur. Ada sekitar 500 varietas markisa. Umumnya markisa berwarna ungu gelap dan ada juga yang berwarna kuning.

Buah markisa sering diperas untuk diambil jusnya. Terkadang jus markisa ditambahkan kedalam jus buah lainnya untuk menambah rasa. Markisa banyak tumbuh di termpat yang beriklim hangat, seperti Timur Tengah, Amerika Tengah, Mediterania dan juga di Asia.

Markisa mengandung banyak nutrisi yang penting bagi tubuh kita. Markisa mengandung vitamin A, B2, B3 dan vitamin C. Markisa juga mengandung banyak mineral, seperti magnesium, kalium, fosfor, tembaga serta zat besi. Markisa juga mengandung flavonoid, kaya akan serat dan juga protein.

Karena kandungan vitamin dan mineralnya yang banyak sekali, maka mengkonsumsi markisa akan sangat baik sekali untuk menunjang kesehatan kita, seperti:

  • Menjaga system kekebalan tubuh

Sejak jaman dahulu, markisa dibudidayakan dan dinikmati untuk menjaga system kekebalan tubuh. Hal ini disebabkan oleh kandungan vitamin C, karoten dan cryptoxanthin yang terkandung dalam markisa. Semua kandungan tersebut akan bertindak sebagai antioksidan yang berfungsi untuk menghambat dampak buruk dari radikal bebas dalam tubuh kita. Kadar radikal bebas yang berlebihan dalam tubuh mampu menyebabkan munculnya penuaan dini, kanker serta penyakit jantung. Selain itu, vitamin C juga akan meningkatkan produksi sel darah putih yang penting sekali artinya sebagai system pertahanan tubuh dari penyakit.

  • Mencegah kanker
manfaat buah markisa untuk kesehatan

manfaat buah markisa untuk kesehatan

Selain mampu meningkatkan system kekebalan tubuh, markisa juga dapat digunakan untuk mencegah kanker. Markisa memiliki sifat anti-karsinogenik, karena mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Antioksidan mampu mengurangi kadar radikal bebas yang mampu menyebabkan DNA dalam tubuh kita bermutasi dan menjadi kanker. Markisa juga mengandung vitamin A, flavonoid serta senyawa fenolik yang juga ikut berperan dalam memerangi sel kanker, khususnya kanker paru-paru dan juga kanker mulut.

  • Kaya akan vitamin A

Vitamin A yang terkandung dalam markisa mampu mencegah kanker dan juga ikut berperan dalam menjaga kesehatan mata. Jadi, mengkonsumsi markisa akan mencegah terjadinya degenerasi macula, katarak maupun kebutaan atau rabun senja. Selain baik untuk menjaga kesehatan mata, vitamin A juga ikut menjaga kesehatan dan penampilan kulit anda. Vitamin A akan ikut berperan dalam mengurangi keriput serta menjaga kesehatan membrane sel dalam kulit dan tubuh.

  • Menjaga kesehatan system pencernaan

Markisa juga mengandung banyak serat yang baik untuk menjaga kesehatan system pencernaan. Serat merupakan komponen yang penting dalam menjaga kesehatan organ pencernaan, sehingga pencernaan dapat bekerja dengan baik dan lancar. Serat yang terkandung dalam markisa adalah serat yang dapat larut dalam air, sehingga bisa digunakan sebagai obat pencahar alami, menetralisir racun dalam system pencernaan, ikut membersihkan pembuluh darah, mengurangi kadar kolesterol jahat serta mencegah kanker kolon.

  • Memperbaiki tekanan darah

Mengkonsumsi satu buah markisa secara rutin, mampu memeprbaiki tekanan darah dalam tubuh kita. Markisa mengandung kalium yang juga berfungsi sebagai vasodilator. Jadi, mengkonsumsi markisa akan mengurangi ketegangan pada pembuluh darah, sehingga aliran darah cenderung lebih lancar. Hal seperti ini juga mampu mengurangi tekanan pada jantung dan membuat jantung menjadi lebih sehat. Kalium juga dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan cairan dalam sel tubuh. Tekanan darah yang baik nantinya akan ikut menjaga jantung kita tetap sehat.

  • Meningkatkan sirkulasi darah

Selain mengandung kalium, markisa juga mengandung zat besi dan juga tembaga dalam jumlah yang banyak. Zat besi dan tembaga merupakan komponen penting dalam produksi sel darah merah. Semakin banyak jumlah sel darah merah, maka sirkulasi darah juga akan bertambah lancar. Sel darah merah akan mengalirkan lebih banyak oksigen dalam tubuh dan ikut merangsang aktivitas metabolism dalam semua organ, sehingga dapat bekerja dengan lebih baik.

  • Menjaga kesehatan tulang

Kandungan zat besi, tembaga, magnesium serta fosfor dalam buah markisa akan ikut menjaga kesehatan dan kepadatan tulang. Berbagai mineral tersebut akan meningkatkan kepadatan dan massa tulang, memperkuat tulang, serta mempercepat perbaikan bila tulang dalam tubuh kita mengalami kerusakan. Jadi, mengkonsumsi markisa juga akan ikut mencegah terjadinya osteoporosis serta rasa sakit akibat dari peradangan pada tulang.

  • Mencegah insomnia
buah markisa kuning

buah markisa kuning

Markisa mengandung senyawa alkaloid yang memiliki fungsi sebagai obat penenang. Hal seperti mampu membuat anda lebih tenang dan ikut mencegah terjadinya kecemasan serta insomnia. Bila anda mengalami insomnia, cobalah untuk mengkonsumsi jus markisa atau satu buah markisa.

  • Memperbaiki pernapasan

Ekstrak kulit markisa, mengandung bioflavonoid yang berfungsi sebagai obat penenang serta sebagai ekspektoran alami. Hal seperti ini akan mampu memperbaiki pernapasan pada orang-orang yang mengidap asma maupun batuk rejan.

Mengkonsumsi buah markisa tidak akan memberikan resiko yang buruk terhadap kesehatan. Namun markisa mengandung banyak gula, sehingga tidak aman untuk dikonsumsi oleh orang-orang yang mengidap diabetes.  Sebaiknya jangan mengkonsumsi markisa secara berlebihan, karena kadar gulanya yang cukup tinggi.