Manfaat Mengkonsumsi Oatmeal Untuk Kesehatan

manfaat oat untuk kesehatan

manfaat oat untuk kesehatan

Oatmeal terbuat dari oat yang merupakan serealia yang tumbuh di daerah beriklim subtropics dan sedang. Oat memiliki nama ilmiah Avena sativa L. Di Indonesia oat dikenal sebagaisejenis bubur yang diperkenalkan oleh penjajah Belanda, yang lebih dikenal dengan nama havermut.

Sebenarnya oat yang ada di zaman sekarang ini adalah hasil domestikasi dari tanaman Avena fatua yang tumbuh liar dan telah dibudidayakan sejak zaman besi. Sebenarnya oat adalah sumber makanan bagi orang-orang Asia Barat dan Eropa di zaman besi.

Oat bisa dibentuk menjadi bubur yang ditambah dengan susu sebagai perasa. Terkadang oat juga digunakan sebagai bahan baku dalam pembuatan oatcakes dan kue kering. oat bisa dijadikan menu utama untuk sarapan maupun makan malam. Oat juga digunakan dalam proses pembuatan minuman.

Tanaman oat tidak bisa hidup di tempat yang panas. Oat justru tumbuh dengan subur di tempat yang dingin dan kaya akan air. Oat sangat popular di Skotlandia. Karena oat harganya lebih murah, lebih mudah untuk tumbuh dan proses tumbuhnya juga cepat, maka banyak yang menanam oat daripada gandum.

Oat kaya akan karbohidrat, protein dan serat pangan. Kandungan gula dalam oat juga sangat rendah. Ada begitu banyak vitamin dan mineral yang terkandung dalam oat. Oat kaya akan vitamin B1, B2, B3, B6, B9, E dan vitamin K. Selain itu oat juga kaya akan kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, natrium, dan seng.  Oat tidak mengandung kolesterol sama sekali.

Mengkonsumsi oat secara rutin akan sangat baik sekali untuk kesehatan. Berbagai manfaat mengkonsumsi oatmeal untuk kesehatan, meliputi:

  • Menjaga kesehatan jantung

Penelitian yang dilakukan di North Western University of medical School di Chicago telah menemukan bahwa oat mampu membantu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh kita. Mengkonsumsi oat secara rutin juga mampu mencegah terjadinya penyakit kardiovaskular. Maka dari itu, American Heart Association sangat menganjurkan mengkonsumsi oatmeal.

  • Mengendalikan diabetes
oatmeal dengan blueberry

oatmeal dengan blueberry

Dalam sebuah penelitian terhadap pasien diabetes di University Of Heidelberg, Jerman telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi oatmeal mampu menurunkan kadar gula dalam darah secara signifikan. Kadar gula darah menurun secara bertahap karena oat mengandung serat dan karbohidrat kompleks, yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna jika dibandingkan dengan karbohidrat sederhana. Hal ini nantinya akan menjaga kadar gula darah tetap stabil.

  • Mengendalikan tekanan darah

Oatmeal telah ditetapkan sebagai salah satu makanan yang juga dapat mengendalikan tekanan darah. Hal ini tentunya sangat baik sekali bagi orang-orang yang mengidap hipertensi. Biasanya orang-orang yang mengidap hipertensi dianjurkan untuk melakukan diet metode DASH yang mampu mengurangi hipertensi. Dalam penelitian, mengkonsumsi oatmeal secara rutin juga mampu mengendalikan tekanan darah dan nantinya akan mencegah terjadinya hipertensi.

  • Mampu mencegah kanker

Dalam sebuah penelitian juga telah ditemukan bahwa mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat mampu mencegah dan memerangi kanker kolorektal. Penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa peradangan juga ikut berperan terhadap perkembangan kanker. selain kaya akan serat, oatmeal juga mengandung senyawa bersifat anti-inflamasi yang nantinya mampu menekan sel kanker.

  • Membuat kenyang lebih lama

Oatmeal kaya akan serat dan rendah kalori, sehingga aman untuk dikonsumsi. Tingginya serat serta karbohidrat kompleks yang terkandung dalam oat akan membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna. Hal ini nantinya akan membuat anda merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama. Sehingga anda tidak akan mengkonsumsi makanan secara berlebihan.

  • Mencegah sembelit

Karena oat kaya akan serat pangan, maka mengkonsumsi oat bisa dijadikan sebagai cara untuk mencegah sembelit secara alami. Tingginya kadar serat dalam oat akan mencegah terjadinya sembelit dengan cara merangsang proses pencernaan serta merangsang gerak persitaltik usus. Sehingga makanan yang ada dalam usus akan bergerak lebih lancar dan system pencernaan anda akan semakin sehat.

  • Menstabilkan berat badan
oat dengan kismis

oat dengan kismis

Bila anda punya masalah dengan berat badan, anda akan dianjurkan untuk mengurangi berat badan anda demi kesehatan anda sendiri. Oatmeal bisa anda konsumsi untuk menurunkan berat badan, sehingga berat badna anda akan lebih stabil.

  • Mengandung antioksidan

Tanpa kita sadari, oat juga mengandung antioksidan alami yang baik sekali untuk kesehatan. Berbagai vitamin serta senyawa lain dalam oat, seperti asam fitat, fenolik, flavonoid serta sterol akan ikut menjaga kesehatan tubuh anda. Antioksidan banyak terkandung dalam lapisan luar dari oat.

  • Mampu menjaga kesehatan kulit

Selain dikonsumsi, oat juga dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit kulit. Anda bisa membuat bubur oat dan langsung diterapkan pada kulit. Hal seperti ini mampu mengurangi gejala dari berbagai penyakit kulit. Beberapa penyakit yang dapat dikendalikan dengan menggunakan bubur oat, meliputi jerawat, dermatitis, cacar air serta ruam kulit.

  • Menjaga kesehatan wanita pasca-menopause

Wanita pasca-menopause cenderung mudah mengidap penyakit yang berbahaya, seperti stroke maupun penyakit jantung. Penyakit stroke dan penyakit jantung telah menjadi penyakit yang popular belakangan ini. Dalam sebuah studi yang dipublikasikan dalam American Heart Journal, telah ditemukan bahwa wanita pasca-menopause rutin mengkonsumsi oat mengalami penurunan resiko terserang penyakit stroke maupun penyakit jantung.

  • Bagus untuk orang yang mengidap penyakit celiac

Penyakit celiac merupakan suatu kondisi di mana lapisan usus kecil mengalami kerusakan, sehingga usus kecil tidak mampu menyerap nutrisi secara optimal. Orang-orang yang mengidap penyakit celiac tidak mampu mengkonsumsi makanan yang kaya gluten. Dalam sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa oatmeal meskipun mengandung gluten namun masih bisa dikonsumsi oleh orang-orang yang mengidap penyakit celiac. Namun sebaiknya orang-orang yang mengidap celiac tidak mengkonsumsi oat secara berlebihan.

  • Meningkatkan system kekebalan tubuh

Berbagai vitamin dalam oat, merupakan nutrisi yang sangat penting dalam membangu system kekebalan tubuh. Vitamin E dalam oat nantinya akan mengurangi senyawa lipid kompleks dalam tubuh kita menjadi bentuk yang lebih sederhana. Vitamin K akan menjadi pengencer darah, menjaga kesehatan tulang serta mampu mencegah Alzheimer dan kanker.