Manfaat Rumput Laut

Manfaat rumput laut

Jika kita mencermati  rumput laut lebih lanjut, ternyata rumput laut memiliki banyak kegunaan dan manfaat bagi manusia. Selama ini yang kita tahu tentang rumput laut adalah sejenis ganggang atau alga yang hidup dilaut dan tumbuh di sela-sela karang mati di perairan pantai.

Dan setelah diteliti lebih jauh ternyata rumput laut memiliki kandungan yang kaya akan nutrisi yang bisa dimanfaatkan untuk kecantikan dan juga untuk kesehatan.

Bahkan hingga sekarang banyak perusahaan yang memanfaatkan rumput laut sebagai bahan utama dalam produk obat-obatan dan juga kecantikan. Karena ternyata rumput laut dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit yang berbahaya.

Komposisi nutrisi yang terkandung dalam rumput laut adalah : Karbohidrat 39 sampai 51%, Lemak 0.08%, Protein 17,2 hingga 27,13%, dan banyak mineral seperti K, Ca, P, Na, Fe, I. Dan kandungan vitamin :  A, B1, B2, B6, B12, C, D dan vitamin E.

Dengan banyaknya kandungan nutrisi yang terdapat pada rumput laut sehingga dapat dimanfaatkan untuk kecantikan dan kesehatan  seperti :

  • Membakar Lemak

Konsumsi roti dengan selai rumput laut dapat menurunkan berat badan lebih cepat dibandingkan dengan menghabiskan waktu untuk berlatih di pusat-pusat kebugaran, karena rumput laut lebih cepat membakar lemak yang terdapat di dalam tubuh.

  • Membunuh Bakteri Jerawat

Penelitian terbaru menemukan bahwa rumput laut dapat mengatasi masalah kulit dan efektif untuk menanggulangi masalah flek pada wajah. Penemuan terbaru ini ditulis dalam jurnal Clinical and Esperimental Dermatology. Dan mampu mengurangi pertumbuhan jerawat hingga 64%.

  • Sebagai Masker Untuk Menghambat Keriput dan Penuaan dini.

Masker yang terbuat dari rumput laut akan membuat kulit wajah menjadi lebih sehat. Rumput laut bisa mempercepat proses produksi sel-sel kulit baru sehingga bisa menghambat munculnya kerutan dan penuaan dini.

  • Sebagai Scrub agar Kulit Lebih Kencang

Rumput laut kaya akan kandungan mineral sehingga dapat membuat kulit lebih kencang dan kenyal. Penggunaan scrub berbahan rumput laut dapat mengangkat lapisan kulit mati.

  • Berendam dengan Rumput Laut untuk detoksifikasi

Dengan cara berendam dalam air rendaman Rumput laut dapat menarik racun-racun keluar dari tubuh. Dan juga dapat menghaluskan dan mengencangkan kulit. Sehingga akan tampak awet muda.

Dengan cara sebagai berikut : Isi bak mandi dengan air hangat, kemudian masukkan rumput laut kering atau rumput laut segar. Tunggulah beberapa saat dan pakai air tadi untuk berendam hingga tubuh terasa relaks.Dan kulit terasa halus dan lebih kencang setelah habis mandi.

  • Untuk mengatasi kelelahan

Jika anda mengalami mudah lelah, sering lesu dan tak bersemangat. Cobalah makan rumput laut atau suplemen yang berbahan rumput laut mungkin dapat membantu mengatasi kelelahan setelah seharian bekerja.

  • Melawan penyakit ganas

Rumput laut mengandung Vitamin A yang selain berguna untuk kesehatan mata tapi juga dapat membantu untuk melawan penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri, serta dapat melawan sel-sel kanker.

  • Membantu mencegah Penyakit Jantung

Dengan adanya kandungan Vitamin B2 pada rumput laut dapat berguna untuk mempercepat proses pembakaran makanan menjadi energy. Dan juga membantu produksi hormon dan menjaga sel darah merah. Sehingga dapat membantu untuk mencegah terjadinya penyakit jantung dan memperkuat sistem imun pada tubuh.

  • Membantu penyembuhan luka

Kandungan Vitamin C pada rumput laut juga dapat berfungsi untuk mempercepat proses penyembuhan luka dan memperkuat pembuluh darah.

  • Membantu kesehatan tulang

Rumput laut mengandung Vitamin D yang dapat membantu pertumbuhan tulang dan gigi. Selain itu juga dapat menurunkan kadar kolesterol. Dengan rendahnya asupan Vitamin D dapat mengakibatkan meningkatnya tekanan darah dan resiko penyakit kardiovaskular lainnyam juga dapat mempercepat pengeroposan pada tulang. Kandungan kalsium pada rumput laut ternyata 5 kali lebih banyak jika dibandingkan dengan susu.

3 comments for “Manfaat Rumput Laut

  1. vivi
    October 24, 2014 at 11:18 am

    Malam pa sy mau tanya, kalau poto diatas jenisny rumput laut apa pa? Krn sy belum pernah liat yang bentukny seperti itu dan tumbuh dimana?makasih

    • Jeffry Laseduw
      October 25, 2014 at 2:33 am

      itu jenis chlorophyceae atau ganggang hijau.. jenis itu banyak dibudidayakan di daerah pesisir pantai… umumnya daerah pesisir pantai yang masih sehat dan belum terkontaminasi limbah sering dijadikan tempat budidaya rumput laut jenis ini

  2. Pingback: Chris

Comments are closed.