Manfaat Sarapan dan Menu Sarapan Yang Baik Untuk Kesehatan

sarapan pagi

sarapan pagi

Sebelum anda beraktivitas di pagi hari, ada baiknya bila anda membiasakan diri untuk makan pagi atau sarapan. Sarapan yang bergizi sangatlah penting artinya dalam menjalani segala aktivitas anda dengan penuh semangat dan gairah.

Cara seperti mengurangi jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh dengan tidak melakukan sarapan pagi, merupakan cara yang tidak benar untuk menjaga tubuh anda selalu dalam keadaan sehat.

Sebab, umumnya ketika kita tidak sarapan di pagi hari maka jumlah kalori dalam tubuh kita akan meningkat drastis ketika kita makan siang maupun malam hari. Kalori berlebih yang tidak terbakar dengan sempurna akan menyebabkan timbunan lemak yang berbahaya bagi kesehatan.

Mengapa sarapan sangat pentin g bagi kesehatan kita? Di Bawah ini adalah beberapa alasan mengapa sarapan sangat bermanfaat bagi kesehatan kita.

  • Obesitas

obesitas pada anakObesitas atau kelebihan berat badan cenderung terjadi pada orang yang ritme konsumsi makanan di pagi hari tidak teratur. Orang-orang yang tidak rutin melakukan sarapan memiliki resiko mengalami obesitas sebanyak 4 kali lebih besar jika dibandingkan  dengan orang yang rutin sarapan pagi. Selain dapat menurunkan resiko terjadinya obesitas, sarapan juga akan dapat menjaga berat badan anda tetap ideal.

  • Mengendalikan kolesterol

Sarapan pagi dapat mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh. Dengan kadar kolesterol yang tetap terkendali, anda akan terhindar dari diabetes karena obesitas, hipertensi maupun penyakit jantung. Selain itu, ternyata sarapan pagi juga dapat meningkatkan daya ingat, mengurangi potensi untuk ngemil di siang hari serta dapat memenuhi nutrisi yang tidak didapat saat kita makan siang maupun makan malam.

  • Meningkatkan kemampuan

Sarapan dipagi hari akan meningkatkan kemampuan pada anak-anak dan para remaja yang sangat aktif bergerak. Sebab, umumnya mereka memerlukan energi dalam jumlah yang lebih banyak di pagi hari jika dibandingkan dengan disiang hari. Selain itu, orang dewasa yang rutin sarapan pagi dengan mengkonsumsi susu serta sereal di pagi hari akan mendapatkan banyak vitamin dan serat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Orang-orang di jaman modern seperti sekarang ini sering tidak melakukan kebiasaan sarapan dipagi hari karena sering kali terburu-buru dalam memulai hari-hari mereka. Padahal, sarapan pagi sangat bermanfaat bagi kita. selain dapat memenuhi gizi, ternyata sarapan juga dapat mencegah terjadinya penyakit diabetes.

Dalam sebuah riset yang dilakukan oleh National Weight Control Registry telah menunjukkan bahwa seseorang yang terbiasa melakukan sarapan pagi cenderung terhindar dari resiko terkena penyakit diabetes tipe 2.

Asupan makanan yang dikonsumsi pada saat sarapan, dipercaya mampu menstabilkan kadar gula darah sepanjang hari. Ketika kita tidak sarapan, maka perut yang kosong akan memproduksi gula darah dalam jumlah berlebihan. Dengan banyaknya gula darah maka akan mengganggu produksi hormon insulin dalam tubuh kita sehingga kita sering merasa lemas.

Selain itu, sarapan juga dapat memicu seseorang memiliki pola makan yang sehat. Seorang asisten profesor di Department of Nutrition and Excercise Physiology dari University of Missouri yang bernama Heater Leidy, mengatakan bahwa orang-orang yang tidak biasa sarapan di pagi hari umumnya juga tidak suka mengkonsumsi sayur serta buah.

Mereka yang tidak biasa sarapan di pagi hari menjadi lebih suka ngemil, mengkonsumsi lebih banyak gula serta minuman bersoda dan memiliki kebiasaan makan malam dalam jumlah yang lebih banyak. Hal seperti ini akan menyebabkan seseorang yang tidak biasa sarapan cenderung terserang penyakit diabetes.

Maka dari itu, mulai dari sekarang biasakanlah untuk melakukan sarapan pagi untuk menjaga tubuh kita selalu dalam keadaan sehat.

menu sarapan sereal dengan buah

menu sarapan sereal dengan buah

Pilihlah sarapan yang banyak mengandung manfaat seperti mengkonsumsi  sereal yang kaya akan serat dan minum susu rendah lemak untuk mendapatkan kalsium serta vitamin D yang baik untuk tubuh kita.

Selain itu menu sarapan seperti setangkup roti gandung yang rendak indeks glikemik di tambah dengan segelas jus buah segar yang kaya akan vitamin dan mineral juga bisa dijadikan pilihan yang baik untuk menu sarapan di pagi hari.

Sebaiknya hindari sarapan dengan mengkonsumsi makanan seperti gorengan atau makanan yang kaya akan kandungan lemak seperti waffle dan donat. Selain itu hindari juga mengkonsumsi makanan yang mengandung santan saat sarapan pagi.

Lebih baik pilihlah menu sarapan yang baik bagi kesehatan dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin, serat dan juga protein. Selain mengkonsumsi susu, anda bisa mendapatkan protein dari mengkonsumsi daging ayam tanpa kulit maupun mengkonsumsi telur.